Dibangun Maret 2024, Intip Konsep Perpustakaan Kota Bandar Lampung!

Ada rooftopnya juga lho!

Intinya Sih...

  • Perpustakaan modern Kota Bandar Lampung akan segera dibangun Maret 2024 menggunakan anggaran pemerintah pusat.
  • Gedung perpustakaan ini akan memiliki 5 lantai dan fungsi sebagai kantor pelayanan literasi bagi masyarakat Bandar Lampung dengan konsep perpustakaan modern.
  • Perpustakaan tersebut juga akan dilengkapi dengan fasilitas seperti ruang baca khusus anak-anak, siswa sekolah, toilet, musala, serta rooftop.

Bandar Lampung, IDN Times - Menggunakan anggaran pemerintah pusat, Perpustakaan modern Kota Bandar Lampung akan segera dibangun Maret 2024.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandar Lampung Hidayat Ismet ketika diwawancarai IDN Times di kantor pemkot setempat, Selasa (13/2/2024).

“Saat ini sedang proses lelang, kalau lelang itu mungkin memakan waktu sekitar satu bulan. Setelah lelang kita langsung akan bangun. Mungkin sekitar Maret atau awal April ya kita mulai bangun,” katanya.

Baca Juga: NU-Muhammadiyah Lampung Sepakati Pemilu 2024 Wajib Kondusif

1. Konsep utama perpustakaan

Dibangun Maret 2024, Intip Konsep Perpustakaan Kota Bandar Lampung!Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bandar Lampung, Hidayat Ismet. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Hidayat menjelaskan,.seperti rencana awal, gedung perpustakaan ini nantinya akan dibangun setinggi 5 lantai dengan fungsi sebagai kantor pelayanan literasi bagi masyarakat Bandar Lampung.

“Mengikuti arahan perpustakaan nasional, nanti gak hanya ada buku-buku fisik saja tapi juga ada bacaan digital yang bisa diakses masyarakat. Pokoknya konsepnya perpustakaan modern,” imbuhnya.

Selain itu, ia menambahkan akan ada beberapa fasilitas lain seperti ruang baca khusus anak-anak, siswa sekolah, toilet, musala, sampai rooftop.

2. Koleksi buku juga akan ditambahkan untuk perpustakaan baru

Dibangun Maret 2024, Intip Konsep Perpustakaan Kota Bandar Lampung!Perpustakaan Kota Bandar Lampung. (Google Review/Anna)

Hidayat pun mempertimbangkan jika memang dibutuhkan, pemkot akan menyarankan untuk ditambah fasilitas lain seperti kafe. Tujuannya agar masyarakat merasa nyaman dan meningkatkan minat baca atau literasi masyarakat.

“Nanti kita lihat apakah bisa ditambahkan fasilitas lain seperti kafe. Pokoknya kita buat perpustakaan modern ini supaya orang nyaman lah. Jadi orang mau datang ke perpustakaan dan literasi di masyarakat kita meningkat,” jelasnya.

Hidayat mengatakan, pihaknya juga berencana untuk meminta bantuan ke pemerintah pusat terkait penambahan koleksi buku. Sembari berjalan, penambahan koleksi ini pun akan dilakukan secara intens agar koleksi buku lebih bervariasi.

3. Anggaran Rp10 miliar

Dibangun Maret 2024, Intip Konsep Perpustakaan Kota Bandar Lampung!Perpustakaan Kota Bandar Lampung. (Google Review/perpustakaan kota)

Diketahui melalui program peningkatan literasi di daerah dari pemerintah pusat, Bandar Lampung mendapat bantuan sebesar Rp10 miliar untuk membangun perpustakaan daerah.

“Anggaran pembangunannya sekitar Rp10 miliar. Anggaran ini berasal dari dana bantuan pemerintah pusat. Jadi kita hanya menyediakan lahannya saja yang bertempat di Jalan Pramuka,” imbuhnya.

Sementara menunggu perpustakaan modern kota dibangun, masyarakat masih bisa mengunjungi perpustakaan lama di Jalan Prof M Yamin setiap Senin sampai Jumat pukul 09.00 sampai 15.30 WIB.

Baca Juga: Logistik Pemilu 2024 Tiba di Pulau Sebesi, Dekat Gunung Anak Krakatau

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya