Comscore Tracker

Jadi Pengin Borong! Lima Toko Kerajinan Khas Lampung, Unik Semua

Koleksi tapis dan motif batik Lampung

Bandar Lampung, IDN Times - Setiap daerah tentu memiliki kerajinan lokal yang mengangkat adat dan budaya setempat agar dikenal masyarakat luas dan tetap lestari.

Di Lampung, kerajinan khas dan paling diunggulkan adalah kain tapis Lampung. Tak hanya dibuat dalam bentuk baju, selendang atau sarung tapi ada juga yang dalam bentuk sendal, tas atau perlengkapan lainnya.

Selain itu kerajinan di Lampung yang sudah mulai langka adalah sulam usus. Nah berikut ini IDN Times rangkum toko online mau pun offline yang menjual beragam kerajinan khas Lampung kualitas menjanjikan, simak ya!

1. Rahayu Gallery Lampung

Jadi Pengin Borong! Lima Toko Kerajinan Khas Lampung, Unik SemuaKerajinan khas sulam usus Lampung (instagram.com/rahayugallerylampung)

Salah satu butik yang sudah cukup terkenal di Lampung dengan produk yang dijual berupa sulam usus dan tapis Lampung. Salah satu kerajinan paling best seller yang hanya ada di galeri Rahayu Galeri yakni tapis mulang tiyuh.

Motif yang dibuat oleh Rahayu Galery dirancang langsung oleh sang pemilik Siti Rahayu. Sehingga hasilnya pun sangat eksklusif dan tak ada yang menyamakan.

Uniknya lagi, pembuatan sulam usus tidak menggunakan mesin melainkan dibuat secara manual menggunakan tangan.

Harga yang dibanderol mulai dari Rp1 juta sampai Rp3,5 juta. Selain bisa membeli kamu juga bisa menyewa setelan lengkap seperti paket akad nikah, pesta atau biasanya digunakan untuk ajang fashion show.

Lokasi galeri ini di Jalan Soekarno-Hatta Nomor 3, Bandar Lampung atau bisa mengunjungi akun instagramnya di @rahayugallerylampung.

2. Airlangga tapis Lampung

Jadi Pengin Borong! Lima Toko Kerajinan Khas Lampung, Unik SemuaAksesoris ruang tamu motif tapis antik (airlangga.tapislamlpg)

Untuk toko yang satu ini menjual beragam perlengkapan dengan motif tapis Lampung. Mulai dari toples, tas, sepatu, hijab, dompet, dan kain tapis tentunya. Harganya mulai dari Rp50 ribu saja.

Toko yang sudah ada sejak 2016 ini juga membuka peluang bagi siapa saja yang ingin mejadi reseller. Kamu bisa langsung mengunjungi media sosial instagramnya di @airlangga.tapislampg.

Baca Juga: Cerita Millenial Lampung Timur, Angkat Brand Lokal Jadi Minuman Hits

3. Zeliaze Tapis Lampung

Jadi Pengin Borong! Lima Toko Kerajinan Khas Lampung, Unik SemuaBunga tapis Lampung (zeliaze_tapis_lampung)

Jika kamu sudah familiar dengan motif tapis Lampung yang ada di pakaian atau perlengkapan lainnya. Di toko yang satu ini kamu bisa menemukan bunga tapis yang cukup unik dan menarik. Cocok buat hadiah ucapan, dipajang di ruang kerja atau ruang tamu. Harganya dibanderol senilai Rp1,3 juta.

Selain bouqet bunga tapis, ada juga perlengkapan lainnya seperti topi, masker, tas goni motif tapis, sendal, kaligrafi dan lain-lain yang bernuansa tapis.

Lokasinya ada di Way Huwi depan Rumah Sakit Airan Raya. Atau bisa mengunjungi instagramnya @zeliaze_tapis_lampung.

4. Deandra batik Lampung

Jadi Pengin Borong! Lima Toko Kerajinan Khas Lampung, Unik SemuaPara pembatik di home industri batik tulis Deandra Batik berlokasi di Jalan Garuda Nomor 3, Kelurahan Pinang Jaya, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung, Selasa (4/8/2020). (IDN Times/Martin L Tobing)

Selain tapis, Lampung juga memiliki batik khas yang memiliki motif beragam dan elok. Salah satunya dijual oleh Deandra batik Lampung yang dibuat secara manual.

Morif batik Lampung yang biasa dibuat seperti motif Siger, Gajah, atau motif kebun kopi. Harganya mulai dari Rp300 ribu sampai Rp1 juta per kain.

Konsumen tak hanya mebeli bahan yang sudah jadi bisa juga memesan design secara custom.

Lokasinya ada di di Jalan Garuda Nomor 3, Kelurahan Pinang Jaya, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung. Atau kamu bisa mengunjungi instagramnya @deandrabatiklampumg.

5. Batik Siger

Jadi Pengin Borong! Lima Toko Kerajinan Khas Lampung, Unik SemuaBatik tulis Lampung yang dibuat oleh anggota Batik Siger, motif topeng sekura (IDN Times/Silviana)

Setali tiga uang dengan deandra batik Lampung, keunggulan Batik Siger juga memproduksi batik tulis. Namun ada juga produk lainnya seperti tenun printing yang harganya lebih terjangkau.

Lokasinya pun masih di Kemiling Bandar Lampung. Tepatnya di Jalan Bayam Nomor 38 Beringin Raya.

"Karena kalau batik tulis kan harganya cenderung mahal. Hand made soalnya. Untuk harga itu paling murah Rp150 ribu sampai Rp2 juta," terang sang pemilik, Sapuan.

Motif batik yang diproduksi juga beragam. Ada yang khas Lampung namun ada juga yang dikombinasi dengan Nusantara.

Paling best seller adalah warna alam seperti soga, mahoni, serabut kelapa atau warna-warna gelap. Sementara itu untuk motif yang paling dicari para konsumen adalah motif siger, gajah dan jung atau kapal.

Baca Juga: Jelang 57 Tahun Provinsi Lampung, Yuk Mengenal Kain Tradisional Tapis

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya