Comscore Tracker

Daftar Hari Ulang Tahun 15 Kabupaten Kota di Provinsi Lampung

Catat juga ibu kota masing-masing daerah ya!

Bandar Lampung, IDN Times - Provinsi Lampung merupakan provinsi paling selatan di Pulau Sumatra Indonesia. Letaknya yang strategis menjadikan Provinsi Lampung menjadi pintu gerbang distribusi Jawa dan Sumatera.

Provinsi disebut-sebut sebagai Jakartanya Pulau Sumatra karena memiliki masyarakat beragam jenis suku bangsa ini memiliki 2 kota dan 13 kabupaten.

Lampung menjadi provinsi mandiri dan lepas dari keresidenan Sumatera Selatan pada 18 Maret 1964 karena dinilai memiliki potensi dan budaya khasnya sendiri. Sehingga tiap 18 Maret diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Provinsi Lampung. Kalau hari jadi 15 kabupaten/kota di Lampung kapan ya?

1. Bandar Lampung

Daftar Hari Ulang Tahun 15 Kabupaten Kota di Provinsi LampungTugu Adipura Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Kota Bandar Lampung berdiri 17 Juni 1682. Tanggal lahir ibu kota Provinsi Lampung tersebut juga dilambangkan dengan padi dan kapas pada logo resmi kotanya. Bulir padi yang berjumlah 17 melambangkan tanggal dan biji kapas berjumlah 6 melambangkan bulan.

Kota Bandar Lampung menjadi pusat pemerintahan Provinsi Lampung. Sebelumnya kota ini dinamakan Tanjung Karang - Teluk Betung, namun pada 1983 diganti menjadi Bandar Lampung.

2. Metro

Daftar Hari Ulang Tahun 15 Kabupaten Kota di Provinsi LampungMasjid Taqwa Kota Metro (IDN Times/Istimewa)

Kota kedua adalah Metro. Kota Metro lahir 9 Juni 1999. Kota yang berjarak sekitar 53 kilometer dari Kota Bandar Lampung ini memiliki 5 kecamatan dan 22 kelurahan.

Pusat pemerintahan Kota Metro adalah di Kecamatan Metro Pusat. Letaknya berada di tengah provinsi, membuat Kota Metro tak memiliki kawasan laut, yang artinya sebagian besar masyarakatnya bergantung pada pertanian. Oleh sebab kamu akan menemukan banyak lahan pertanian di kota ini.

3. Lampung Selatan

Daftar Hari Ulang Tahun 15 Kabupaten Kota di Provinsi LampungMenara Siger di Kabupaten Lampung Selatan. (IDN Times/Istimewa).

Kabupaten Lampung Selatan menjadi daerah otonom pada 14 November 1954. Hari tersebut juga diperingati sebagai hari jadi kabupaten tersebut. Pusat pemerintahan Lampung Selatan berada di Kalianda.

Wilayah selatan ini juga cukup banyak didominasi pantai sehingga wisata laut juga banyak ditemukan di kabupaten ini. Wisata pantai terkenal di antaranya adalah Krakatoa Resort, Pantai Canti Indah, Pantai Kahai, dan Pantai Bagoes.

4. Lampung Tengah

Daftar Hari Ulang Tahun 15 Kabupaten Kota di Provinsi LampungTugu Kopiah Emas Lampung Tengah. (Instagram.com/riqqho)

Lampung Tengah berdiri 26 Juni 1959. Dulunya ibu kota kabupaten dengan 28 kecamatan ini adalah Kecamatan Metro. Namun setelah adanya pemekaran dan Metro menjadi Kotamadya, pusat pemerintahan atau ibu kota berganti di Kecamatan Gunung Sugih.

Lampung Tengah terkenal memiliki banyak landmark atau tugu di pusat kabupatennya dan banyak dimanfaatkan oleh warga setempat sebagai tempat wisata. Tugu terkenal di Lampung Tengah di antaranya adalah Tugu Kopiah Emas, Tugu Canang, Tugu Pepadun dan Tugu Sembilan Gajah Putih.

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata di Lampung Tengah, Banyak Wisata Hidden Gem

5. Lampung Barat

Daftar Hari Ulang Tahun 15 Kabupaten Kota di Provinsi LampungKota Liwa. (pariwisatalampungbarat.com)

Lampung Barat diresmikan 24 September 1991. Sejak saat itu 24 September diperingati sebagai hari ulang tahun Lampung Barat. Pusat pemerintahan kabupaten ini berada di Liwa.

Wilayah Lampung Barat berada di dataran tinggi membuat sebagian besar daerah ini beriklim sejuk bahkan cenderung dingin. Kabupaten Lampung Barat terdiri dari 15 kecamatan, 5 kelurahan, dan 131 pekon (desa).

6. Lampung Utara

Daftar Hari Ulang Tahun 15 Kabupaten Kota di Provinsi LampungTugu Payan Mas. (Instagram.com/rc_pict).

Lampung Utara berdiri 15 Juni 1946. Kabupaten ini memiliki pusat pemerintahan di Kecamatan Kotabumi dan memiliki 23 kecamatan, 15 kelurahan, dan 232 desa.

Dulu Lampung Utara merupakan daerah terbesar di Provinsi Lampung, namun dipecah menjadi kabupaten baru di antaranya adalah Way Kanan, Lampung Barat (lalu melahirkan Kabupaten Pesisir Barat), dan Kabupaten Tulang Bawang (melahirkan Kabupaten Tulang Bawang Barat dan Mesuji).

7. Lampung Timur

Daftar Hari Ulang Tahun 15 Kabupaten Kota di Provinsi LampungTaman Nasional Way Kambas Lampung (Waykambas.org)

Kabupaten dengan 24 kecamatan dan 264 desa ini diresmikan 27 April 1999 dan memiliki pusat pemerintahan di Kecamatan Sukadana.

Tempat perlindungan hewan khas Lampung yaitu gajah berada di kabupaten ini. Selain menjadi tempat penangkaran gajah, Taman Nasional Way Kambas juga dibuka untuk umum sebagai tempat wisata edukasi.

8. Way Kanan

Daftar Hari Ulang Tahun 15 Kabupaten Kota di Provinsi Lampunginsatargam.com/explorewaykanan

Way Kanan dulunya merupakan bagian dari Lampung Utara. Way Kanan diresmikan bersamaan dengan Kabupaten Lampung Timur yaitu pada 27 April 1999. Pusat pemerintahannya ada di Kecamatan Blambangan Umpu.

Terdiri dari 15 kecamatan, 6 kelurahan, dan 221 desa, Way Kanan terkenal memiliki wisata alam dan budaya yang mempesona. Jika kamu berkesempatan datang ke Way Kanan, jangan lupa ke wisata air terjunnya ya!

9. Pesisir Barat

Daftar Hari Ulang Tahun 15 Kabupaten Kota di Provinsi LampungPantai Tanjung Setia. (Infolpg.com)

Kabupaten Pesisir Barat merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Lampung Barat pada 16 November 2012 lalu. Sehingga 16 November ditetapkan sebagai hari jadi kabupaten yang memiliki pusat pemerintahan di Krui ini.

Kabupaten ini memiliki 11 kecamatan, 2 kelurahan, dan 116 desa. Pesisir Barat merupakan kabupaten paling beken ditelinga wisatawan mancanegara atau para pecinta surfing. Pasalnya Tanjung Setia di Pesisir Barat, merupakan salah satu pantai dengan ombak terbaik untuk surfing.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Lampung Utara Wajib Kamu Kunjungi, Bikin Betah!

10. Tulang Bawang

Daftar Hari Ulang Tahun 15 Kabupaten Kota di Provinsi LampungBupati Tulang Bawang Winarti. (dok Diskominfo Tulang Bawang).

Kabupaten Tulang Bawang lahir pada 20 Maret 1997. Tulang Bawang dulunya merupakan bagian dari Kabupaten Lampung Utara. Saat ini Tulang Bawang memiliki otonomi sendiri dengan pusat pemerintahan berada di Kecamatan Menggala.

Tulang Bawang memiliki 15 kecamatan, 4 kelurahan, dan 147 desa. Kabupaten ini memiliki makanan khas yang tak boleh tertinggal dicicipi jika berkunjung, diantaranya adalah Kerupuk Menggala, Pindang Baung, dan Stik Ikan Gabus.

Baca Juga: Lima Spot Wisata Seru di Kabupaten Tulangbawang Barat Lampung

11. Tulangbawang Barat

Daftar Hari Ulang Tahun 15 Kabupaten Kota di Provinsi LampungIslamic Center Tulang Bawang Barat. (Archify.com)

Tulangbawang Barat lahir 3 April 2009 dengan pusat pemerintahan di Tulang Bawang Tengah atau juga bisa disebut dengan Panaragan. Tulang Bawang Barat memiliki 9 kecamatan, 3 kelurahan, dan 93 desa.

Destinasi wisata populer di Tulang Bawang Barat di antaranya Islamic Center Tulang Bawang Barat, Relief empat marga atau Megou Pak, dan Tugu Rato Nago.

12. Mesuji

Daftar Hari Ulang Tahun 15 Kabupaten Kota di Provinsi Lampungsaibumi.com

Hari jadi Kabupaten Mesuji bertepatan dengan hari kelahirannya yaitu pada 26 November 2008. Pusat pemerintahan Mesuji ada di Desa Wiralaga Mulya, Kecamatan Mesuji.

Mesuji hanya memiliki 7 kecamatan saja dan 105 desa. Letaknya yang berdekatan dengan Sumatera Selatan membuat makanan tradisional kabupaten ini sedikit mirip dengan makanan Palembang seperti Burgo, Pempek Lampung, lalu ada Pisro, Umbu, dan Lapis Legit.

13. Pringsewu

Daftar Hari Ulang Tahun 15 Kabupaten Kota di Provinsi LampungIlustrasi bambu sebagai tanda masuk kawasan Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung. (IDN Times/Istimewa).

Pringsewu berdiri pada 29 Oktober 2008 dan diresmikan pada 3 April 2009, sehingga 3 April ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Pringsewu. Pusat Pemerintahan kabupaten ini ada di Kecamatan Pringsewu.

Pringsewu memiliki 9 kecamatan, 5 kelurahan, dan 128 desa. Wisata alam buatan Pringsewu paling terkenal dan sedang digandrungi saat ini adalah Wisata Taman Bunga Matahari.

14. Tanggamus

Daftar Hari Ulang Tahun 15 Kabupaten Kota di Provinsi LampungFimela

Hari lahir Kabupaten Tanggamus 21 Maret 1997. Kabupaten ini memiliki pusat pemerintahan di Kota Agung. Tanggamus terdiri dari 20 kecamatan, 3 kelurahan, dan 299 desa.

Tanggamus terkenal akan otak-otaknya yang sedap. Selain itu ada juga beberapa makanan khas Tanggamus yang wajib dicoba seperti Bekasam, Sambol Cubik, Lepot Tapai, dan Sup Ikan Marlin.

15. Pesawaran

Daftar Hari Ulang Tahun 15 Kabupaten Kota di Provinsi LampungGunung Pesawaran. (Instagram.com/petualangsablenk)

Kabupaten Pesawaran dibentuk pada 17 Juli 2007 dan diresmikan pada 2 November 2007. Namun hari jadi kabupaten ini disepakati bersamaan dengan hari lahirnya yaitu diperingati tiap 17 Juli. Ibu kota atau pusat pemerintahan Pesawaran adalah Gedong Tataan.

Kabupaten yang dulunya merupakan bagian dari Lampung Selatan ini memiliki keindahan alam yang sempurna. Mulai dari gunung, bukit, air terjun, hutan mangrove, pantai, laut (pulau) hingga sungai pun ada.

Itulah informasi seputar HUT 15 kabupaten/kota di Lampung. semoga informasi ini bermanfaat ya.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Kota Metro Lampung, Instagramable Banget! 

Topic:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya