Serap Aspirasi Rakyat, Siti Atikoh Terkesan Safari Politik di Lampung

Tawarkan 21 program unggulan Ganjar-Mahfud

Intinya Sih...

  • Istri Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti menyerap aspirasi masyarakat di Provinsi Lampung selama kunjungan safari politik
  • Aspirasi meliputi keluhan bantuan pemerintah yang belum tepat sasaran, stabilitas harga, akses pupuk subsidi, infrastruktur, dan bantuan permodalan bagi UMKM
  • Pasangan Ganjar-Mahfud mengusung 21 program unggulan untuk memenuhi kepentingan semua lapisan masyarakat, termasuk pendidikan, layanan publik, kesehatan, dan pemberdayaan masyarakat

Tulang Bawang, IDN Times - Istri Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti menyerap sederet aspirasi masyarakat selama melaksanakan kunjungan safari politik di Provinsi Lampung mulai Selasa - Kamis, (9-11 Januari 2023). Aspirasi mulai dari keluhan bantuan belum tepat sasaran, stabilitas harga, akses pupuk subsidi, infrastruktur, hingga bantuan permodalan.

Menurutnya, aspirasi dikeluhkan masyarakat Provinsi Lampung itu sebagian besar merupakan permasalahan hampir serupa dijumpai di sebagian besar provinsi lainnya.

"Pertama tentu terkait, agar bantuan dari pemerintah bisa tepat sasaran, pihak yang membutuhkan benar-benar menerima manfaat," ujarnya saat dimintai keterangan sebelum bertolak ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (11/1/2024).

Baca Juga: Momen Siti Atikoh Terpesona Jolang Jaling: Ketemu Sepupu Petai

1. Serap aspirasi pedagang hingga masyarakat umum

Serap Aspirasi Rakyat, Siti Atikoh Terkesan Safari Politik di LampungSiti Atikoh berbelanja di Pasar Tempel Way Dadi Bandar Lampung, Rabu (10/1/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Siti Atikoh telah bertemu dan berkomunikasi dengan para warga dan pedagang di pasar-pasar tradisional sempat dicurhati permasalahan stabilitas harga-harga barang. Ternyata, harga masih cenderung membuat konsumsi menjerit hingga produsen merugi.

Termasuk, keluhan ketersediaan pupuk subsidi disebut masih sulit didapat, hingga kecenderungan aktivitas impor di musim panen bisa merusak mekanisme harga pasar.

"Kemudian juga terkait infrastruktur, jalan-jalan menghubungkan antar daerah di provinsi ini harus diperhatikan. Tidak kalah penting, tentu saja toleransi beragama, agar seluruh masyarakat bisa saling menghargai setiap individu warga negara bisa beribadah dengan tenang, damai tanpa ada kekhawatiran," katanya.

Dari sisi pelaku UMKM juga mengharapkan aksesibilitas bantuan permodalan sampai kegiatan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan target pasaran. "Terkait juga izin usahanya, ini harus disederhanakan hingga pelaku bisa melakukannya dengan baik," tambah dia.

2. Ganjar-Mahfud hadirkan 21 progam unggulan

Serap Aspirasi Rakyat, Siti Atikoh Terkesan Safari Politik di LampungPotret Srikandi PDI Perjuangan Lampung melepaskan safari politik Siti Atikoh ke Provinsi Sumsel, Kamis (11/1/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Guna mengatasi itu, Siti Atikoh mengatakan, pasangan Ganjar-Mahfud mengusung visi misi terangkum dalam 21 program unggulan. Itu disebut akan mengakomodir kepentingan dan hajat semua lapisan masyarakat, bukan sekedar satu atau dua kelompok.

Di mulai dari sektor pendidikan, masyarakat berpenghasilan rendah akan tetap bisa mengakses pendidikan hingga tingkat perguruan tinggi, dengan program satu keluarga miskin satu sarjana. Lalu menyediakan program SMK berbasis boarding, untuk menyiapkan para lulus terjun langsung ke dunia kerja.

"Ini akan kita hubungkan dengan perusahaan-perusahaan. Ini adalah program terkait penanggulangan kemiskinan, agar SDM di Indonesia benar-benar bisa siap menjemput Indonesia Emas," ucapnya.

3. KTP Sakti hingga bantuan permodalan UMKM

Serap Aspirasi Rakyat, Siti Atikoh Terkesan Safari Politik di LampungIstri Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti menyapa ribuan emak-emak berkumpul di Lapangan Sri Tanjung, Lampung Selatan, Selasa (9/1/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Lebih dari itu, kata Siti Atikoh, pemerintahan Ganjar-Mahfud mendatang akan menghadirkan program KTP Sakti akan mengintegrasikan semua kepentingan layanan publik masyarakat semisal PKH, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat, Kartu Petani dan lain-lain.

"Sebagai contohnya, nanti untuk mendapatkan akses pupuk cukup dengan NIK hingga langsung terdeteksi," imbuhnya.

Dari sektor kesehatan, pasangan nomor urut 03 akan mengusung program 1 Desa, 1 Nakes, dan 1 Faskes, untuk memudahkan masyarakat mengakses kesehatan. Ini digadang-gadang turut bisa mencegah angka stunting hingga kematian ibu melahirkan

"Ada juga program-program terkait pemberdayaan masyarakat seperti UMKM, tak kalah penting di Jawa Tengah sudah ditetapkan untuk guru agama dan beragama lainnya itu akan mendapatkan insentif dari pemerintah," sambung dia.

4. Akui Lampung beri kesan membekas

Serap Aspirasi Rakyat, Siti Atikoh Terkesan Safari Politik di LampungKegiatan safari politik dan pasar murah disinggahi Siti Atikoh di Kota Metro, Rabu (10/1/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Dalam momen safari politik kali ini, Siti Atikoh menyampaikan, Provinsi Lampung selalu meninggalkan kesan membekas di setiap kunjungannya. Terutama dalam urusan gotong royong, kebersamaan, hingga kekerabatan antar warga amat luar biasa.

"Mulai baru saya menginjakkan kaki di Lampung Selatan sambutan masyarakat luar biasa dan di sini lah saya merasakan detak jantung, nafas perjuangan yang sama. Tentu saja, ini sangat memotivasi kami untuk bisa bersama-sama bergotong-royong mencapai kemenangan hattrick di 2024," tandas Siti Atikoh.

Baca Juga: Bermalam di Ponpes Miftahul Huda Lampung, Siti Atikoh: Ini Keberkahan

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya