Pemprov Lampung Usulkan 20 Nama Divaksin Perdana 14-15 Januari

Usulan 20 nama penerima vaksin dari berbagai kalangan

Bandar Lampung, IDN Times – Presiden Joko “Jokowi” Widodo dijadwalkan divaksin COVID-19 perdana pada 13 Januari 2021. Merujuk hal itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung sudah berancang mengusulkan hingga 20 nama pejabat bakal divaksin perdana di daerah setempat.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana kepada awak media usai mengikuti video conference dengan menteri dalam negeri, menteri kesehatan, dan ketua satgas COVID-19 pusat, Selasa (5/1/2021).

“Setelah bapak presiden (divaksin), di seluruh Indonesia termasuk Lampung akan vaksinasi perdana 14-15 Januari 2021,” jelas pejabat yang juga juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Lampung ini.

Baca Juga: 40.520 Vaksin Sinovac Tiba di Lampung, Masih Proses Izin Edar BPOM

1. Usulan 20 nama penerima vaksin dari berbagai kalangan

Pemprov Lampung Usulkan 20 Nama Divaksin Perdana 14-15 JanuariPetugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020) (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Reihana menerangkan, 20 nama yang diusulkan sebagai penerima vaksin perdana di Provinsi Lampung akan disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri paling lambat 11 Januari mendatang. Dari 20 nama yang diusulkan di antaranya, kepala dinas kesehatan, direktur rumah sakit rujukan COVID-19, tokoh agama, ketua DPRD dan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompinda).

“Prosesnya jika nama-nama sudah diusulkan untuk divaksin pertama, kami konsultasikan kepada Gubernur Arinal sekaligus ketua satgas. Jika disetujui, langsung diajukan ke pusat,” urainya.

2. Vaksinasi tingkat provinsi digelar di posko satgas COVID-19

Pemprov Lampung Usulkan 20 Nama Divaksin Perdana 14-15 JanuariIlustrasi. Kandidat vaksin COVID-19. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Provinsi Lampung, Irwan Sipar Marpaung, menyatakan, sudah melakukan berbagai persiapan pelaksanaan vaksinasi di Lampung. Merujuk jadwal dari pusat, peresmian perdana vaksinasi COVID-19 13 Januari lalu dilanjutkan di daerah 14-15 Januari.

“Yang dua hari ini (14-15 Januari ini) skala Provinsi Lampung. Sedangkan di kabupaten/kota, masih menunggu informasi selanjutnya, tapi usulan nama-nama (akan divaksinasi) sudah ada,” jelasnya.

Irwan menambahkan, pelaksanaan vaksin 14-15 Januari digelar di posko COVID-19 komplek perkantoran Pemprov Lampung. Dijadwalkan gubernur dan wakil gubernur, ketua DPRD dan unsur Forkompinda bakal divaksin terlebih dahulu.

3. Sebanyak 39.707 nakes sudah daftar online untuk divaksin

Pemprov Lampung Usulkan 20 Nama Divaksin Perdana 14-15 JanuariKepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana. (IDN Times/Martin L Tobing)

Sebanyak 20 tenaga kesehatan perwakilan dokter, bidan, dan perawat mengikuti Training of Trainer (ToT) perdana di Balai Pelatihan dan Kesehatan Dinkes Provinsi Lampung vaksin COVID-19. Pelatihan serupa secara berjenjang bakal diikuti nakes lainnya di 15 kabupaten/kota di Lampung.

Kadiskes Provinsi Lampung, Reihana, menjelaskan, 24.800 vaksinator mengikuti pelatihan vaksinasi secara daring, Selasa (5/1/2021). Selain itu tercatat, 39.707 nakes sudah mendaftar online untuk menerima vaksinasi COVID-19 tahap pertama.

“Dari 39.707 nakes orang tenaga kesehatan yang mendaftar ini, masih akan dilakukan verifikasi ulang untuk menerima vaksin. Tujuannya, melihat adakah kormobid dan kondisi kesehatan yang dimiliki oleh tenaga kesehatan tersebut," jelasnya.

Terkait pelaksanaan vaksinasi bagi nakes, Reihana menyatakan, menunggu instruksi dari pemerintah pusat. Selain itu menunggu izin darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM untik pelaksanaan vaksinasi," katanya.

Baca Juga: Siap-siap, 35.829 Nakes di Lampung Segera Divaksin COVID-19

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya