Comscore Tracker

200 Ribu Benih Ikan Ditabur di ITERA, Ini Pesan Ketua Komisi IV DPR RI

Berupaya menjadi kampus memanfaatkan teknologi

Bandar Lampung, IDN Times - Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Sudin, melakukan tebar benih ikan di Embung Kebun Raya ITERA. Sebanyak 200.000 benih ikan ditebar di empat embung kampus ITERA.

200.000 benih ikan tersebut merupakan bantuan dari Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung dan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Sungai Gelam, Jambi.

Benih ikan yang ditebar terdiri dari jenis ikan Jelawat sebanyak 50.000 ekor, dan jenis Nilem sebanyak 150.000 ekor.

Baca Juga: Kisah Tim Dosen ITERA Ajarkan Warga Olah Limbah Jadi Pupuk Organik

1. Sudin berpesan kepada mahasiswa

200 Ribu Benih Ikan Ditabur di ITERA, Ini Pesan Ketua Komisi IV DPR RIItera.ac.id

Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin menyampaikan, kedatangannya ke ITERA kali ini merupakan yang kedua, setelah beberapa bulan lalu melakukan kunjungan bersama Kementerian Pertanian untuk memberikan bantuan bibit tanaman buah.

Sudin menyebut, setiap kunjungannya ke ITERA diharapkan dapat memberikan manfaat, dan dapat mendukung percepatan pembangunan Kampus ITERA.

“Kali ini kami datang dengan membawa 200.000 benih ikan, semoga ke depan akan terus bertambah,” kata Sudin, Sabtu (29/5/2021).

Selain melakukan simbolis tebar benih ikan di Embung Kebun Raya ITERA, Sudin menyempatkan berdialog langsung dengan Keluarga Mahasiswa (KM) ITERA.

"Sebagai sebuah bangsa yang besar kemandirian pangan adalah hal utama yang perlu diupayakan di Indonesia," pesan Sudin kepada mahasiswa.

2. ITERA kembangkan konservasi penghijauan

200 Ribu Benih Ikan Ditabur di ITERA, Ini Pesan Ketua Komisi IV DPR RIIDN Times/Handoko

Menurut Wakil Rektor Bidang Non Akademik ITERA, Prof Sukrasno, kampus mengusung motto smart, friendly, dan forest campus, itu berupaya menjadi kampus terus memanfaatkan teknologi sebagai pendukung berbagai kegiatan.

Bahkan menjadi kampus yang ramah bagi masyarakat dan terbuka, serta berwawasan hutan.

“Bapak Rektor ITERA sangat konsentrasi pada penghijauan kampus. Meskipun pembangunan terus kami lakukan, namun ITERA juga fokus melakukan konservasi dan penghijauan melalui Kebun Raya ITERA, dan tujuh embung yang saat ini kami miliki,” katanya.

3. Apresiasi bantuan yang telah diberikan

200 Ribu Benih Ikan Ditabur di ITERA, Ini Pesan Ketua Komisi IV DPR RIPihak Birokrat ITERA saat proses penanaman 1000 pohon Gaharu di Kebun Raya ITERA (IDN Times/Istimewa)

Pihaknya juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Ketua Komisi IV DPRI RI, selalu peduli dengan pembangunan ITERA. Serta bantuan 200.000 benih ikan dari BBPBL Lampung  dan BPBAT Jambi melalui Komisi IV DPR RI.

“Semoga bantuan ikan yang diberikan dapat kami berdayakan, dan menjadi pelengkap konservasi air dari tujuh embung yang ada di ITERA,” harapnya.

Baca Juga: Fakta Unik Hasil Pengamatan Gerhana Bulan Total di ITERA Lampung

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya