Dapat Bantuan Sejak Agustus 2023, TPS3R Balam Belum Juga Berjalan

Bantuan senilai hampir Rp2 miliar

Intinya Sih...

  • Empat TPS3R di Bandar Lampung belum beroperasi meski mendapat bantuan Rp2 miliar dari Kementerian PUPR
  • Bantuan berupa alat dan mesin pengolah sampah diberikan kepada empat kecamatan dengan total nilai hampir Rp2 miliar
  • Bantuan hanya datang dalam bentuk barang tanpa pelatihan untuk mengoperasikan alat atau mesinnya, DLH berencana mengajukan anggaran sosialisasi atau pengoperasian TPS3R kepada pemerintah pusat

Bandar Lampung, IDN Times - Empat Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R) di Bandar Lampung mendapat bantuan dari Kementerian PUPR sejak Agustus 2023 lalu, namun hingga kini belum juga beroperasi.

Hal ini disampaikan oleh Kabid Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bandar Lampung Marhendra Jalyas kepada IDN Times, Minggu (28/1/2024).

Mahendra mengatakan, empat TPS3R ini mendapatkan bantuan berupa alat dan mesin pengolah sampah, namun karena belum ada SDM yang bisa mengoperasikan peralatannya maka TPS3R tersebut belum berjalan.

Baca Juga: Tersebar 14 Kelurahan, 46 TPS di Bandar Lampung Teridentifikasi Rawan

1. Nilai bantuan TPS3R di Bandar Lampung Rp2 miliar

Dapat Bantuan Sejak Agustus 2023, TPS3R Balam Belum Juga BerjalanGoogle

Mahendra mengatakan, ada empat titik atau kecamatan mendapat bantuan alat atau mesin operasional TPS3R yakni Bumiwaras, Teluk Betung Timur, Teluk Betung Barat, dan Sukabumi.

Keempat kecamatan ini mendapatkan bantuan berupa barang dengan total nilai hampir Rp2 miliar. Selain peralatan, ternyata Kementerian PUPR juga membangun sebuah bangunan kecil untuk menjadi lokasi pengolahan sampahnya juga.

“Ada empat kecamatan. Tiap kecamatan itu hampir Rp500 juta lah. Tapi bantuannya bukan berupa uang ya, tapi barang seperti kendaraan tossa, peralatan mesin-mesin dan ada bangunannya juga yang buat TPS3R nya,” katanya.

2. Belum ada sosialisasi pengoperasian mesin pengolahan sampah di TPS3R

Dapat Bantuan Sejak Agustus 2023, TPS3R Balam Belum Juga BerjalanPj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi resmikan TPS 3R di Ciracas. (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Secara rinci, Mahendra menyebutkan bantuan dari pemerintah pusat tersebut di antaranya adalah 1 unit motor roda tiga, mesin pencacah, mesin pengayak, air rator, timbangan, mesin jahit karung, gark, toli, dan skop.

“Bantuan ini kita dapatnya Agustus (2023). Jadi lumayan sudah lama sebenarnya ya. Makanya kalau belum berjalan sebenarnya sayang juga alatnya kalau ditinggal lama takutnya malah rusak,” ujarnya.

Sehingga, ia cukup menyayangkan di mana bantuan saat itu hanya datang dengan barang saja. Tidak termasuk dengan pelatihan untuk mengoperasikan alat atau mesinnya.

3. DLH Bandar Lampung sedang mengajukan anggaran untuk pelatihan operasional TPS3R

Dapat Bantuan Sejak Agustus 2023, TPS3R Balam Belum Juga BerjalanTPS3R Resik Tenan, Petung, Bangunjiwo, Kasihan, Sabtu (25/11/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Oleh karenanya, di 2024 ini ia mengatakan DLH sedang berencana untuk mengajukan anggaran sosialisasi atau pengoperasian TPS3R kepada pemerintah pusat mulai dari pengelolaan secara umum sampai alatnya.

“Makanya ini sedang kita rancang. Teknisnya mulai dari perawatan, pengoperasian alat itu, semuanya. Mudah-mudahan tahun ini bisa terealisasi,” imbuhnya.

Ia juga berharap, masyarakat juga bisa ikut membantu dengan cara mau berpartisipasi nantinya ketika program TPS3R ini sudah mulai disosialisasikan dan berjalan.

Baca Juga: Pegiat Literasi Lampung Curhat Akses Baca Minim, Colek 3 Capres di X

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya