Comscore Tracker

5 Cara Memahami Pasangan Lebih Dalam, Cinta Semakin Bertumbuh!

Jadilah pendengar yang baik dan jangan menghakiminya

Semakin lama hubungan berjalan dan semakin besar cintamu pada pasangan, akan ada keinginan untuk memahami dirinya dengan lebih dalam. Bukan hanya tentang apa yang ia suka, tapi juga tentang bagaimana hidupnya dan sisi kepribadiannya yang sebenarnya. 

Bagi kamu ingin memahami pasangan tapi bingung bagaimana caranya, bisa mulai dari beberapa cara dalam pembahasan kali ini. Menyimak setiap hal yang ia ceritakan, atau mengenal pribadinya dengan berbaur bersama orang terdekatnya, lima cara di antaranya akan dibahas lebih jelas di bawah ini. Yuk disimak! 

1. Sering berkumpul dengan orang terdekatnya

5 Cara Memahami Pasangan Lebih Dalam, Cinta Semakin Bertumbuh!ilustrasi orangtua (pexels.com/RODNAE Productions)

Kalau mau memahami pasanganmu lebih dalam maka cobalah dengan cara yang satu ini, yaitu dekat dengan orang-orang terdekatnya. Entah itu keluarga atau teman-temannya, pokoknya berbaur saja dengan mereka. 

Karena pasti ada pengaruh lingkungan terhadap pribadinya, dan dari mereka mungkin kamu bakal tahu sisi dirinya yang tidak ia tunjukkan di depanmu. Mulai dari sisi dirinya yang buruk hingga paling baik, kamu akan tahu dari orang-orang sekitarnya. 

2. Menyimak setiap curhatannya

5 Cara Memahami Pasangan Lebih Dalam, Cinta Semakin Bertumbuh!ilustrasi pasangan (pexels.com/Samson Katt)

Caranya yang kedua untuk mengenal pribadi pasanganmu dengan lebih dalam ialah mendengarkan setiap curhatannya. Dengan kata lain kamu harus bisa menjadi pendengar yang baik untuknya. 

Tidak hanya mendengarkan akan tetapi juga menyimak apa yang ia ceritakan dengan seksama. Mulai dari cerita paling random hingga yang serius dan emosional, dari situ kamu bisa memahami banyak sisi dirinya. Selain itu juga berguna untuk meningkatkan kepekaanmu terhadapnya seiring banyaknya yang kamu tahu tentang dia. 

Baca Juga: 5 Fakta tentang Cinta Jarang Disadari, Bikin Kamu Jadi Prioritas!

3. Pastikan untuk deep talk setiap ada permasalahan di antara kalian

5 Cara Memahami Pasangan Lebih Dalam, Cinta Semakin Bertumbuh!ilustrasi pasangan (pexels.com/Alex Green)

Bisa dibilang bahwa deep talk merupakan cara paling ampuh untuk mengenal dan memahami pasangan secara mendalam. Maka dari itu pastikan untuk selalu melakukan deep talk pada setiap permasalahan yang ada di dalam hubungan kalian. 

Tidak hanya membantu menyelesaikan masalah, hal ini juga membuatmu jadi lebih memahami pasangan dengan banyaknya momen dimana kalian saling bertukar pikiran. Kamu jadi tahu bagaimana pola pikirnya, sudut pandangnya terhadap suatu masalah, dan juga bagaimana caranya menerima kritik dan saran darimu. 

4. Pastikan dirimu berpikiran terbuka untuk tidak menghakimi berbagai sisi pribadinya

5 Cara Memahami Pasangan Lebih Dalam, Cinta Semakin Bertumbuh!ilustrasi pasangan (pexels.com/Eliza Sazonova)

Kalau pasanganmu sudah merasa nyaman maka dengan sendirinya dia pun akan terbuka dan menunjukkan sisi pribadinya yang asli. Nah, pada saat seperti ini alangkah baiknya jika kamu bisa menjadi sosok yang open minded untuk menerima berbagai sisi pribadinya. 

Kalau kamu masih berpikiran sempit dan kerap menghakimi, maka jangan harap kamu bisa memahami dirinya lebih dalam. Sebab sekalinya kamu menghakiminya, dia akan menutup diri dan tidak mau terbuka lagi dan membuatmu kesulitan untuk tahu seperti apa sisi pribadinya yang tersembunyi. 

5. Jangan ragu untuk menanyakan perasaannya jika terlihat tidak bersemangat

5 Cara Memahami Pasangan Lebih Dalam, Cinta Semakin Bertumbuh!ilustrasi pasangan (pexels.com/Timur Weber)

Kepekaan yang tinggi adalah kunci utama untuk bisa memahami pasangan dengan lebih dalam. Yang mana kalau dia kelihatan kurang bersemangat atau bad mood, tanyakanlah apa penyebabnya hingga ia mau bercerita padamu. 

Kebanyakan pasangan tidak peka dan cenderung cuek pada perubahan suasana hati pasangannya. Padahal dengan bertanya dan mengobrolkan hal itu kamu jadi lebih tahu apa yang tidak ia suka, hal buruk yang ia alami, hingga bagaimana kesehariannya dalam menghadapi orang-orang. 

Memahami pasangan lebih dalam bisa dilakukan dengan banyak cara. Itu bisa dimulai dari lima cara dalam pembahasan tadi. 

Baca Juga: 5 Sikap Ini Tunjukkan Pasanganmu Setia, Gak Genit dan Menjaga Batasan!

afifah hanim Photo Community Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya