Comscore Tracker

Pemkot Bandar Lampung Gagas Bangun GOR Mini di Way Halim

Pembangunan direncanakan tahun ini

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung akan membangun Gelanggang Olahraga Raga (GOR) Mini di Kecamatan Way Halim. Ide mulanya, Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana merencanakan membangun stadion mini sebagai pusat olah raga dan wisata lokal di semua kecamatan Bandar Lampung. 

Namun, GOR menjadi pilihan untuk pembangunan pusat olah raga di Kecamatan Way Halim, tepatnya di simpang Jalan Griya Utama dan Jalan Ki Maja. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Bandar Lampung, Ariyawan ketika dihubungi Senin, (8/8/2022).

“Kali ini dipilih GOR ketimbang stadion dikarenakan Pemkot Bandar Lampung kan memang belum punya GOR sendiri untuk membina atlet-atletnya,” kata Ariyawan.

1. Pembangunan di tiap kecamatan akan berbeda-beda

Pemkot Bandar Lampung Gagas Bangun GOR Mini di Way HalimStadion Mini Waydadi. (IDN Times/Istimewa)

Ariyawan mengatakan di Way Halim ini hanya akan ada GOR saja, tidak akan ada stadionnya. Sehingga rencananya memang di tiap kecamatan akan dibangun pusat olah raga yang berbeda-beda.

“Jadi gak menutup kemungkinan di kecamatan lain nanti kita bangun lagi stadion. Jadi memang kita buat beranekaragam supaya pemda punya stadion dan GOR, tapi bertahap,” jelasnya.

Hingga saat ini, Pemkot Bandar Lampung telah memiliki dua pusat olah raga. Keduanya stadion mini yaitu di Kemiling (Stadion Mini Kalpataru) dan Sukarame (Stadion Mini Way Dadi).

Baca Juga: Terpapar COVID-19, Sekolah Bandar Lampung Diminta Setop Sementara PTM

2. Menjadi wadah cabang olah raga indoor

Pemkot Bandar Lampung Gagas Bangun GOR Mini di Way HalimAtlet bulu tangkis asal Jawa Timur berhasil mempersembahkan satu medali emas di cabang olahraga bulu tangkis ganda campuran PON XX Papua 2021. (IDN Times/Tata Firza).

Ariyawan mengatakan, nantinya GOR mini ini akan menjadi wadah berlatih beberapa cabang olah raga indoor seperti basket, bulu tangkis, voli, tenis meja, futsal, dan lainnya.

“Kalau stadion mini itu kan untuk lari pagi, sepak bola atau futsal bisa. Tapi untuk cabang olah raga lainnya kayak tenis meja, voli, bulu tangkis itu kan belum ada ya kita tempatnya,” imbuhnya.

Seperti stadion mini di Kemiling dan Sukarame, nantinya GOR ini juga terbuka untuk umum dan dapat dijadikan tempat wisata lokal masyarakat.

“Mungkin nanti ke depan kita juga bisa buat khusus untuk atlet bulu tangkis saja,” imbuhnya.

3. Pembangunan direncanakan tahun ini

Pemkot Bandar Lampung Gagas Bangun GOR Mini di Way HalimWali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Eva Dwiana mengatakan, pembangunan sebaiknya memang dilakukan secepatnya agar atlet lebih cepat mendapatkan fasilitas yang baik. “Kalau bisa dipercepat nanti, kita percepat supaya GOR-nya segera dibangun tahun ini," ucapnya.

Ia menambahkan lahan juga telah di dapatkan dan memang milik pemda. Sehingga tinggal membangun bangunan saja. Melalui lama https://www.lpse.bandarlampungkota.go.id, pembangunan gedung sarana olahraga Kecamatan Wayhalim sudah mulai tender dengan nilai pagu Rp700 juta.

4. Meski lebih kecil, GOR mini akan dibuat selengkap ukuran normal

Pemkot Bandar Lampung Gagas Bangun GOR Mini di Way HalimGor Sumpah Pemuda di PKOR Wayhalim. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Eva berharap, dibangunnya GOR ini dapat menumbuhkan semangat para atlet Kota Bandar Lampung untuk terus mencetak kemenangan dan berprestasi

“Semoga atlet-atlet kita bisa dapat tempat berlatih yang baik dan bisa mengharumkan nama Kota Bandar Lampung,” katanya.

Eva menambahkan, GOR tersebut akan dibangun selengkap GOR ukuran normal, seperti gelanggang olah raga, tribun penonton, sekretariat UPT, fasilitas umum toilet dan ruang serbaguna.

Baca Juga: Truk Sampah DLH Balam Rusak, PR Lama Tak Kunjung Terealisasi

Topic:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya