Comscore Tracker

Melongok Ketatnya Protokol Kesehatan Tes SKB CPNS 2019 Pemprov Lampung

Peserta melalui banyak tahapan jelang masuk ke ruang ujian

Bandar Lampung, IDN Times – Sebanyak 1.075 peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) formasi Provinsi Lampung. Tes itu digelar 16-17 September 2020.

Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung, Yurnalis, menjelaskan, gelaran tes di Institut Teknologi Sumatera (Itera) diikuti 858 peserta. Selain itu, sebanyak 217 peserta mengikuti tes di luar Provinsi Lampung di masing-masing kantor wilayah BKN regional tempat domisili peserta.

Ia menambahkan, peserta yang mengikuti tes di Itera dan juga luar Provinsi Lampung, wajib mengikuti protokol kesehatan secara ketat sesuai surat Nomor 17/SE/VII/2020 tentang Prosedur CAT BKN. Itu terkait pandemik COVID-19 masih terjadi.

1. Ada fasilitas ruang isolasi di Itera

Melongok Ketatnya Protokol Kesehatan Tes SKB CPNS 2019 Pemprov LampungPeserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2019 formasi Provinsi Lampung mengikuti berbagai tahapan protokol kesehatan sebelum mengikuti ujian di Gedung Laboratorium Institut Teknologi Sumatera (Itera), Rabu (16/9/2020). (IDN Times/Martin L Tobing).

Peserta SKB CPNS 2019 formasi Provinsi Lampung sebelumnya sudah menjalani karantina selama 14 hari. Khusus peserta mengikuti tes di Itera, harus melalui berbagai prosedur protokol kesehatan ketat yang ditentukan.

Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung, Yurnalis, mengatakan, peserta yang masuk ke area luar gedung tes sebelumnya diperiksa suhu tubuh, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, dan wajib mengenakan masker bedah. Jelang pelaksanaan tes saat peserta masuk ke dalam gedung kembali diperiksa suhu tubuh.

“Tes di lantai dua gedung lab Itera. Saat masuk ke dalam peserta dipanggil satu persatu. Apabila ada peserta terpantau suhunya di atas 37,5 derajat (Celcius), maka diminta masuk ke ruang isolasi dan akan diperiksa secara intens sebelum diizinkan ikut tes secara terpisah,” paparnya, Rabu (16/9/2020).

Di ruang isolasi juga ada fasilitas pengukur suhu tubuh, detak jantung, tensi meter, tim medis, hingga mobil ambulans disiapkan di luar gedung lokasi tes. Apabila tim kesehatan merekomendasikan peserta tidak dapat mengikuti tes, peserta diberikan kesempatan mengikuti seleksi pada sesi cadangan satu hari setelah jadwal akhir seleksi.

2. Setiap sesi di ruangan tes hanya diikuti 75 peserta

Melongok Ketatnya Protokol Kesehatan Tes SKB CPNS 2019 Pemprov LampungSuasana jelang ujian SKB CPNS 2019 formasi Provinsi Lampung, Rabu (16/9/2020). (IDN Times/Martin L Tobing)

Yurnalis menerangkan, di dalam gedung peserta hanya membawa kartu ujian, pensil, dan KTP serta tidak diperkenankan memakai jam tangan. Sebelum masuk ke ruang transit, petugas memeriksa peserta menggunakan peralatan detector.

Peserta tes SKB yang menunggu di ruang transit mendapat informasi dari petugas untuk bersiap masuk ke ruang tes. Saat masuk ke ruang tes, peserta berbaris rapi dan ada marka di lantai gedung menjaga jarak satu meter.

“Setiap sesi ada 150 peserta, tes gunakan dua ruangan. Masing-masing ruangan ada 75 peserta yang jarak antar komputer dan kursi peserta menerapkan protokol kesehatan,” jelas Yurnalis.

Lebih lanjut disampaikannya, selama dua hari tes SKB, per harinya dibagi tiga sesi. Rinciannya, pukul 06.30-10.00 WIB; 09.30-13.00 WIB; dan 12.30-16.00 WIB. Pada sesi satu pelaksanaan tes, Rabu (16/9/2020), tercatat empat peserta tidak mengikuti tes. Sesi kedua tiga peserta dan sesi ketiga dua peserta.

"Kami belum mengetahui alasan 9 peserta dari tiga sesi hari pertama ini tidak hadir. Mereka juga tidak menyampaikan ke kami," ujar Yurnalis. 

Baca Juga: Peserta SKB CPNS 2019 Pemkot Balam Wajib Isolasi Mandiri 14 Hari

3. Tahapan selanjutnya pengolahan hasil SKD dan SKB

Melongok Ketatnya Protokol Kesehatan Tes SKB CPNS 2019 Pemprov LampungPeserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2019 formasi Provinsi Lampung mengikuti berbagai tahapan protokol kesehatan sebelum mengikuti ujian di Gedung Laboratorium Institut Teknologi Sumatera (Itera), Rabu (16/9/2020). (IDN Times/Martin L Tobing).

Usai pelaksanaan SKB CPNS 2019, ada tahapan selanjutnya. Rinciannya, Pengolahan Hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan SKB pada 8-18 Oktober 2020), Rekon integrasi Hasil SKD dan SKB (19-23 Oktober 2020), Penyampaian Hasil Seleksi (26-28 Oktober 2020), Pengumuman Hasil Seleksi (30 Oktober 2020). Jadwal lainnya Usul Penetapan NIP (1-30 November 2020).

“Ini merujuk jadwal yang ditetapkan BKN (Badan Kepegawaian Negara). Mudah-mudahan jadwalnya sesuai dan tidak mundur. Setelah tes ini (SKB) tinggal menunggu pengumuman hasil dari BKN," kata Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung, Yurnalis.

Ia menambahkan, CPNS 2019 formasi Provinsi Lampung akan menerima 435 pegawai terdiri dari tenaga pendidikan, tenaga teknis, dan umum. Peserta yang lulus tes tentunya telah memenuhi persyaratan khususnya dari sistem perangkingan.

“60 persen (nilai) SKB dan 40 persen SKD. Ditotal nilainya dan dirangking. Jadi gak ada lagi sesi wawancara. Ini semua kewenangan BKN melalui situs resmi (peserta lulus),” ujar Yurnalis.

4. Materi tes 100 soal disusun instansi pembina jabatan fungsional

Melongok Ketatnya Protokol Kesehatan Tes SKB CPNS 2019 Pemprov LampungPeserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2019 formasi Provinsi Lampung mengikuti berbagai tahapan protokol kesehatan sebelum mengikuti ujian di Gedung Laboratorium Institut Teknologi Sumatera (Itera), Rabu (16/9/2020). (IDN Times/Martin L Tobing).

Peserta SKD CPNS 2019 formasi Provinsi Lampung mengikuti tes menggunakan metode Computer Assisted Test Badan Kepegawaian Negara (CAT BKN). Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) telah memberikan Materi Pokok Soal SKB CAT untuk jabatan fungsional. Materi itu disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional.

Sedangkan untuk jabatan pelaksana yang bersifat teknis digunakan soal SKB yang bersesuaian (masih satu rumpun) dengan jabatan fungsional terkait. Itu sesuai yang tercantum pada Permenpan Nomor 23 Tahun 2019 mengenai Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019.

5. Peserta mengaku ada beberapa soal sulit dikerjakan

Melongok Ketatnya Protokol Kesehatan Tes SKB CPNS 2019 Pemprov LampungPeserta SKB CPNS Provinsi Lampung, Meji Wintara Bintang diwawancarai awak media usai mengikuti tes, Rabu (16/9/2020). (IDN TImes/Martin L Tobing).

Ada 100 soal pilihan ganda yang wajib dikerjakan para peserta. Usai mengikuti tes SKB sesi pertama, beberapa peserta menyampaikan pengalamannya.

Peserta SKB CPNS Provinsi Lampung, Meji Wintara Bintang, menerangkan, tes dilaluinya berjalan lancar. Dari 100 soal pilihan ganda, ia mengklaim 50 persen soal dijawab benar.

Di sisi lain ia tak menampik, ada beberapa soal sulit untuk dipilih jawaban pasti. Misalnya, soal kesehatan secara umum.

"Soal-soalnya banyak dibidang medis dan kesehatan, yang sulit itu soal kesehatan umum. Saya ambil formasi jabatan Pelaksana/Terampil Perawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Moeloek Provinsi Lampung," ujar  pria kelahiran Negara Agung, 30 Mei 1993 ini.

Meji berharap, usai mengikuti tes SKB dapat meraih impiannya diterima sebagai CPNS. “Ikhtiar sudah, formasi saya pilih ini membutuhkan 30 orang, insyallah mohon doanya mendapatkan rezeki terbaik," katanya.

Peserta lainnya, Rivaldi menambahkan, dari 100 soal meyakini sekitar 65 persen sampai 70 persen dijawab benar. "Memang ada soal sulit karena belum berpengalaman dalam mengerjakan proyek. Misalnya soal pengadaan barang," kata  peserta yang mengambil formasi pengelolaan sarana dan prasaran di Pemerintah Provinsi Lampung ini.

Baca Juga: Cerita Tiga Mahasiswa Itera Ciptakan Alat Pemanen Energi Hybrid

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya