Comscore Tracker

Sensasi Berperang bak Tentara, Cerita Penghobis Air Softgun Lampung 

Permainan yang menantang dan membutuhkan integritas

Bandar Lampung, IDN Times - Seru dan menantang, inilah yang menjadi motivasi para pecinta permainan air softgun. Saking serunya menikmati permainan ini, para penghobis di Lampung mendirikan komunitas khusus bernama Airsoftgun Lampung.

Maulana,  Ketua Airsoftgun Lampung, menjelaskan, komunitas ini sudah ada sejak 2014. Komunitas ini didirikan lantaran banyak orang sudah memiliki unitnya sendiri. Selain itu  penggemar air softgun di Lampung juga cukup banyak dan tersebar di mana-mana. Namun  belum seberapa memahami cara penggunaannya.

Tak sekadar berlatih perang-perangan semata, anggota komunitas ini juga kerap mengadakan dan mengikuti perlombaan. Seperti apa sih sebenarnya kegiatan di komunitas ini? Yuk simak selengkapnya di bawah ini ya.

1. Permainan membangun karakter

Sensasi Berperang bak Tentara, Cerita Penghobis Air Softgun Lampung Kegiatan rutin airsoftgun Lampung diadakan setiap hari minggu di Kota Baru Lampung Selatan (Springloverlampung)

Menurut Maulana, permainan air softgun sangat cocok untuk orang-orang yang memiliki kegemaran perang-perangan. Terlebih jika ingin merasakan adrenalin layaknya medan pertempuran nyata.

Namun tak hanya sekadar ajang bermain dan mencari hiburan saja, airsoftgun juga menjadi permainan yang melatih karakter seseorang. "Pasalnya, permainan ini menjunjung tinggi kejujuran, kerja sama, sportifitas dan bagaimana membangun strategi untuk memenangkan permainan secara fair.

“Karena dalam permainan air softgun ini ketika kita terkena tembakan lawan kita harus mengaku. Sehingga dalam bermain kita juga sembari melatih hard skill yaitu kemampuan dalam bertempur dan soft skill yaitu pembangunan karakter dalam diri kita,” ujar Maulana. 

2. Memiliki perlengkapan aman

Sensasi Berperang bak Tentara, Cerita Penghobis Air Softgun Lampung (Instagram springloverlampung)

Permainan air softgun aman selama penghobis menggunakan peralatan safety. Maulana menyatakan, peralatan paling penting yang harus dimiliki pemain air softgun adalah kacamata.

“Karena kita harus menjaga aset kita yang sangat berharga ini kan jadi minimal pakai kacamata. Selebihnya aman sebenarnya, karena kan ada regulasinya,” jelasnya.

Regulasi dalam permainan airsoft imbuh Maulana, tidak boleh membuat rasa sakit anggota tubuh pemain lainnya atau "musuh" dalam jarak 5 meter. Jika dalam jarak 5 meter terasa sakit di kulit maka kekuatan pada unitnya harus diturunkan.

“Sehingga permainan bisa berlangsung dengan aman, nyaman dan untuk kesenangan. Karena bermain air soft ini kita bukan bertempur yang sesungguhnya. Hanya merasakan sensasi pertempuran kira-kira seperti itu,” paparnya.

Menurut Maulana, permainan ini mengedepankan safety karena tidak bisa dimainkan sembarangan. Komunitas ini juga dibina langsung oleh marinir. Tujuannya, para pemain akan diberi pengetahuan terlebih dahulu supaya tidak membahayakan lawan mainnya.

“Kami ingin membentuk wadah kegiatan positif serta  mempertemukan sesama orang yang hobi airsoft kemudian menjadi silaturahmi antar anggota dan juga melakukan kegiatan seperti kopi darat, mengadakan perlombaan dan kegiatan rutin,” jelasnya. 

3. Perlengkapan digunakan dalam permainan airsoftgun

Sensasi Berperang bak Tentara, Cerita Penghobis Air Softgun Lampung IDN Times/Istimewa

Maulana menerangkan, perlengkapan yang digunakan pada saat bertempur air softgun di antaranya menggunakan perlengkapan pakaian tentara dari luar negara Indonesia. Biasanya komunitas air softgun ini menggunakan pakaian tentara dari Amerika.

Kemudian menggunakan pelindung kepala seperti helm tempur atau pun topi. Untuk menutupi wajah bisa menggunakan pelindung yang terbuat dari besi atau masker kain saja sudah cukup.

Selain itu untuk pelindung badan bisa menggunakan rompi tempur seperti yang dipakai TNI. “Bisa juga menggunakan pelindung lutut atau siku. Sepatu juga wajib apabila tempat yang kita mainkan ada sesuatu yang berbahaya. Sepatunya yang biasa boleh. Tapi disarankan sepatu tempur,” terangnya.

Setiap pemain di komunitas air softgun ini biasanya sudah memiliki perlengkapan masing-masing. Namun jika ada anggota baru yang belum memiliki perlengkapan biasanya dipinjami oleh anggota lain. 

4. Kegiatan komunitas air softgun

Sensasi Berperang bak Tentara, Cerita Penghobis Air Softgun Lampung Pemenang liga airsof pelajar Indonesia Provinsi Lampung 2018 (Instagram springloverlampung)

Pertempuran air softgun biasa dilakukan di Kota Baru, Kabupaten Lampung Selatan setiap hari Minggu. Namun tak hanya bertempur dengan anggota komunitas saja. Sebelum adanya pandemik, komunitas ini kerap mengadakan liga airsoft pelajar Indonesia di Provinsi Lampung.  Bahkan terakhir kali menjadi perwakilan Lampung untuk bertanding di Pulau Jawa dalam rangka lomba airsoft pelajar tingkat nasional dan mendapatkan podium.

“Adanya COVID-19 ini sementara belum berani menggelar kegiatan perlombaan karena bisa bertentangan dengan aturan pemerintah. Tapi kalau keadaan sudah memungkinkan target kami mungkin 2021 akan ada perlombaan kembali,” ujar Maulana.

5. Harga perlengkapan

Sensasi Berperang bak Tentara, Cerita Penghobis Air Softgun Lampung IDN Times/Istimewa

Untuk membeli perlengkapan itu tergantung masing-masing minat pemain. Sebab menurut Maulana ada perlengkapan yang mahal dan ada yang murah. Biasanya komunitas air softgun Lampung ini menggunakan perlengkapan yang murah.

“Untuk kacamata yang aman itu bisa sekitar 20 ribu. Kemudian untuk unit kalau mau beli mulai dari Rp30 ribu sudah itu tipe pistol. Tapi juga tipe lain mulai dari Rp70 ribu. Untuk tipe softgun itu Rp50 ribu juga ada,” jelasnya.

Dia juga menyarankan untuk pemain baru bisa meminjam terlebih dahulu sembari menabung. “Kalau pun ingin membeli yang paling pertama kacamata dulu. Kalau unit bisa sambil menabung, pinjam dulu. Untuk teman-teman yang mau gabung juga bisa melalui media sosial air softgun di instagram @springloverlampung,” paparnya.

Update informasi terkini IDN Times Lampung melalui media sosial Facebook, Instagram, dan Twitter

Baca Juga: Cerita 2 Pemuda Lampung Dirikan Kelas Minat, Mulanya Diremehkan Warga

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya