Buruan! Tiket Kereta Libur Nataru Tanjungkarang-Kertapati Mulai Dijual

Status Tanjungkarang sediakan 42.120 tempat duduk

Bandar Lampung, IDN Times - PT KAI Divre IV Tanjungkarang menyediakan sebanyak 42.120 tempat duduk perjalanan kereta api selama periode angkutan masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024. Pemesanan tiket sudah bisa dipesan para pengguna perjalanan kereta api mulai 6 November 2023 lalu.

Manager Humas Divre IV Tanjungkarang, Azhar Zaki Assjari mengatakan, pihaknya telah menetapkan periode angkutan Nataru kali ini mulai dari tanggal keberangkatan 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024. Sistem penjualan tiket dapat dibeli melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, dan seluruh channel resmi pemesanan tiket KA (kereta api).

"Kami berpesan seluruh pelanggan agar teliti dalam menginput tanggal, rute dan memasukan data diri pada saat melakukan pemesanan. Rencanakan perjalanan sebaik mungkin, termasuk estimasi waktu perjalanan menuju ke stasiun agar tidak tertinggal kereta api," ujarnya kepada IDN Times, Kamis (30/11/2023).

Baca Juga: Sambut Nataru 2024, Bandara Radin Inten II Sediakan 3.080 Slot Time

1. Sediakan keberangkatan 2.340 tempat duduk per hari

Buruan! Tiket Kereta Libur Nataru Tanjungkarang-Kertapati Mulai DijualKabag Humas KAI Divre IV Tanjungkarang, Azhar Zaki Assjari saat diwawancarai awak media. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Dalam pelaksanaan pada masa angkutan Nataru 2023/2024, Zaki menjelaskan, Divre IV Tanjungkarang terdapat dua KA dengan enam perjalanan reguler beroperasi dalam sehari. Adapun rata-rata kapasitas tempat duduk disediakan berjumlah 2.340 per hari.

"Secara keseluruhan KA yang beroperasi selama masa angkutan Nataru 2023/2024 sebanyak 108 KA, dengan total 42.120 tempat duduk," imbuh dia.

Zaki mengatakan, puluhan ribu tempat duduk itu terbagi dari KA Rajabasa sebanyak 19.080 tempat duduk rute Tanjungkarang-Kertapati (PP) dan KA Kuala Stabas terdapat 23.040 tempat duduk rute Tanjungkarang-Baturaja (PP).

“Pemesanan tiket H-45 pada periode Nataru 2023/2024 hanya berlaku untuk pembelian KA Rajabasa, dengan rute Stasiun Tanjungkarang-Kertapati (PP) saja. Sedangkan untuk tiket KA Kuala Stabas rute Stasiun Tanjungkarang-Baturaja (PP) baru dapat dipesan H-7 sebelum tanggal keberangkatan," tambahnya.

2. Penjualan tiket KA Rajabasa 22-26 Desember habis terjual

Buruan! Tiket Kereta Libur Nataru Tanjungkarang-Kertapati Mulai DijualKereta KA Kuala Stabas Tanjungkarang - Kertapati. (IDN Times/Istimewa).

Seiring kebijakan tersebut, Zaki melanjutkan, pembelian tiket KA Kuala Stabas keberangkatan 21 Desember 2023 di periode awal Nataru 2023/2024 baru, itu baru bisa dipesan pada 14 Desember 2023 mendatang.

Oleh karenanya, sejauh ini terdapat tanggal-tanggal favorit mulai dipesan untuk penjualan tiket KA Rajabasa dan sudah banyak dibeli masyarakat dari Stasiun Tanjungkarang menuju Stasiun Kertapati, untuk KA Rajabasa mulai 22-26 Desember sudah habis terjual.

"Sisa tiket terpantau menipis pada 2 Januari 2024 dengan penjualan sudah mencapai 519 tiket atau terjual 98 persen dari jumlah tempat duduk tersedia," imbuh dia.

Lebih lanjut pada 27 Desember 2023, sisa tiket juga mulai menipis dengan angka penjualan sebanyak 498 tiket atau terjual 94 persen dari jumlah ketersediaan tempat duduk. “Untuk arah sebaliknya, dari Stasiun Kertapati menuju Stasiun Tanjungkarang, tiket sudah habis pada tanggal-tanggal keberangkatan tertentu," lanjut Zaki.

3. Beri layanan pembelian tiket Go Show

Buruan! Tiket Kereta Libur Nataru Tanjungkarang-Kertapati Mulai DijualSituasi Stasiun Tanjungkarang (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Zaki menambahkan, bagi masyarakat ingin bepergian dengan kereta api dapat memilih alternatif tanggal lain, atau mencoba peruntungan dengan melakukan pembelian tiket di loket stasiun atau Go Show dapat dilakukan H-2 sebelum waktu keberangkatan KA.

"Ini kebijakan kami, sebagai langkah terakhir memburu tiket kereta api libur Nataru 2023/2024 di Divre IV Tanjungkarang yang saat ini banyak diincar warga Lampung,” sarannya.

Selain memberikan kemudahan pemesanan bagi masyarakat ingin bepergian dengan kereta api pada masa Nataru 2023/2024, ia menyebut, KAI Divre IV Tanjungkarang juga memberikan kemudahan apabila ada masyarakat ingin melakukan pembatalan tiket.

“Cukup dengan aplikasi Access by KAI, masyarakat dapat dengan mudah membatalkan atau mengubah jadwal perjalanan kereta api tanpa harus datang langsung ke Stasiun. Pembatalan dan reschedule atau mengubah jadwal perjalanan kereta api dapat dilakukan maksimal 3 jam sebelum keberangkatan," ucapnya.

4. Bagikan tumbler gratis bentuk dukungan kampanye ramah lingkungan

Buruan! Tiket Kereta Libur Nataru Tanjungkarang-Kertapati Mulai Dijualilustrasi tumbler(freepik.com/lifeforstock)

Selama masa Nataru 2023/2024, Zaki turut menyampaikan, Divre IV Tanjungkarang juga akan mengadakan program khusus. Itu sebagai dukungan mengampanyekan gerakan ramah lingkungan, dengan membagikan hadiah kepada pelanggan KA beruntung berupa tumbler.

“Hadiah tumbler kami pilih, agar pelanggan KA dapat memanfaatkan water station tersedia di Stasiun Tanjungkarang dan Stasiun Baturaja. Hal tersebut sebagai upaya mengurangi sampah plastik dari botol minum kemasan," katanya.

Selain program tersebut, sebagai komitmen bersama jajaran Divre IV Tanjungkarang juga akan mendirikan Posko Nataru 2023/2024, hingga para pegawai tidak diperbolehkan cuti dan seluruh jajaran Divre IV Tanjungkarang akan turun langsung memastikan seluruh aspek perjalanan kereta api berjalan dengan lancar. "Ini sebagai upaya kami menghadirkan layanan KA di Divre IV Tanjungkarang yang nyaman, aman, dan selamat,“ tandas Zaki.

Baca Juga: FTI EXPO, Ajang Promosi Inovasi dari Mahasiswa FTI ITERA

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya