Comscore Tracker

Jelang HUT Lampung ke-57, Ini Sederet Kuliner Khas Menggoda Lidah

Udah pada tahu belum kuliner khas Lampung? #LokalIDN

Bandar Lampung, IDN Times - Berbicara kuliner daerah, Provinsi Lampung memiliki sederet kuliner khas yang menggugah selera. Sebut saja sambal seruwit atau gulai taboh iwa tapa yang paling digemari masyarakat Lampung mau pun luar daerah.

Sementara untuk oleh-oleh khasnya lidah kamu pasti sudah sangat akrab dengan keripik pisang khas Lampung.

Nah menjelang hari ulang tahun Provinsi Lampung ke-57 pada 18 Maret besok, IDN Times akan mengulas beragam makanan khas Lampung yang wajib kamu coba.

1. Makanan wajib yang proses pembuatannya lama

Jelang HUT Lampung ke-57, Ini Sederet Kuliner Khas Menggoda LidahProses pengasapan ikan (IDN Times/Istimewa)

Menu yang satu ini bisa dibilang cukup unik dan digemari masyarakat lokal maupun luar daerah lho. Selain itu gulai taboh iwa tapa merupakan makanan wajib di setiap acara adat masyarakat Lampung.

Taboh berarti santan, dan Iwa artinya ikan. Jadi Gulai Taboh merupakan olahan makanan ikan yang bersantan. Bahan baku utamanya ikan nila utuh yang diasap sekitar lima sampai enam jam. Untuk ukuran ikannya, setiap porsinya sengaja dipilah minimal seberat dua ons besarnya.

Kemudian, setelah diasap selama 5-6 jam baru dimasak bersama santan kelapa. Proses memasak yang cukup lama inilah sehingga tercetus nama iwa tapa. Atau ikan yang bertapa. Cita rasanya gurih pedas dengan aroma wangi ikan asap yang menggugah selera makan.

2. Nikmatnya perpaduan sambal seruit dengan ikan bakar

Jelang HUT Lampung ke-57, Ini Sederet Kuliner Khas Menggoda Lidahwww.lampost.co

Menu yang tak kalah populer di kalangan masyarakat Lampung adalah sambal seruit yang dicampur dengan ikan dan lalapan. Ciri khasnya menggunakan terasi bakar khas Lampung yang aromanya sangat menggugah selera. Atau bisa juga menggunakan sambal mangga atau tempoyak (olahan durian).

Untuk jenis ikan bergantung dengan selera masing-masing. Tapi biasanya masyarakat Lampung mencampurnya dengan ikan dari sungai. Seperti ikan gabus, layis yang di bakar.

Tradisi makan seruit ini disebut nyeruit atau makan bersama-sama dengan hidangan seruit lengkap. Ada lalapan terong, petai atau rebusan daun singkong yang melengkapi hidangan seruit.

Baca Juga: Jelang HUT 57 Tahun Lampung, Sudah Tahu Bupati Termuda Belum? 

3. Segarnya minuman khas Lampung serbet kweni

Jelang HUT Lampung ke-57, Ini Sederet Kuliner Khas Menggoda LidahIDN Times/Istimewa

Untuk melegakan tenggorokan setelah makan, ada lagi nih minuman khas Lampung yang dibuat dari campuran potongan mangga kweni, biji selasih dan gula aren.

Mangga yang biasa digunakan untuk campuran sambal mangga ini, beraroma wangi. Rasanya yang dominan manis dan sedikit asam ditambah gula aren membuat minuman ini terasa begitu manis dan segar.

4. Aroma lapis legit bikin ngiler

Jelang HUT Lampung ke-57, Ini Sederet Kuliner Khas Menggoda LidahIDN Times/Istimewa

Sekarang kita beralih ke oleh-oleh khas Lampung yang memiliki cita rasa manis dan gurih. Mengingat masyarakat Lampung memang menyukai makanan yang manis-manis.

Lapis legit merupakan jajanan khas yang hanya ditemukan saat acara-acara besar saja. Seperti pada saat hari raya lebaran sudah pasti ada di setiap rumah. Jadi begitu makan rasanya menjadi bangik nihan kalau kata orang Lampung artinya enak sekali.

Lapis legit merupakan kue warisan zaman kolonial dan masih terus dilestarikan hingga saat ini. Ciri khas utama pada kue ini adalah baunya yang sangat harum.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue ini pun terbilang eksklusif. Sebab itu kalau dijual harganya pun cukup mahal. Biasanya satu loyang di banderol dengan harga Rp250ribu sampai Rp300 ribu.

5. Renyahnya keripik pisang Lampung

Jelang HUT Lampung ke-57, Ini Sederet Kuliner Khas Menggoda Lidahinstagram.com/keripikpisangyenyen

Lampung identik dengan buah pisang. Jadi jangan heran kalau banyak olahan kuliner yang terbuat dari bahan dasar pisang.

Yang paling terkenal tentu saja keripik pisang yang di oven dan memiliki beragam varian rasa. Ada rasa cokelat, keju, greentea dan lain-lain. Cita rasanya renyah, gurih dan rasa manis asli dari pisang.

Kamu bisa mendapatkan keripik pisang ini di centra keripik Lampung. Berlokasi di Gang PU, Kedaton Bandar Lampung. Harganya mulai dari Rp13 ribu per pcs. Lokasi lainnya di pusat oleh-oleh Aneka Sari Rasa Jalan Ikan Kakap Nomor 26 dan 28, Teluk Betung, Kecamatan Telukbetung Selatan, Kota Bandar Lampung.

6. Oleh-oleh khas Lampung modern

Jelang HUT Lampung ke-57, Ini Sederet Kuliner Khas Menggoda Lidahinstagram

Selain dibuat keripik Lampung juga memiliki kuliner khas modern yaitu pie pisang. Tekstur pie pisang ini terbilang unik. Kalau biasanya pie berbentuk bulat, yang satu ini menyerupai bentuk pisang sehingga tak hanya sekadar rasa saja tapi bentuknya pun memang persis seperti pisang.

Selain itu, pie pisang merupakan inovasi kuliner yang benar-benar baru karena sebelumnya belum ada bentuk serta rasa yang menyerupai panganan yang satu ini, di Lampung maupun nasional.

Dulu, pelopor pie pisang adalah pemilik Toko Kue Yussy Akmal, yaitu Yusi Asifaurini Akmal. Namun saat ini kamu bisa menemukan kuliner ini di setiap toko oleh-oleh Lampung dengan harga yang bervariasi.

Biasanya, satu kotak berisi 5 pie pisang. Soal harga, mulai Rp45 ribu tergantung ukuran dan varian rasa. Ada ragam varian pie seperti cokelat, keju, almod raisin, dan oreo. Ada juga opsi kamu juga bisa membeli satuan loh, Rp5 ribu untuk pie pisang mini dan Rp9 ribu untuk pie pisang ukuran besar.

Baca Juga: Jelang 57 Tahun Provinsi Lampung, Yuk Mengenal Kain Tradisional Tapis

Topic:

  • Silviana
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya