Presiden Jokowi Pastikan BLT BBM Tersalurkan Serentak Pekan Depan

Jokowi tak menampik penyaluran bantuan bisa ada kendala

Bandar Lampung, IDN Times - Presiden RI Joko 'Jokowi' Widodo memastikan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) bagi keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh kabupaten/kota se-Indonesia serentak mulai berlangsung pekan depan.

Pernyataan tersebut ditegaskan Jokowi saat meninjau pembagian BLT BBM di Kantor Pos berada di Jalan KH A. Dahlan, Pahoman, Enggal, Kota Bandar Lampung, Sabtu (3/9/2022).

"Target selesai ini terus berjalan, nanti mulai minggu depan (BBM BLT) langsung bergerak ke semua kabupaten/kota," ujarnya, saat dimintai keterangan.

Jokowi menjelaskan, kunjungannya ke Kota Bandar Lampung pascamelaksanakan kegiatan serupa di Sentani, Jaya Pura hingga di Saumlaki, Kepulauan Tanibar, Provinsi Maluku. Dari kunjungan tersebut, ia menilai sistem pembagian bantuan sosial tambahan bentuk pengalihan subsidi BBM tersebut sudah cukup baik.

"Artinya BLT-nya sudah dimulai dan tadi sudah berjalan baik, terutamanya di dalam (Kantor Pos) tadi, sistemnya berjalan bagus," imbuh dia.

Meski demikian, Jokowi tak menampik penyaluran bantuan tersebut akan terdapat beberapa kendala. Semisal segelintir penerima tak tepat ssasaran. Sehingga ia pun meminta agar jajaran pemerintah daerah dapat lebih teliti menyaring para penerima BLT BBM

"Ini yang kita bagikan ke 20,6 juta penerima, jumlah seperti itu tidak mungkin 100 persen benar. Pasti ada satu, dua, tiga yang tidak tepat, karena memang yang dibagi jumlahnya sangat banyak. Tapi sejauh ini lancar, Alhamdulillah baik," katanya.

Sementara terkait kabar hangat tengah berhembus yaitu, kenaikan BBM, Jokowi menyebut, hal tersebut masih dalam kalkulasi penghitungan dan akan segera diumumkan dalam waktu dekat.

"Kemarin sudah saya sampaikan. Kalkulasinya sudah disampaikan ke saya, itung-itungan sudah disampaikan kepada saya. Tinggal ini kita putuskan," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Dalam kunjungannya ke Kota Bandar Lampung, Presiden Jokowi turut didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Baca Juga: Kamar Penthouse 1611 Novotel Lampung Tempat Jokowi Menginap

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya