Begini Evakuasi 4 Jasad Korban Pembunuhan Dikubur di Septic Tank

Proses evakuasi memakan waktu hampir 3 jam di Way Kanan

Way Kanan, IDN Times - Temuan jasad satu anggota keluarga ditanam dalam septic tank di halaman belakang rumah warga Kampung Marga Jaya, Kecamatan Negara Batin, Kabupaten Way Kanan berhasil dievakuasi. Proses evakuasi berlangsung hampir 3 jam tepat sejak pukul 15.00-17.40 WIB, Kamis (6/10/2022).

Kasatreskrim Polres Way Kanan, AKP Andre Try Putra mengatakan, proses pengangkatan keempat jenazah keluarga Zainudin menjadi korban kasus tindak pidana pembunuhan tersebut, dilakukan Tim Inafis Polres Way Kanan dan Dokkes Polda Lampung, serta dibantu masyarakat sekitar.

"Jenazah sudah berbentuk tengkorak dan tulang belulang, kemudian dimasukan kedalam kantong jenazah," ujarnya kepada IDN Times, Jumat (7/10/2022).

Baca Juga: 4 Mayat dalam Septic Tank di Way Kanan Korban Pembunuhan Anak Kandung

1. Tengkorak keempat jasad dimasukan dalam 1 kantong jenazah

Begini Evakuasi 4 Jasad Korban Pembunuhan Dikubur di Septic TankProses evakuasi jenazah para korban pembunuhan satu keluarga di Way Kanan. (IDN Times/Istimewa)

Andre melanjutkan, keempat jenazah dikubur pelaku Erwinda ke dalam septic tank masing-masing yaitu Zainudin ayah kandung Erwinda, Siti Romlah (ibu tiri), Wawan Wahyudin (kakak kandung), bocah wanita usia 6 tahun inisial Z (keponakan sekaligus anak Wawan).

Pengangkatan evakuasi jasad dilakukan dengan cara menguras air dari dalam sumur telah difungsikan tempat pembuangan kotoran. Kemudian tengkorak, serta tulang belulang keempat korban diangkat ke atas dan dimasukan ke dalam 1 kantong jenazah.

"Evakuasi berjalan lancar, kendala hanya dikarenakan memang tempat septic tank terdapat air hingga harus dikuras terlebih dahulu," ungkap Kasatreskrim.

2. Jasad adik tiri dikubur di kebun singkong turut dievakuasi

Begini Evakuasi 4 Jasad Korban Pembunuhan Dikubur di Septic TankIlustrasi pemakaman. (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Dalam proses evakuasi tersebut, Andre melanjutkan tim sebelumnya juga telah mengevakuasi korban pembunuhan satu keluarga pelaku Erwinda di lain peristiwa yaitu, Juwanda, adik tiri pelaku yang dibunuh dengan cara leher dipukul menggunakan besi sepanjang 1,5 meter, tatkala tengah terlelap tidur di dalam kamar rumah, Kamis (24/2/2022).

Jasad Juwanda telah dikubur pelaku Erwinda dan sang anak Diki tersebut, dievakuasi tim di perkebunan singkong tak jauh dari lokasi septic tank tempat pembuangan keempat anggota keluarga lainnya.

"Kondisi jenazah korban JW sama, sudah berbentuk tengkorak dan tulang belulang. Hanya tinggal pakaiannya saja tersisa, kemudian juga kita dimasukan dalam kantong jenazah," ungkap Kasatreskrim.

3. Proses autopsi dilakukan di RS Bhayangkara Polda Lampung

Begini Evakuasi 4 Jasad Korban Pembunuhan Dikubur di Septic TankPeristiwa pembunuhan satu anggota keluarga ditemukan tertanam di dalam septic tank di Way Kanan. (IDN Times/Istimewa)

Lebih lanjut Andre mengungkapkan, jenazah kelima korban pembunuhan tersebut telah dibawa tim ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Lampung, Kota Bandar Lampung menggunakan mobil ambulans didampingi petugas kepolisian.

"Ya, kemungkinan hari ini akan dimulai dilakukan proses autopsi terlebih dahulu oleh tim," tandas dia.

Baca Juga: Kronologi Pembunuhan Satu Keluarga di Way Kanan, Dipicu Warisan!

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya