BI Lampung Donasi Laptop dan Perangkat PJJ ke 24 Lembaga Pendidikan

Bantuan laptop, proyektor, layar proyektor, modem dan kuota

Bandar Lampung, IDN Times - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Lampung memberikan bantuan kepada 24 lembaga pendidikan di Provinsi Lampung. Rinciannya, enam universitas, empat sekolah dasar,  enam SMP/MTS, dan delapan SMA.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Budiharto Setyawan, mengatakan, bantuan yang digulirkan melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI). Bantuan terdiri dari laptop, proyektor, layar proyektor, modem internet, dan kuota internet. 

"Pelaksanaan PSBI Tahun 2020 diarahkan untuk berkontribusi nyata melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat dan peningkatan SDM unggul dalam rangka mendukung stabilitas ekonomi Indonesia," ujarnya, Kamis (17/12/2020). 

1. Agar kegiatan belajar mengajar optimal

BI Lampung Donasi Laptop dan Perangkat PJJ ke 24 Lembaga PendidikanSumber Gambar: istimewa

Budiharto menjelaskan, pihaknya berinisiatif menggulirkan bantuan lantaran pandemik COVID-19 mengubah budaya baru khususnya dunia pendidikan. Pembelajaran jarak jauh secara daring merupakan konsekuensi logis yang harus diterapkan di lembaga pendidikan.

Penerapan PJJ itu membutuhkan perangkat digital yang memadai untuk mendukung tetap berlangsungnya kegiatan belajar-mengajar dengan optimal. Tenaga pendidik dan siswa/mahasiswa diharuskan mampu membangun kapabilitas digital sejak dini yang tentunya perlu didukung oleh sarana dan prasarana digital yang mendukung PJJ. 

"Kami berharap seluruh bantuan ini dapat memberikan manfaat dalam pemecahan permasalahan sosial masyarakat. Termasuk dalam ruang lingkup pendidikan guna mendukung terciptanya SDM unggul di masyarakat di tengah masih meluasnya pandemi COVID-19 di Indonesia," papar Budiharto. 

2. Penyerahan simbolis kepada salah satu universitas

BI Lampung Donasi Laptop dan Perangkat PJJ ke 24 Lembaga PendidikanKepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Budiharto Setyawan (IDN Times/Istimewa)

Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya salah satu penerima Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa laptop dan perangkat lainnya mendukung PJJ. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Budiharto kepada Wakil Rektor 3 IIB Darmajaya, Muprihan Thaib, di lantai II Gedung BI Perwakilan Lampung. 

Wakil Rektor 3 IIB Darmajaya, Muprihan Thaib mengapresiasi bantuan Bank Indonesia. “Bantuan ini juga sangat membantu institusi pendidikan dalam penyelenggaraan pembelajaran daring,” katanya.

Bank Indonesia, lanjut dia, sebagai jangkar dalam stabilitas ekonomi nasional juga memiliki peran penting dalam situasi pandemi. “Kami sebagai lembaga pendidikan yang menjadi mitra strategis dalam melahirkan generasi penerus bangsa sangat mendukung langkah-langkah dan program yang dijalankan oleh Bank Indonesia dalam menstabilkan maupun meningkatkan perekonomian bangsa,” bebernya.

Muprihan berharap kepedulian dari Bank Indonesia ini juga tidak berhenti sampai saat ini. “Ke depan juga lembaga pendidikan dapat bersinergi dengan program-program yang ada di Bank Indonesia,” katanya.

3. Rangkaian program PSBI

BI Lampung Donasi Laptop dan Perangkat PJJ ke 24 Lembaga PendidikanANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Budiharto menyampaikan, PSBI melaksanakan kegiatan edukasi dan peningkatan kualitas pendidikan masyarakat guna mendorong pengembangan SDM unggul melalui Program Peningkatan Kapasitas SDM dan Pemahaman Publik.

Program ini terdiri dari Program Beasiswa Bank Indonesia, Program Pengembangan Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI), Program Indonesia Cerdas (BI Corner dan Pojok Baca & Dongeng), dan Program Komunikasi Kebijakan Edukasi Publik. 

Baca Juga: Bank Indonesia Nilai Pasar Ekspor UMKM Lampung Hadapi Tantangan

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya