Comscore Tracker

Sekap Sopir Ekspedisi 8 Hari Tanpa Status Jelas, Kapolsek TKB Dicopot

Kapolda Lampung copot jabatan kapolsek Tanjung Karang Barat

Bandar Lampung, IDN Times - Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno mencopot jabatan Kapolsek Tanjungkarang Barat Kompol David Jeckson Sianipar, Kanit serta beberapa anggota. Personel kepolisian itu dicopot dari jabatannya terkait dugaan terlibat penyekapan sopir ekspedisi selama 8 hari.

“Sesuai instruksi Kapolri, kita tidak akan main-main dan akan menindak tegas anggota yang diduga tidak profesional menjalankan tugas. Kapolsek langsung saya copot, dan mereka di proses Propam Polda Lampung,” kata Hendro, Sabtu (15/1/2022).

Ia menambahkan, telah memerintahkan jajarannya untuk memeriksa oknum  si 'bos' diduga melibatkan anggota Polri terkait dugaan penyekapan sopir ekspedisi.

Baca Juga: Kunjungi Polda Lampung, Kapolri: Dengarkan yang Diinginkan Masyarakat 

1. Sopir mengadukan kasus ke LBH Bandar Lampung

Sekap Sopir Ekspedisi 8 Hari Tanpa Status Jelas, Kapolsek TKB Dicopot

Hendro mengatakan, apabila personel kepolisian terbukti melakukan kesalahan prosedur penanganan perkara, pasti akan ada tindakan tegas secara internal dan secara pidana umum jika memang melanggar ketentuan pidana lainnya. Pasalnya, Polri seharusnya melayani masyarakat, dan terus menerapkan Polri yang presisi.

Diketahui, seorang sopir ekpesdisi bernama Arsiman sempat diamankan di Mapolsek Tanjungkarang Barat. Sopir itu dikurung di ruang Kanit Reskrim selama 8 hari terhitung 4-12 Januari 2022, tanpa ada status yang jelas dari pihak kepolisian.

Arsiman, kemudian mencari keadilan dengan mengadukan hal tersebut, pada YLBHI LBH Bandar Lampung. Jenderal bintang dua ini juga mengapresiasi laporan dari masyarakat terkait kasus tersebut. "Terima kasih atas respons masyarakat yang berani mengadukan ulah tidak profesional anggota kami itu,” kata Kapolda.

2. Kasus tunggu hasil pemeriksaan Propam

Sekap Sopir Ekspedisi 8 Hari Tanpa Status Jelas, Kapolsek TKB DicopotIlustrasi. ANTARA FOTO/Jojon

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad membenarkan kejadian tersebut, “Kami menerima laporan dari masyarakat terkait kejadian yang di alami saudara Arsiman, saat ini Kapolsek Tanjung Karang Barat, kanit reskrim dan anggotanya sedang dalam pemeriksaan Bid Propam Polda Lampung,” kata Pandra sapaan akrabnya.

Terkait benar atau tidaknya kejadian dialami sang sopir dan pelanggaran prosedur personel Polri imbuh Pandra masih menunggu hasil pemeriksaan Propam. “Kami mohon pihak keluarga saudara Arsiman dan pengacaranya untuk bersabar, secepatnya akan kami laksanakan press conference terkait hasil dari penyelidikan Bid Propam Polda Lampung,” katanya.

Mantan Kapolres Meranti ini juga mengucapkan terima kasih pada masyarakat, yang telah melaporkan kejadian tersebut, “Sebagaimana komitmen dari bapak Kapolda Lampung, beliau tidak akan mentolerir perbuatan anggotanya, jika terbukti bersalah. Serahkan semua permasalahan ini sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tegasnya. 

3. Kompol Sandy Galih Putra jabat Kapolsek Tanjung Karang Barat

Sekap Sopir Ekspedisi 8 Hari Tanpa Status Jelas, Kapolsek TKB DicopotDok. IDN Times/bt

Pasca Kompol David Jeckson Sianipar dicopot sebagai Kapolsek, Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno keluarkan Telegram mutasi Nomor ST/29/I/KEP/2022 tertanggal 14 Januari 2022. Kapolsek Tanjungkarang Barat kini dijabat Kompol Sandy Galih Putra sebelumnya menjabat Kanit I Subdit 4 Ditreskrimsus Polda Lampung.

Sementara Kompol David Jeckson Sianipar, ditempatkan sebagai Pamen Ditsamapta Polda Lampung dalam rangka evaluasi jabatan. “Ya kita copot, dan segera kita isi penggantinya agar tidak terjadi kekosongan pimpinan,” kata Kapolda.

Kapolda mengingatkan agar personel POlri bertugas profesional, dan mengemban fungsi pelindung, pelayan dan pengaman masyarakat. “Kita sudah ingatkan melanggar berarti sangsi, berprestasi maka reward, sebagai motivasi,” kata Hendro.

Baca Juga: Telan Anggaran Rp10 Miliar Tulangbawang Barat Kini Miliki Polres

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya