Comscore Tracker

Selalu Diingat, Bandar Lampung Kota Kelahiran Ibu Tjahjo Kumolo

Menpan RB: Pelayanan Publik tak boleh pilih-pilih melayani

Bandar Lampung, IDN Times - Merupakan kota kelahiran sang ibunda, Bandar Lampung menjadi kota yang paling diingat oleh Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo.

Hal itu disampaikan oleh Tjahjo Kumolo saat menghadiri acara peletakan batu pertama pembangunan mall pelayanan publik Kota Bandar Lampung di Kantor Pemkot Setempat, Jumat (27/5/2022).

“Saya memang belum pernah tinggal di Bandar Lampung. Tapi kota ini adalah kota yang saya ingat karena Bandar Lampung adalah kota kelahiran Ibu saya,” kata Tjahjo Kumolo.

1. Meski dilahirkan di Kota Tapis Berseri, ibu Tjahjo Kumolo besar di Yogyakarta

Selalu Diingat, Bandar Lampung Kota Kelahiran Ibu Tjahjo KumoloEkscavator pembangunan Mal Pelayanan Publik Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Tjahjo Kumolo juga menceritakan secara singkat, sang Ibunda dilahirkan di Bandar Lampung namun besar dan sekolah di Yogyakarta. Sedangkan sang ayah lahir di Jepara tapi besar di Surakarta.

“Kalau saya lahir di Surakarta besar di Semarang dan Jakarta. Jadi di kota kenang-kenangan kelahiran ibu saya ini saya senang bisa datang kesini,” ujarnya.

2. Mal pelayanan publik sudah dicanangkan sejak pemerintahan Wali Kota Herman HN

Selalu Diingat, Bandar Lampung Kota Kelahiran Ibu Tjahjo KumoloMenpan RB Tjahjo Kumolo dan forkopimda Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Tjahjo merasa terhormat bisa bertandang ke Bandar Lampung dan meletakkan batu pertama untuk Mal Pelayanan Publik Bandar Lampung.

Diketahui, Mal Pelayanan Publik Bandar Lampung sudah dicanangkan sejak pemerintahan Wali Kota Herman HN periode 2015-2020. Namun realisasinya baru terlaksana ketika istrinya, Eva Dwiana menjabat wali kota setelahnya.

Mal pelayanan publik ini direncanakan dibangun sebanyak 10 lantai. Di dalam 10 lantai ini, nantinya seluruh pelayanan publik di Bandar Lampung seperti pelayanan pembuatan dokumen kependudukan, SIM, passport, pelayanan perpajakan, kejaksaan, dan lainnya.

3. Bisa lebih meningkatkan kualitas layanan publik

Selalu Diingat, Bandar Lampung Kota Kelahiran Ibu Tjahjo KumoloMenpan RB, Tjahjo Kumolo. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Ia menyampaikan, peran utama pemerintah adalah memang harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat salah satunya dalam mengurus dokumen kependudukan secara mudah.

“Saya kira seluruh kepala daerah, seluruh pejabat pemerintahan baik pusat sampai di kelurahan dan desa harus memberikan pelayanan yang terbaik untuk kepentingan masyarakat,” katanya.

Tjahjo juga berharap, tak hanya membangun gedungnya saja, pemerintah daerah dalam hal ini Pemerintah Kota Bandar Lampung juga bisa lebih meningkatkan kualitas layanan publik.

4. Tak boleh pilih-pilih melayani

Selalu Diingat, Bandar Lampung Kota Kelahiran Ibu Tjahjo KumoloGedung Satap Pemkot Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Ia juga mengimbau agar dalam proses pembuatan dokumen atau perizinan dapat mengintegrasi seluruh masalah-masalah dalam masyarakat.

“Misalnya dalam melayani jangan mendahulukan karena di TNI atau apapun itu jabatannya. Seperti di rumah sakit juga itu harus utamakan layani dulu, jangan ditanya sakitnya apa atau uangnya ada atau tidak,” ujar Tjahjo.

Selain itu ia berharap dalam pelayanan publik baik di Kota Bandar Lampung maupun di Indonesia tidak ada lagi pungutan liar.

Baca Juga: Program Pertama APEKSI 2022, Youth City Changer akan Diresmikan

Topic:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya