Comscore Tracker

Kosakata Bahasa Lampung Vs Jawa, Satu Kata Beda Makna

Sama pengucapan tapi artinya berbeda banget

Bandar Lampung, IDN Times - Indonesia memiliki beragam suku daerah dan adat istiadat. Setiap suku memiliki bahasa daerah masing-masing.

Nah berbicara tentang bahasa daerah, kali ini IDN Times merangkum lima kosakata dari bahasa Jawa dan Lampung yang memiliki kesamaan dalam pengucapannya tapi artinya memiliki perbedaan sangat jauh lho.

Mau tau apa saja lima kosakata itu? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Lawang

Kosakata Bahasa Lampung Vs Jawa, Satu Kata Beda Maknafineartamerica.com

Kosa kata ini digunakan oleh masyarakat suku Lampung dan Jawa tapi memiliki makna yang sangat jauh berbeda. Dalam bahasa Lampung lawang berarti gila sementara dalam bahasa Jawa lawang adalah pintu. Nah bedanya jauh banget kan?

2. Manuk

Kosakata Bahasa Lampung Vs Jawa, Satu Kata Beda Maknapopsci.com

Kalau yang satu ini sama-sama digunakan untuk nama hewan, tapi hewannya berbeda. Karena dalam bahasa Lampung manuk artinya ayam sedangkan dalam bahasa Jawa manuk adalah burung. Gimana, bingung belum?

Baca Juga: Mirip Lho! 10 Meme Kocak Cocoklogi Bahasa Daerah Vs Bahasa Korea

3. Mamak

Kosakata Bahasa Lampung Vs Jawa, Satu Kata Beda MaknaPexels.com/Andrea Piacquadio

Kita lanjut lagi yuk mengenal kosakata Mamak. Tentu saja dalam bahasa Jawa ini artinya ibu atau mama. Sedangkan dalam bahasa Lampung Mamak artinya paman atau adik laki-laki dari orang tua. Jangan kaget ya kalau ada laki-laki di Lampung dipanggil mamak.

4. Bibik

Kosakata Bahasa Lampung Vs Jawa, Satu Kata Beda Maknapexels.com/Jeswin Thomas

Siapa tidak mengenal sebutan bibik? Rasanya ini kosakata cukup familiar untuk memanggil adik perempuan dari orang tua. Tapi itu biasa digunakan dalam bahasa Jawa ya atau biasanya digunakan untuk memanggil asisten rumah tangga.

Sedangkan dalam bahasa Lampung bibik digunakan untuk sebutan hewan yaitu bebek.

5. Iwak

Kosakata Bahasa Lampung Vs Jawa, Satu Kata Beda Maknaconsumerreports.org

Masyarakat suku Jawa biasa menggunakan kata iwak untuk menyebut ikan atau daging. Sementara iwak dalam bahasa Lampung berarti angkat. Jauh sekali ya perbedaan maknanya?

Nah itu tadi lima kosa kata dalam bahasa Lampung dan Jawa yang memiliki suku kata sama tapi beda makna. Setelah ini jangan salah mengartikan lagi ya.

Baca Juga: 10 Perbedaan Bahasa Lampung Sehari-hari Dialek A dan O

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya