Comscore Tracker

Bak Pengagum Rahasia, 5 Alasan Seseorang Memilih Mencintai dalam Diam

Seseorang pasti punya alasan mengapa memendam perasaannya

Memang benar setiap orang memiliki haknya sendiri perihal cinta. Mulai dari kebebasan dalam mencintai, tujuannya jatuh cinta, sampai hak pada dinyatakan atau tidaknya cinta yang dimiliki.

Tidak ada keharusan bagi seseorang untuk menunjukkan dan menyatakan cintanya, tapi meskipun begitu kalaupun memilih untuk memendam dan mencintai dalam diam tentu ada alasan dibaliknya, kan?

Dan mengenai hal itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa alasan kenapa seseorang memilih mencintai dalam diam layaknya pengagum rahasia. Yuk simak!

1. Trauma untuk menyatakan karena cintanya selalu ditolak

Bak Pengagum Rahasia, 5 Alasan Seseorang Memilih Mencintai dalam DiamIlustrasi ditolak (pexels.com/Keira Burton)

Alasannya pertama kenapa seseorang memilih mencintai dalam diam layaknya pengagum rahasia adalah karena ia trauma untuk menyatakan perasaannya ketika dulu selalu ditolak. Kalau sekali atau dua kali mungkin masih ditoleransi oleh mentalnya, tapi ketika seseorang terus ditolak bahkan berkali-kali tentu membuatnya insecure dan merasa down, kan.

Jadi akibat dari pengalamannya itu ia pun jadi merasa mencintai dalam diam lebih aman untuknya.

2. Sadar diri dirinya tidak bisa memiliki dan menjalin hubungan dengan orang itu

Bak Pengagum Rahasia, 5 Alasan Seseorang Memilih Mencintai dalam DiamIlustrasi pasangan(pexels.com/Cottonbro)

Alasan lainnya kenapa seseorang memilih mencintai dalam diam dan tak menyatakan perasaannya ialah karena ia sendiri sadar kalau tidak mungkin menjalin hubungan dengan orang yang ia cintai itu. Bisa jadi karena terhalang restu, status yang sudah memiliki pasangan sah, atau tanggung jawab yang tidak mengizinkannya menjalin hubungan.

Mencintai tapi tak bisa menyatu sehingga harus ikhlas jika hanya bisa menjadi pengagum rahasia yang mencintai dalam diam.

Baca Juga: 5 Alasan Melajang Baik untuk Nasib Hubungan Selanjutnya

3. Prinsip hidupnya memang tak pacaran dan ingin langsung menikah

Bak Pengagum Rahasia, 5 Alasan Seseorang Memilih Mencintai dalam DiamIlustrasi pernikahan(pexels.com/Jonathan Borba)

Alasan ketiga kenapa seseorang memilih mencintai dalam diam ialah dikarenakan prinsipnya sendiri tidak mau pacaran dan ingin langsung menikah saja. Meski tak banyak, namun ada lho orang yang memiliki prinsip hubungan seperti ini.

Karena satu dan dua hal ia merasa pacaran setelah menikah lebih romantis dan halal dilakukan. Tapi niatnya tulus dan suci, kok.

4. Bukan waktu tepat untuk urusan cinta-cintaan, sehingga tidak tergerak untuk PDKT ataupun menyatakannya

Bak Pengagum Rahasia, 5 Alasan Seseorang Memilih Mencintai dalam DiamIlustrasi wanita kerja(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Gak semua orang memiliki waktu untuk menjalin suatu hubungan. Bahkan untuk pendekatan saja mungkin tidak bisa dan terhalang banyak hal.

Maka alasannya yang keempat ialah karena belum waktu tepat baginya untuk berurusan dengan cinta dan asmara. Sehingga ia memilih untuk mencintai dalam diam saja dan memendam perasaannya bak pengagum rahasia. Lagipula ketika mencintai seseorang gak melulu harus buru-buru PDKT dan pacaran, kan.

5. Tingkat cintanya sudah ditahap paling tulus dan ikhlas sehingga tak masalah baginya jika mencintai dalam diam

Bak Pengagum Rahasia, 5 Alasan Seseorang Memilih Mencintai dalam DiamIlustrasi menatap(pexels.com/Jep Gambardella)

Ketika tingkatan cinta seseorang sudah sangat tulus maka ia pun akan dengan mudahnya ikhlas terhadap segala hal yang terjadi. Tak memaksa agar dirinya mendapat balasan cinta yang setara, ataupun mengejar-ngejar orang yang dicintai.

Sesederhana mencintai dalam diam dan bisa melihat senyum bahagianya saja sudah cukup baginya, lho. Jadi kalaupun ia hanya berakhir sebagai pengagum rahasia saja tak masalah untuknya.

Itulah tadi beberapa alasan kenapa seseorang memilih mencintai dalam diam layaknya pengagum rahasia. Tapi apapun alasannya tentu hal itu merupakan hak dirinya dan tidak ada salahnya dari memendam cinta jika memang itu yang diinginkan. Benar?

Baca Juga: 6 Cara Menghapus Keraguan jika Kamu Ingin Kembali ke Pelukan Mantan  

afifah hanim Photo Community Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya