Dua Begal Sadis di Lampung Utara Diringkus, Satu Pelaku Meninggal

Dua pelaku tiga kali berstatus narapidana

Lampung Utara, IDN Times – Tim Gabungan Tekab 308 Resmob Ditreskrimum Polda Lampung dan Polres Lampung Utara berhasil menghentikan aksi dua residivis pencurian dengan kekerasan (curas) terkenal sadis saat melakukan aksinya.

Aksi terakhir dua pelaku yang sempat viral beberapa hari lalu adalah kejadian di Dusun Talang Kepayang Desa Pengaringan Abung Barat, Selasa (12/10/2021). Korbannya, ibu beserta anak yang mengalami luka bacok dan luka tusuk.

1. Saat ditangkap, pelaku lakukan perlawanan aktif ke petugas

Dua Begal Sadis di Lampung Utara Diringkus, Satu Pelaku MeninggalTim Gabungan Tekab 308 Resmob Ditreskrimum Polda Lampung dan Polres Lampung Utara berhasil menghentikan aksi dua residivis, Sabtu (16/10/2021). (IDN Times/Istimewa).

Kapolres Lampung Utara AKBP Kurniawan Ismail, mengatatakan, setelah empat hari melakukan penyelidikan, tim gabungan Tekab 308 Resmob Ditreskrimum Polda Lampung dan Polres Lampung Utara berhasil menangkap pelaku K (31) saat berada di Desa Talang Tebak Bukit Kemuning. Sedangkan pelaku FY (35) ditangkap di Desa Muara Aman Bukit Kemuning, Sabtu (16/10/2021) sekitar pukul 04.00 WIB.

"Saat dilakukan penangkapan para pelaku melakukan perlawanan aktif menggunakan sajam sehingga kita lakukan tindakan tegas terukur. Untuk pelaku K (31) di rawat di RS Ryacudu Kotabumi dan untuk pelaku FY (35) meninggal dunia," kata Kapolres saat gelar Konferensi Pers didampingi Kasatreskrim AKP Eko Rendi, dan Kapolsek Abung Barat Iptu Ono Karyono.

Baca Juga: Nikmati Fee Proyek Rp2,3 M, Adik Eks Bupati Lampura Jadi Tersangka KPK

2. Tiga kali berstatus narapidana

Dua Begal Sadis di Lampung Utara Diringkus, Satu Pelaku MeninggalIlustrasi Penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Pelaku FY merupakan residivis kasus curas di beberapa TKP. Satu contohnya, di Bukit Kemuning 2013 lalu. Tersangka sudah jalani hukuman dan bebas penjara.

Tapi FY kembali beraksi 2015 dan menjalani pidana penjara. Tak kapok, ia kembali melakukan curas 2017 dan kembali jalani hukuman.

Sedangkan pelaku K, AKBP Kurniawan  mengatakan, merupakan residivis kasus curas spesialis kendaraan bermotor di beberapa tempat sejak  2010. Ia pernah beraksi di Sumatera Selatan sudah jalani pidana dan bebas.

Tapi pada 2013 lalu tertangkap tangan membawa senjata tajam (sajam) di tempat kejadian perkara Kecamatan Bukit Kemuning, Lampung Utara. Setelah jalani masa hukuman, lagi-lagi melakukan pencurian dengan pemberatan di sebuah rumah 2020 lalu di Desa Talang Paris Kecamatan Abung Tinggi dan  sudah jalani hukuman.

“Jadi mereka berdua ini statusnya residivis. Sama-sama tiga kali jadi narapidana,” tukas kapolres.

3. Amankan 16 unit sepeda motor

Dua Begal Sadis di Lampung Utara Diringkus, Satu Pelaku MeninggalIlustrasi Parkir Motor (IDN Times/Sunariyah)

Kapolres mengatakan, petugas juga mengamankan barang bukti satu unit sepeda motor Honda Beat warna hitam, satu unit sepeda motor Honda Beat warna Putih Biru, satu unit sepeda motor Honda Vario warna hitam. Barang bukti lainnya berupa tiga unit ponsel, dua bilah sajam jenis sangkur dan laduk, serta pelaku AB (24) warga Bukit Kemuning penadah hasil Curas.

Dari pengembangan kasus, ternyata para pelaku juga telah melakukan curas di Dusun Talang Belimbing Desa Pekurun Udik dan Curas di Simpang Kinciran Abung Tengah.

"Dari hasil pengembangan Polres Lampung Utara sudah mengamankan 16 unit sepeda motor berbagai jenis. Untuk korban atau masyarakat yang kehilangan motornya bisa datang Polres Lampung Utara untuk mengecek sepeda motornya," imbuh AKBP Kurniawan.

4. Imbau warga lapor kejadian mencurigakan

Dua Begal Sadis di Lampung Utara Diringkus, Satu Pelaku MeninggalPixabay

Kapolres Lampung Utara mengimbau kepada masyarkat yang melihat orang yang mencurigakan atau kejadian curas, curat atau curanmor segara lapor ke polisi. “Kita akan segera tindak lanjuti,” pesannya.

Dirreskrimum Polda Lampung, AKBP Reynold Hutagalung menyatakan, Tekab 308 Resmob Ditreskrimum Polda Lampung selalu akan turun ke wilayah untuk memperkuat wilayah dalam penyelidikan dan penyidikan setiap perkara.

Baca Juga: Ibu dan Anak di Lampura Korban Begal Motor Sadis, Derita Luka Bacok

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya