Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, 8 Kali Hari Ini!

Gunung Anak Krakatau masih berstatus siaga (level 3)

Lampung Selatan, IDN Times - Gunung Anak Krakatau kembali mengalami erupsi, Senin (27/11/2023). Hingga siang hari ini (pukul 13.21 WIB) erupsi telah terjadi hingga 8 kali.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Pos Pantau Gunung Anak Krakatau di Hargopancuran, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, Andi Suardi ketika dihubungi IDN Times, Senin (27/11/2023).

“Sampai sekarang sudah 8 kali (erupsi). Terakhir itu di pukul 11.43. Dengan tinggi kolom abu yang teramati itu kurang lebih sekitar 2.000 meter di atas puncak (sekitar 2.157 meter di atas permukaan laut),” katanya.

Baca Juga: 5 Kedai Bakso Kuahnya Unik dan Mainstream di Lampung, Enak Banget!

1. Erupsi terjadi selama dua hari berturut-turut

Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, 8 Kali Hari Ini!Erupsi Gunung Anak Krakatau. (IDN Times/Istimewa)

Andi melanjutkan, semburan abu vulkanik hitam tebal tersebut mengarah ke barat laut Gunung Anak Krakatau. Letusan ini pun sudah terjadi dalam dua hari belakangan secara berturut-turut. Erupsi terkhir terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 77 mm dan durasi kurang lebih 1 menit 56 detik.

“Erupsi kemarin (26/11/2023) itu terjadi empat kali. Pertama pukul 12.28 WIB dengan tinggi kolom abu 400 meter di atas puncak. Kemudian pada pukul 19.48 WIB tinggi kolom abu juga 400 meter,” sebutnya.

Kolom abu pada erupsi selanjutnya semakin tinggi yakni mencapai 800 meter di atas puncak pada pukul 20.54 WIB dan 1.000 meter di atas puncak pada erupsi terakhir yakni pukul 21.08 WIB.

2. Selama 2023 GAK telah alami 66 kali erupsi

Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, 8 Kali Hari Ini!ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Menurut data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), mulai Januari hingga November 2023, Gunung Anak Krakatau telah mengalami erupsi sebanyak 66 kali.

Erupsi hari ini merupakan erupsi terbesar selama dua hari terakhir. Meski begitu, erupsi hari ini tidak lantas menaikkan status siaga (level 3) Gunung Anak Krakatau menjadi status awas (level 4).

Andi mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir apalagi panik. Ia juga mengimbau agar tidak mudah percaya pada isu-isu hoaks tentang Gunung Anak Krakatau.

3. Status GAK masih terpantau siaga, masyarakat tak perlu panik

Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, 8 Kali Hari Ini!Anak Gunung Krakatau (ANTARA FOTO/Atet Dwi Pramadia)

Saat ini, pemukiman penduduk terdekat dari Gunung Anak Krakatau adalah pemukiman masyarakat Pulau Sebesi dengan jarak 16,5 kilometer dari gunung berapi tersebut.

“Pokoknya imbauan saya ya jangan termakan isu-isu yang tidak diketahui sumbernya lah. Bagi masyarakat sekitar Gunung Anak Krakatau juga bisa langsung menghubungi pusat layanan BMKG setempat,” katanya.

Sedangkan untuk para nelayan diimbau untuk tidak mendekati area Gunung Anak Krakatau dalam radius 5 kilometer. Imbauan ini juga sudah disampaikan kepada para nelayan baik lewat kelompok nelayan atau BMKG setempat.

Baca Juga: Barang Bukti Korupsi Bendungan Marga Tiga Lamtim Rp9,35 Miliar Disita!

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya