Bendungan Way Sekampung Pringsewu Ternyata Multifungsi

Diharapkan bisa panen setahun tiga kali

Pringsewu, IDN Times - Presiden RI Joko 'Jokowi' Widodo meresmikan Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu. Itu saat melakukan kunjungan kerja (kunker) di Provinsi Lampung, Kamis (2/9/2021). Usai diresmikan, bendungan telah dibangun sejak 2016 dengan biaya memakan biaya Rp1,78 triliun tersebut dinyatakan siap digunakan.

"Alhamdulillah, hari ini kita bisa meresmikan Bendungan Way Sekampung sudah siap difungsikan. Bismillahirrahmanirrahim bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung sore hari ini saya nyatakan dibuka dan diresmikan," ujar Jokowi. 

Baca Juga: Jelang Jokowi Tiba di SMAN 2, Wanita 'Curhat' jadi Korban Asuransi  

1. Bendungan memiliki multifungsi sebagai irigasi hingga pengendalian banjir

Bendungan Way Sekampung Pringsewu Ternyata MultifungsiPresiden RI Jokowi resmikan Bandungan Way Sekampung (tangkap layar youtube/sekretariat presiden)

Jokowi menjelaskan, Bendungan Way Sekampung memiliki kapasitas tampung 8 juta meter kubik dengan luas genangan 800 hektar. Menurut dia, bendungan ini multi fungsi mampu menjadi irigasi, air baku, pembangkit listrik, dan pengendalian banjir.

"Bendungan mampu mengairi 50.500 hektar daerah irigasi adjusting dan 17.500 hektar daerah irigasi baru. Artinya, ini ada ekstensifikasi dan menyediakan air baku hingga 2,737 liter per detik, dan sebagai sumber pembangkit listrik 5,4 mega watt, serta pengendalian banjir," terangnya.

Dengan manajemen air dari hulu ke hilir sistem kaskade Way Sekampung, maka diharapkan ketersediaan air di salah satu daerah lumbung pangan nasional ini dapat terpenuhi. "Kita harapkan dapat dijaga continuitasnya untuk meningkatkan produksinya," sambung Presiden.

2. Diharapkan mampu meningkatkan produktivitas tanaman pertanian

Bendungan Way Sekampung Pringsewu Ternyata MultifungsiPresiden RI Jokowi resmikan Bandungan Way Sekampung (tangkap layar youtube/sekretariat presiden)

Atas difungsikannya bendungan ini, Jokowi juga berharap intensitas tanam di Provinsi Lampung terus dapat ditingkatkan. Itu agar panen raya dari semula dua kali menjadi tiga kali dalam setahun.

"Artinya produksi dipastikan akan meningkatkan. Kita harapkan kesejahteraan petani bisa ikut meningkat. Ini harapan kita," jelasnya.

Menurut Jokowi, bendungan ini akan berfungsi dengan optimal untuk mendukung produktivitas pertanian di Sai Bumi Ruwa Jurai.

"Ini juga harus dapat disambung dengan irigasi tertata secara baik. Mulai dari saluran irigasi primer, sekunder, dan tresier, hingga quarter," jelas dia. 

3. Berikan manfaat bagi banyak masyarakat

Bendungan Way Sekampung Pringsewu Ternyata MultifungsiPresiden RI Jokowi resmikan Bandungan Way Sekampung (tangkap layar youtube/sekretariat presiden)

Tak lupa, mantan Gubernur DKI Jakarta ini ikut meminta kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Bupati Pringsewu Sujadi, serta bupati terkait lainnya. Itu untuk betul-betul memperhatikan perihal pefungsian Bendungan Way Sekampung.

"Kita berharap bendungan ini memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat pada Kabupaten Pringsewu dan sekitarnya, dalam rangka mendukung produktivitas pertanian," kata Jokowi.

Lebih lanjut, ia pun meminta ini bisa membantu masyarakat kesulitan air bersih. "Bendungan ini juga dibuat untuk mengurangi kerugian masyarakat akibat bencana banjir," tandasnya.

Baca Juga: Fakta Unik Bendungan Way Sekampung Pringsewu Diresmikan Jokowi

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya