Comscore Tracker

Puan Maharani Kunjungi Pesisir Barat, Krui Tanah Leluhur Taufiq Kiemas

Ziarah ke makam leluhur dan resmikan nama bandara

Krui, IDN Times -  Ketua DPR RI Puan Maharani berkunjung ke Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung 10-11 April 2021. Ada dua kegiatan utama kunjungannya.

Pertama, meresmikan nama bandar udara (Bandara) bernama Muhammad Taufiq Kiemas dan Jalan Fatmawati Soekarno. Kedua, berkunjung ke makam leluhur di Pulau Pisang, Minggu (11/4/2021).

Berikut IDN Times rangkum kunjungan kerja dua hari Puan ke Pesisir Barat.

1. Ziarah ke makam leluhur dan datangi rumah keluarga Taufiq Kiemas

Puan Maharani Kunjungi Pesisir Barat, Krui Tanah Leluhur Taufiq KiemasKetua DPR RI Puan Maharani berkunjung ke Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung 10-11 April 2021. (Istimewa/Pemkab Pesisir Barat).

Pj Bupati Pesisir Barat, Bambang Sumbogo, mengatakan, Puan Maharani berkunjung ke Pulau Pisang dalam rangka ziarah ke makam leluhur keluarga dan mendatangi rumah tua. Rumah tua berlokasi di di Lamban Gedung Karya Kartadilaga Pekon Sukamarga, Kecamatan Pulau Pisang itu dulu pernah ditinggali sang ayahanda yakni almarhum Muhammad Taufiq Kiemas

“Kedatangan ibu Puan beserta keluarga disambut antusias oleh masyarakat Pulau Pisang. Pada akhir kunjungan dilakukan penyerahan simbolik bantuan masker bagi masyarakat dalam upaya mengatasi penyebaran Virus COVID-19,” jelasnya dalam keterangan tertulis.

Bambang menambahkan, setelah berkunjung ke Pulau Pisang, Puan dan rombongan bertolak ke dermaga Kuala Stabas serta bersiap untuk kembali ke Jakarta melalui Bandara Muhammad Taufik Kiemas menuju Bandara Radin Inten II, Natar, Lampung Selatan, lalu melanjutkan perjalanan udara ke Bandara Soekarno-Hatta.

Baca Juga: Minus Pesbar, Pemprov Lantik 7 Wali Kota dan Bupati Terpilih Offline

2. Resmikan nama Bandara Muhammad Taufiq Kiemas dan Jalan Fatmawati Soekarno

Puan Maharani Kunjungi Pesisir Barat, Krui Tanah Leluhur Taufiq KiemasKetua DPR RI Puan Maharani berkunjung ke Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung 10-11 April 2021. (Istimewa/Humas Pemkab Pesisir Barat).

Sehari sebelumnya, Ketua DPR RI meresmikan nama Bandar Udara (Bandara) Muhammad Taufiq Kiemas dan Jalan akses ke Bandara yaitu Jalan Fatmawati Soekarno. Ia berharap Bandara ini akan memberikan multi efek terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Sebagai anak dari almarhum Pak Taufiq Kiemas, saya mewakili keluarga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mengusulkan dan mendukung sehingga nama orangtua kami disematkan menjadi nama bandara ini,” kata di Kecamatan Krui, Kabupaten Pesisir Barat.

Puan menambahkan, ada pepatah ketika manusia dipanggil oleh Allah SWT Yang Maha Kuasa, maka dia akan meninggalkan “nama”-nya di bumi. “Alhamdulillah nama Pak Taufiq Kiemas yang beliau tinggalkan adalah nama yang harum, nama yang dihormati, nama yang membanggakan bagi kami keluarganya maupun bagi bangsa Indonesia,” ujarnya.

Pj Bupati Pesisir Barat, Bambang Sumbogo, mengutarakan, pihaknya mengapreasi kunjungan ketua DPR RI  sungguh suatu kehormatan bagi kami khususnya masyarakat Pesisir Barat menerima tamu kehormatan negara.

3. Krui tanah leluhur keluarga Taufiq Kiemas

Puan Maharani Kunjungi Pesisir Barat, Krui Tanah Leluhur Taufiq KiemasKetua DPR RI Puan Maharani berkunjung ke Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung 10-11 April 2021. (Istimewa/Humas Pemkab Pesisir Barat).

Puan Maharani menuturkan, almarhum ayahanda Taufiq Kiemas adalah mantan Ketua MPR RI dan dikenal sebagai negarawan yang gigih menjaga konstitusi Indonesia dan bisa menyatukan semua elemen bangsa. Taufiq Kiemas juga terus mengedepankan kerukunan bangsa dan selalu mengingatkan pentingnya menjaga dan menerapkan Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bineka Tunggal Ika.

“Saya berharap bandara ini sekarang menyandang nama almarhum Pak Taufiq Kiemas, maka bandara ini turut berperan dalam menjaga semangat kebangsaan dari Almarhum,” ungkap Puan.

Lebih lanjut disampaikan Puan, semangat kebangsaan lain dari Taufiq Kiemas  adalah adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Merujuk hal itu dia berharap dapat terwujud melalui bandara yang baru diresmikan pergantian namanya ini.

“Karena Bandara ini menjadi salah satu pintu gerbang utama untuk orang datang ke Pesisir Barat. Memudahkan wisatawan datang ke sini, dan akan menggerakkan ekonomi lokal serta membangkitkan UMKM,” tuturnya.

"Saya merasa bahwa Krui ini adalah tanah leluhur saya. Kita harus gotong royong membangun Krui siapapun kepala daerahnya, siapapun Pejabatnya", Kata Ketua DPR RI yang kakek dari garis ayahnya berasal dari Pulau Pisang, Krui, Lampung ini.

Baca Juga: MK Tolak Gugatan Aria-Erlina, KPUD Pesisir Barat Segera Rapat Pleno

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya