Pertashop Jadi Peluang Usaha bagi Mitra Pertamina di Pesisir Barat

melayani kebutuhan BBM, LPG, dan pelumas

Bandar Lampung, IDN Times -PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) Sumbagsel sosialisasikan rencana pelaksanaan Program Langit Biru (PLB), Pertashop serta diskusi terkait kebutuhan BBM nelayan bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat Provinsi Lampung.

Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II, Umar Ibnu Hasan mengungkapkan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk  sinergi antara Pertamina Sumbagsel dengan Pemkab Pesisir Barat.

Baca Juga: ASN Mesuji Dilarang Gunakan Elpiji 3 Kg, Pertamina Beri Program Khusus

1. Lembaga penyalur skala kecil

Pertashop Jadi Peluang Usaha bagi Mitra Pertamina di Pesisir BaratIlustrasi penyaluran BBM melalui Pertashop. Dok. Pertamina MOR IV

Menurut Umar, program Pertashop merupakan lembaga penyalur Pertamina dengan skala kecil untuk melayani kebutuhan BBM, LPG dan juga pelumas yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur Pertamina lain.

"Ini menjadi peluang usaha bagi mitra Pertamina. Dimana program ini tempat isi ulang bahan bakar dengan areal minimalis," kata Umar.

Pihaknya mengatakan, Pertamina akan terus berupaya memperluas pendirian Pertashop dan pelaksanaan Program Langit Biru.

"Jalinan komunikasi dan kerjasama yang baik ini sangat penting agar kegiatan operasional perusahaan di wilayah Pesisir Barat Provinsi Lampung ini bisa berjalan lancar dan sukses," ungkapnya.

2. Sudah ada dua titik pertashop di Pesisir Barat

Pertashop Jadi Peluang Usaha bagi Mitra Pertamina di Pesisir BaratOperator Pertashop menyapa pengendara sepeda motor yang hendak mengisi BBM. IDN Times/Debbie Sutrisno

Umar menjelaskan, Pertashop sangat didukung oleh Pemkab untuk menggerakkan ekonomi desa dan memudahkan masyarakat mendapat BBM berkualitas dan ramah lingkungan dengan standar kualitas dan harga Pertamina.

Saat ini, lanjut Umar, ada dua titik pertashop sudah beroperasi di wilayah Pesisir Barat Bandar Lampung, Desa Penyandingan Kecamatan Bengkunat dan Desa Muara Tembulih Kecamatan Ngambur.

“Pertamina berkomitmen untuk memeratakan penyediaan energi terutama BBM dan LPG hingga ke pelosok daerah," terangnya.

Pihaknya berharap adanya kerjasama yang baik antara Pertamina dan Pemerintah Daerah serta masyarakat agar program langit biru hingga penyaluran BBM melalui Pertashop ini berjalan optimal.

3. Mengendalikan pencemaran udara

Pertashop Jadi Peluang Usaha bagi Mitra Pertamina di Pesisir BaratANTARA FOTO/Rony Muharrman

Diketahui Program Langit Biru merupakan program pemerintah untuk mengendalikan pencemaran udara terutama yang bersumber dari kendaraan dengan tujuan meningkatkan kualitas udara bersih dengan mengurangi emisi gas buang melalui edukasi dan mengajak masyarakat merasakan pengalaman manfaat menggunakan BBM berkualitas dan ramah lingkungan.

Sebab itu Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal, mendukung itu untuk kualitas udara yang lebih baik dan mengedukasi masyarakat untuk menggunakan BBM berkualitas dan ramah lingkungan.

Baca Juga: Hore! 7 Pertashop Segera Beroperasi di Tulangbawang Barat

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya