5 Jam Diperiksa, Kadiskes Lampung Dicecar Pertanyaan Anggaran 2021

Polisi sebut pemanggilan sebatas undangan

Bandar Lampung, IDN Times - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Lampung menegaskan kedatangan Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Lampung, Reihana untuk memenuhi undangan menjawab pertanyaan seputar alokasi anggaran 2021 dinas setempat.

Reihana diketahui sempat memenuhi panggilan Ditreskrimsus Polda Lampung dan menjalani pemeriksaan di ruang Unit IV Subdit 3 Tipikor selama 6 jam tepatnya mulai dari sekitar pukul 13.00 hingga 18.00 WIB. Pemeriksaan itu turut didampingi dua penasihat hukumnya, Ahmad Handoko dan Yopi Hendro.

"Belum bisa kita jelaskan spesifik (dugaan anggaran COVID-19), tapi yang jelas kita fokus pada semua anggaran di Dinas Kesehatan Lampung untuk 2021," ujarnya saat dimintai keterangan, Selasa (26/7/2022).

Baca Juga: Polda Lampung Tangkap 2 Selebgram Endorse Judi Online, Upah Fantastis

1. Polisi telah periksa 21 orang

5 Jam Diperiksa, Kadiskes Lampung Dicecar Pertanyaan Anggaran 2021Kadiskes Provinsi Lampung Reihana diduga usai menjalani pemeriksaan di Ditreskrimsus Polda Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Lebih lanjut Arie mengungkapkan, pemanggilan Reihana ke Mapolda Lampung masih sebatas pemenuhan panggilan atas undangan interview atau wawancara dan belum masuk dalam tahap proses hukum.

"Belum penyelidikan atau proses hukum, masih wawancara. Jadi kita mengundang beliau bukan panggilan seperti pemeriksaan," katanya.

Meski demikian, pihaknya mengaku telah memeriksa sebanyak 21 orang atas dugaan penyelewengan anggaran Dinas Kesehatan Provinsi Lampung tersebut. "Kalau nantinya terindikasi ada dugaan korupsi, ya jelas kasus kami lanjutkan tahap penyelidikan," sambung Arie.

2. Pemeriksaan melibatkan pihak terlibat anggaran dinas

5 Jam Diperiksa, Kadiskes Lampung Dicecar Pertanyaan Anggaran 2021Ilustrasi anggaran (ladypinem.com)

Dari total ke-21 orang diperiksa tersebut, Arie melanjutkan, mereka tergabung dari beberapa unsur. Bukan hanya dari dinas di kabupaten/kota, melainkan semua pihak berkaitan dengan alokasi penganggaran di Dinkes Provinsi Lampung.

"Untuk saat ini semuanya, semua yang jelas nanti kita filter. Besaran anggaran saya belum dapat sampaikan terlalu detail, tapi yang nanti jelas pasti kami ungkap," tegas dia.

Selain itu, tidak menutup kemungkinan Kadiskes Reihana bakal dipanggil atau diundang ulang ke Mapolda Lampung. "Kita analisa dulu, masih perlu dipelajari. Jadi konteksnya ini kita mengundang ya, bukan melakukan pemanggilan," tekannya lagi.

3. Kadiskes Lampung 2 kali diundang Polda

5 Jam Diperiksa, Kadiskes Lampung Dicecar Pertanyaan Anggaran 2021Kadiskes Provinsi Lampung Reihana diduga usai menjalani pemeriksaan di Ditreskrimsus Polda Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Reihana diketahui telah memenuhi undangan Subdit 3 Tipikor Ditreskrimsus untuk menyambangi Polda Lampung sebanyak 2 kali. Itu tepatnya saat 22 dan 25 Juli 2022 kemarin.

Usai menjalani undangan kedua selama 5 jam, Reihana memilih bungkam dan mengacuhkan pertanyaan para awak media, seraya terus berjalan menuruni lantai 3 ruang pemeriksaan Unit IV Subdit 3 Tipikor Ditreskrimsus Polda Lampung. Penisehat Hukum Reihana, Ahmad Handoko menegaskan kedatangan sang klien sebatas memenuhi undangan petugas kepolisian.

"Ini adalah sifatnya undangan, jadi sifatnya global untuk klarifikasi saja. Saya sampaikan tadi ini belum pro justitia, sehingga belum bisa disampaikan spesifiknya seperti apa," tandas dia.

Baca Juga: Kadiskes Lampung Diperiksa di Mapolda, Kuasa Hukum: Sifatnya Undangan

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya