Dukcapil Terima hingga 200 Pengajuan Pindah KK per Hari, Jelang PPDB?

Banyak kasus manipulasi data hardfile KK siswa

Bandar Lampung, IDN Times - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandar Lampung, Febriana mengatakan sebanyak 150-200 pengajuan pindah KK ada setiap harinya. Baik itu permintaan pindah untuk masuk maupun keluar dari Kota Bandar Lampung.

Bahkan jika digabungkan dengan permintaan perubahan data KK di Bandar Lampung mencapai 500 KK per hari. Meski demikian, Febri mengatakan pihaknya tidak mengetahui secara pasti alasan kepindahan KK tersebut.

“Karena kita memang tidak tanyakan itu. Selagi persyaratannya lengkap, prosedur dan mekanismenya sesuai ya kita proses pemindahannya,” katanya singkat, Kamis (8/6/2023).

1. Syarat pindah KK anak usia di bawah 17 tahun berbeda dengan warga usia dewasa

Dukcapil Terima hingga 200 Pengajuan Pindah KK per Hari, Jelang PPDB?Ilustrasi siswa SMA. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Mendekati Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), fenomena perpindahan KK acap kali terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Pindah KK ini dilakukan agar siswa baru tersebut bisa masuk ke sekolah favoritnya melalui sistem zonasi.

Menanggapi hal ini, Febri mengatakan disdukcapil kota selama ini hanya mengurus perpindahan KK yang memenuhi syarat saja.

“Kalau perpindahan KK anak usia di bawah 17 tahun itu syarat paling penting harus ada izin dari kepala keluarga KK asal dan izin dari kepala keluarga KK tujuan. Jadi harus ada dua KK,” jelasnya.

Selain melampirkan KK asal dan KK tujuan, perpindahan KK anak usia di bawah 17 tahun juga wajib melampirkan surat persetujuan juga dari dua pihak. Satu surat persetujuan untuk melepas dan satu surat persetujuan menerima.

Baca Juga: Fakta Unik Lampung Craft 2023, Banyak Inovasi Unik Kerajinan Lampung

2. Permintaan pindah KK paling banyak untuk masuk ke Kota Bandar Lampung

Dukcapil Terima hingga 200 Pengajuan Pindah KK per Hari, Jelang PPDB?Kadisdukcapil Kota Bandar Lampung, Febriana. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Febri memaparkan, perpindahan KK di Bandar Lampung beragam macamnya. Ada perpindahan antar provinsi, antar kabupaten/kota, sampai antar kecamatan.

Namun dari sekian banyak kepengurusan dokumen pindah KK, Febri menyebutkan disdukcapil paling banyak menerima permintaan pindah KK untuk masuk ke Kota Bandar Lampung.

“Kita tidak mengurus dokumen berdasarkan ini itu, kita hanya melihat persyaratan pindahnya saja. Mengenai boleh atau tidak (pindah KK untuk urusan mengejar sekolah favorit) itu bukan wewenang kami. Selagi mekanisme dan prosedurnya sesuai ya kita proses,” katanya.

3. Banyak kasus manipulasi data hardfile KK siswa sehingga tidak cocok dengan sistem dukcapil

Dukcapil Terima hingga 200 Pengajuan Pindah KK per Hari, Jelang PPDB?VIVO Y30

Selain itu ia juga mengakan dalam proses PPDB, MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) tingkat SMP dan SMA selalu melibatkan disdukcapil untuk mengkroscek syarat kependudukan calon siswa baru.

“Data kependudukan yang dikumpulkan kan biasanya KK. Ini kita cek data printnya ini apakah cocok dengan sistem atau tidak. Karena kadang ada saja pemalsuan atau manipulasi data printnya sehingga tidak sesuai dengan yang ada di sistem kita,” ujarnya.

Maka hanya disdukcapil saja yang bisa menentukan valid atau tidaknya data yang dikumpulkan oleh calon siswa baru. Termasuk juga untuk melihat periode siswa terdaftar dalam KK tersebut.

4. Sekurang-kurangnya siswa wajib terdaftar di KK selama satu tahun

Dukcapil Terima hingga 200 Pengajuan Pindah KK per Hari, Jelang PPDB?Ilustrasi Kartu Keluarga. (Pinterest)

Terkait fenomena tersebut, Kepala Seksi Kelembagaan Disdik Bandar Lampung, Mulyadi Sukri menyampaikan, syarat pendaftarannya calon siswa baru tahun ini juga bisa dilihat melalui KK nya. Maka jika siswa terdaftar di KK tersebut kurang dari 1 tahun secara otomatis tak lolos sistem zonasi.

“Kalau itu kan, PPDB saat ini belum jalan ya jadi belum terlihat. Kalau dalam juklak juknisnya itu minimal siswa itu harus terdaftar di KK (yang diajukan ke sekolah) satu tahun. Jadi kalau PPDB Juni 2023 maka paling tidak dia ada di KK sejak Juni 2022,” katanya.

Ia juga menyampaikan untuk tahun lalu tidak ada fenomena seperti ini di PPDB 2022 Bandar Lampung khususnya di sekolah negeri. Itu dikarenakan peraturan sekolah swasta disesuaikan oleh sekolah masing-masing.

Baca Juga: PNS Lampung Utara Ditangkap, Utang Belasan Juta ke Anggota TNI 

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya