Comscore Tracker

Eks Bupati Tanggamus Dikabarkan ke NasDem, Ketua DPW: Belum Final

Bambang merupakan mantan napi kasus korupsi 2016 silam 

Bandar Lampung, IDN Times - Ketua DPW Partai NasDem Lampung, Herman HN, menanggapi desas-desus bergabungnya sekaligus eks Bupati Tanggamus, Bambang Kurniawan, ke partai besutan Surya Paloh tersebut.

Herman mengatakan, keputusan bakal berlabuhnya Bambang bersama Partai NasDem masih belum final. Dirinya menegaskan partai akan selalu terbuka kepada semua pihak tanpa terkecuali selagi memiliki niatan untuk membantu masyarakat, padahal Bambang menjadi mantan narapidana kasus korupsi.

"Nanti, belum-belum. (komunikasi antara Partai NasDem bersama Bambang) Mudah-mudahan tergantung orang-orang. Intinya, saya menginginkan bagaimana Partai NasDem di Lampung benar-benar untuk rakyat. Siapa saja silahkan yang ingin bergabung dengan saya," ujarnya, Jumat (14/1/2022).

1. Kasus yang menjerat Bambang Kurniawan

Eks Bupati Tanggamus Dikabarkan ke NasDem, Ketua DPW: Belum FinalIlustrasi KPK (IDN Times/Mardya Shakti)

Pada 21 Oktober 2016 lalu, Bambang Kurniawan yang menjabat Bupati Tanggamus ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Ia menyuap sejumlah anggota DPRD Kabupaten Tanggamus terkait pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2016.

Bambang menyuap sejumlah anggota DPRD dengan nilai bervariasi. Karena perbuatannya itu, ia dihukum dua tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Tanjungkarang, Senin (22/5/2017).

Bambang juga diwajibkan membayar denda sebesar Rp250 juta subsider dua bulan kurungan. Majelis Hakim memandang Bambang terbukti memberikan uang Rp943 juta ke sejumlah anggota DPRD Tanggamus.

Setelah menjalani vonis dua tahun penjara, eks Politisi PDI Perjuangan sekaligus suami Bupati Tanggamus saat ini, Dewi Handajani, dinyatakan bebas pada sekitar Desember 2018 silam.

Baca Juga: Profil Bupati Tanggamus Dewi Handajani, Dijuluki Warga ‘Bunda Ratu’

2. Mantan calon Bupati Pringsewu pastikan bergabung Partai NasDem

Eks Bupati Tanggamus Dikabarkan ke NasDem, Ketua DPW: Belum FinalMantan Calon Bupati Kabupaten Pringsewu dari PDIP, Ardian Saputra bergabung Partai NasDem. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Saat kabar Bambang belum pasti, Herman justru memperkenalkan mantan Calon Bupati Kabupaten Pringsewu dari PDI Perjuangan, Ardian Saputra, akan bergabung ke Partai NasDem.

Ardian Saputra merupakan anak mantan Bupati Lampung Utara, Zainal Abidin, yang beberapa waktu kemarin sempat menyambangi Herman HN di Kantor DPW Nasdem Lampung. Kader muda tersebut berlabuh ke Partai NasDem karena melihat semangat Herman HN meninggalkan PDI Perjuangan dan menjadi Ketua DPW Nasdem Lampung.

"Sudah lama kenal Pak Herman dan Bunda Eva karena sama-sama di PDI Perjuangan, ada ikatan batin dengan Pak Herman. Kalau keluar dari PDI Perjuangan sudah dari 2018 lalu," ucapnya.

3. Kabar penantian struktur kepengurusan DPW

Eks Bupati Tanggamus Dikabarkan ke NasDem, Ketua DPW: Belum FinalKetua DPW Partai NasDem Lampung, Herman HN menegaskan SK Struktur Kepengurusan masih di DPP. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Disinggung terkait struktur kepengurusan Partai NasDem di bawah pimpinannya, Herman mengatakan, Surat Keputusan (SK) Kepengurusan DPW Lampung belum dikeluarkan oleh DPP karena Surya Paloh sebagai Ketua Umum NasDem masih berada di luar negeri.

"Pak kKetum lagi di luar negeri, dari akhir November sampai sekarang, mungkin sebentar lagi," tandasnya singkat.

Baca Juga: Herman HN Tegaskan SK Kepengurusan DPW NasDem Lampung Masih di DPP

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya