Comscore Tracker

Makan Berlebih saat Buka Puasa, Ini Masalah Kesehatan Bisa Kamu Alami

Lambung akan mengembang seperti balon

Bandar Lampung, IDN Times - Buka puasa biasanya menjadi momen 'balas dendam' setelah seharian menahan lapar dan haus. Berbagai hidangan tersaji di meja makan disantap sekaligus tanpa jeda waktu. Padahal itu cara yang tidak sehat lho.

Berbagai rasa tidak enak dalam perut pasti akan kamu rasakan jika makan berlebihan saat buka puasa. Bahkan bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Kali ini IDN Times sudah merangkum masalah kesehatan bisa kamu alami jika makan berlebih saat buka puasa berdasarkan informasi dari Rumah Sakit Hermina di Lampung.

Simak selengkapnya di bawah ini ya.

1. Perut terasa begah atau tidak nyaman

Makan Berlebih saat Buka Puasa, Ini Masalah Kesehatan Bisa Kamu Alamishutterstock.com/Pop Paul-Catalin

Saat kamu mengonsumsi makanan dua kali lipat atau lebih dari biasanya, efek kebanyakan makan waktu buka puasa kamu rasakan adalah lambung akan mengembang seperti balon.

Akibatnya, perut bisa terasa begah atau tidak nyaman karena perut menjadi melar melebihi kapasitas normalnya dan berusaha menepuk-nepuk perut dengan harapan bisa mengurangi begah.

Faktanya, lama atau tidaknya durasi rasa tidak nyaman itu umumnya bergantung pada jenis makanan yang kamu konsumsi. Makanan berlemak dan kaya serat akan lebih sulit untuk dicerna dibanding jenis makanan lainnya. Sehingga kamu akan merasa tidak nyaman lebih lama.

Baca Juga: 5 Pilihan Minuman Antidehidrasi selama Puasa Ramadan, Ada Favoritmu?

2. Bisa sesak napas kena gerd

Makan Berlebih saat Buka Puasa, Ini Masalah Kesehatan Bisa Kamu Alamiilustrasi sesak napas (freepik.com/Dragana_Gordic)

Kemudian, jika lambung diisi terlalu banyak makanan, tidak mustahil bila makanan tersebut bisa menekan diafragma. Efek kebanyakan makan waktu buka puasa ini membuat kamu mengalami sesak napas dan napas yang dangkal.

Sebab, lambung yang kepenuhan juga bisa memicu makanan kembali naik ke esofagus atau kerongkongan. Inilah yang dikenal dengan GERD (gastroesophageal reflux disease).

Salah satu GERD adalah heartburn atau lebih dikenal dengan istilah nyeri ulu hati. Kondisi ini ditandai dengan rasa sakit atau panas seperti terbakar muncul pada dada dan bisa menjalar hingga ke leher.

3. Muntah akibat terlalu banyak menampung makanan

Makan Berlebih saat Buka Puasa, Ini Masalah Kesehatan Bisa Kamu Alamiilustrasi muntah-muntah (health.clevelandclinic.org)

Ketika lambung tidak sanggup lagi menampung makanan terlalu banyak, bukan tidak mungkin efek kebanyakan makan waktu buka puasa adalah muntah.

Sebab, ini merupakan mekanisme tubuh untuk mengosongkan perut terlalu penuh. Ini disebabkan oleh aktivitas lambung terlalu berat dalam mencerna makanan.

4. Gampang ngantuk dan malas

Makan Berlebih saat Buka Puasa, Ini Masalah Kesehatan Bisa Kamu AlamiIlustrasi Mengantuk. IDN Times/Mardya Shakti

Bila mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat maupun gula ketika buka puasa, kamu juga akan mudah mengantuk. Aktivitas kamu akhirnya bisa terganggu, misalnya jadi malas ikut Tarawih.

Lalu, bisa menambah berat badan juga lho jika makan berlebihan saat buka puasa. Jadi kalau kamu berniat menjadikan bulan Ramadan untuk menurunkan berat badan, kuncinya jangan makan berlebihan saat buka puasa.

Meski sangat lapar ketika waktu buka puasa tiba, jangan kalap dan tetap jaga pola makan ya.

Baca Juga: 5 Bahaya Kesehatan Konsumsi Minuman Dingin Saat Buka Puasa

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya