Pasien Positif COVID-19 Lampung Terus Bertambah, Tiga dari Lamsel

Hasil tracing dari pasien positif lainnya

Bandar Lampung, IDN Times - Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Lampung menyampaikan, pasien positif di Lampung berjumlah 219 orang per Kamis (16/7/2020). Itu karena ada penambahan empat kasus konfirmasi positif baru.

"Hari ini (Kamis) kita ada penambahan pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19, dimana tiga orang dari Kabupaten Lampung Selatan dan satu lainnya dari Kota Bandar Lampung," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Non Teknis, Achmad Chrisna Putra seperti dilansir dari Antara.

1. Tiga pasien positif dari Lampung Selatan

Pasien Positif COVID-19 Lampung Terus Bertambah, Tiga dari Lamselinstagram.com/ilovelampung

Chrisna menjelaskan, pasien terkonfirmasi positif nomor 216 usia 57 tahun dan 217 usia 27 tahun keduanya berjenis kelamin perempuan. Mereka berasal dari Lampung Selatan (Lamsel). Konfirmasi positif diperoleh dari hasil penelusuran (tracing) pasien ke-205. Satu warga Lampung Selatan lainnya yakni pasien 218, seorang laki-laki berusia 54 tahun didapatkan saat pasien melakukan pemeriksaan tes cepat (rapid test) guna keperluan perjalanan.

"Beliau memiliki riwayat perjalanan dari Padang, Provinsi Sumatera Barat. Saat yang bersangkutan memeriksakan diri untuk di rapid test sebagai syarat perjalanan hasilnya reaktif dan dilakukan swab yang hasil konfirmasinya positif pada Rabu (15/7)," jelas Chrisna.

Satu pasien positif lainnya merupakan warga Kota Bandar Lampung, pasien nomor 219 yakni seorang wanita (41). Yang bersangkutan terkonfirmasi positif pada, Rabu (15/7). "Jadi pasien ini pada Rabu (8/7) datang ke rumah sakit swasta dengan keluhan, demam dan paru, setelah di lakukan rontgen hasilnya mengarah ke pneumonia, sehingga saran dokter di sana dilakukan swab dan hasilnya positif," jelasnya.

Baca Juga: Bayi Usia 1 Bulan Asal Bandar Lampung Positif COVID-19

2. Nihil pasien sembuh

Pasien Positif COVID-19 Lampung Terus Bertambah, Tiga dari Lamselilustrasi. Pasien sembuh dari COVID-19 ( ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Non Teknis, Achmad Chrisna Putra menyampaikan, tidak ada penambahan pasien sembuh COVID-19 di Lampung, Kamis (16/7/2020). Merujuk hal itu, jumlah untuk pasien sembuh masih tetap 169 orang.

Saat ini, dari total 219 kasus positif COVID-19, sebanyak 169 orang telah dinyatakan sembuh, 38 pasien masih dalam perawatan dan 12 lainnya meninggal dunia.

3. PDP Lampung sebanyak 191 orang

Pasien Positif COVID-19 Lampung Terus Bertambah, Tiga dari LamselIlustrasi pasien COVID-19. ANTARA FOTO/Ampelsa

Pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19 di Provinsi Lampung saat ini berjumlah 191 orang. Dari total tersebut, menyisakan dua pasien masih dalam perawatan dan 154 orang hasil swabnya negatif, serta 35 di antaranya meninggal dunia.

"Untuk orang dalam pemantauan (ODP) hingga kini berjumlah 3.724 dimana yang sudah selesai dipantau selama 14 hari sebanyak 3.650, kemudian 10 orang meninggal dunia dan 64 lainnya masih dalam pemantauan," kata Chrisna.

Baca Juga: Dinkes Lampung: Dua Bocah Sembuh dari COVID-19

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya