Jelang Malam Natal 2023, Polri Gencar Patroli Gereja di Lampung

Antisipasi kejadian tidak diinginkan

Bandar Lampung, IDN Times - Personel terlibat dalam Operasi Lilin Krakatau 2023, gencar patroli ke sejumlah gereja ada di wilayah hukum Polda Lampung, Minggu (24/12/23) Patroli ini dalam rangka menggecek kesiapan dan memastikan jalannya ibadah malam Natal 2023 aman dan lancar.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadilah Astutik mengatakan, personel Polri tergabung dalam satgas Preventif Ops Lilin Krakatau 2023 terus gencar melaksanakan patroli menjelang perayaan natal. “Pelaksanaan patroli ini dilakukan terus menerus baik pagi, sore dan malam hari, hal tersebut bertujuan untuk memberikan rasa aman demi kelancaran umat kristiani dalam menjalankan rangkaian ibadah Natal,” jelasnya.

Baca Juga: Pakai KTP Warga, Pegawai Koperasi di Lamtim Nekat Ajukan Kredit Fiktif

1. Antisipasi kejadian tidak diinginkan

Jelang Malam Natal 2023, Polri Gencar Patroli Gereja di LampungPersonel terlibat dalam Operasi Lilin Krakatau 2023, gencar patroli ke sejumlah gereja ada di wilayah hukum Polda Lampung, Minggu (24/12/23) (Dok. Polda Lampung).

Umi mengatakan, pengintensifan kegiatan patroli dilakukan untuk mengantisipasi kejadian tidak diinginkan. "Tujuannya agar gereja tetap dalam kondisi kondusif hingga tahun baru 2024 mendatang, dan secara umum diharapkan Lampung tetap aman kondusif,” Ucapnya

Selain itu patroli ini petugas kepolisian turut memberikan imbauan kepada petugas keamanan gereja dan masyarakat jika menemukan hal yang mencurigakan agar dapat melapor kepada petugas atau dapat menghubungi Call Canter 110 milik Polri.

2. Sterilisasi gereja

Jelang Malam Natal 2023, Polri Gencar Patroli Gereja di LampungPersonel terlibat dalam Operasi Lilin Krakatau 2023, gencar patroli ke sejumlah gereja ada di wilayah hukum Polda Lampung, Minggu (24/12/23) (Dok. Polres Pringsewu).

Hal serupa dilakukan personel Polres Pringsewu melakukan langkah preventif sterilisasi terhadap sejumlah gereja di wilayah setempat. Itu sebagai upaya untuk mencegah potensi gangguan keamanan selama pelaksanaan ibadah Natal 2023.

Proses sterilisasi ini dimulai sejak Minggu (24/12/2023) pagi, menjelang perayaan Natal di beberapa gereja. Misalnya, Gereja Santa Mari Pagelaran, Gereja Bunda Maria Padang Bulan Pajaresuk, Gereja St Antonius Ambarawa dan Gereja Santo Yusup Pringsewu.

Kapolres Pringsewu, AKBP Benny Prasetya, menyatakan langkah ini dilakukan sebagai respons terhadap potensi ancaman keamanan selama perayaan Natal. "Kami berkomitmen untuk melindungi warga yang akan menjalankan ibadah Natal agar dapat merayakan dengan damai dan khusyuk," ujarnya.

3. Personel siaga

Jelang Malam Natal 2023, Polri Gencar Patroli Gereja di LampungPersonel terlibat dalam Operasi Lilin Krakatau 2023, gencar patroli ke sejumlah gereja ada di wilayah hukum Polda Lampung, Minggu (24/12/23) (Dok. Polda Lampung).

Proses sterilisasi melibatkan pemeriksaan intensif terhadap setiap benda, orang, kendaraan, serta pengawasan ketat terhadap lingkungan sekitar gereja. Pihak kepolisian juga memberikan imbauan kepada jemaat agar tetap waspada dan melaporkan segala hal yang dianggap mencurigakan.

Selain sterilisasi, kapolres menegaskan, ratusan personel telah disiagakan untuk mengamankan seluruh gereja melaksanakan rangkaian ibadah dan perayaan Natal di Pringsewu. Ia juga menyoroti pentingnya menjaga sikap toleransi antarumat beragama. "Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga hubungan baik meskipun berbeda keyakinan," tambahnya.

Langkah-langkah keamanan ini merupakan bagian dari upaya Polres Pringsewu untuk menciptakan suasana Natal tenang dan aman bagi seluruh masyarakat. Kapolres berharap, adanya langkah preventif seperti sterilisasi gereja, perayaan Natal di Pringsewu dapat berjalan dengan lancar dan meriah tanpa gangguan keamanan yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Miris! 204.329 Ekor Burung Sumatra Diselundupkan Melalui Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya