Comscore Tracker

Lampung Terima 150 ribu Lembar Masker Medis dari Gerakan Pentahelix

Sasar masyarakat paling rentan tertular virus

Bandar Lampung, IDN Times – Pemerintah Provinsi Lampung tetap meminta masyarakat disiplin menggunakan masker dan menjalankan disiplin protokol kesehatan yang ketat. Itu terkait vaksinasi tahap satu telah rampung dan segera masuk tahap dua.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Provinsi Lampung Chusnunia Chalim menghadiri Distribusi 5 Juta Masker Medis. Kegiatan bertajuk Gerakan Pentahelix itu diinisiasi Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor), Aice Group dan Kantor Staf Presiden (KSP) di Pendopo Kediaman Wakil Gubernur, Bandar Lampung, Jumat (5/3/2021).

  “Vaksinasi tahap satu yang sukses perlu disyukuri. Vaksinasi memang diperlukan sekali untuk memutus rantai penularan. Tapi vaksin bukanlah hal mutlak satu-satunya dalam menghindari penularan. Masker medis yang didistribusikan GP Ansor dan Aice Group kami apresiasi. Langkah ini sangat membantu edukasi ke warga yang rentan tertular COVID-19,” kata perempuan akrab disapa Nunik ini dalam pernyataan tertulis.

1. Didistribusikan ke masyarakat paling rentan tertular virus

Lampung Terima 150 ribu Lembar Masker Medis dari Gerakan PentahelixGerakan Pentahelix mendistribusikan sebanyak 150 ribu lembar masker medis ke Provinsi Lampung, Jumat (5/3/2021). (IDN Times/Istimewa).

Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Lampung, Hidir Ibrahim, menjelaskan, Bandar Lampung menjadi kota ke-18 disinggahi oleh GP Ansor, KSP dan Aice Group. Sebanyak 150 ribu lembar masker medis didistribusikan melalui kegiatan kemanusiaan ini.

 “Gerakan GP Ansor ini menghimpun kekuatan komunikasi dan edukasi para tokoh masyarakat. Kami tidak akan jalan sendiri. Gerakan 5 Juta Masker melibatkan unsur pemerintahan, akademisi, swasta, dan kalangan jurnalis. Mudah-mudahan kerja sama seluruh anak bangsa ini akan menjadikan 2021 menjadi tahun terakhir pandemi Indonesia. Amin,” kata Hidir.

Hidir menambahkan, GP Ansor Lampung akan memfokuskan 150 ribu masker medis ini untuk memperkuat pertahanan diri masyarakat paling rentan tertular virus. Profesi penggali kubur, petugas sampah, pedagang kaki lima, ojek Online, santri, guru, dan kyai menjadi beberapa kalangan yang termasuk rentan tertular.

2. Sebanyak 15 Juta masker medis lain juga didistribusikan melalui 250 ribu UMKM

Lampung Terima 150 ribu Lembar Masker Medis dari Gerakan PentahelixWarga berdiri di dekat maneken yang dipasangkan masker di Pasar Pramuka, Matraman, Jakarta Timur, Jumat (28/2/2020). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Brand Manager Aice Group, Sylvana,  berharap masyarakat Lampung dapat terus menjaga perbaikan kondisi pandemik di wilayahnya. Itu melalui mengintegrasikan kebijakan pemerintah daerah dengan partisipasi para pemangku kepentingan.

Ia menjelaskan, pihaknya menyadari partisipasi semua pihak menjadi kunci penting melawan virus berbahaya ini. Ia mencontohkan bahwa jejaring warung yang menjual es krim Aice juga ikut berpartisipasi dalam gerakan “Masker Medis untuk Indonesia Maju” ini.

Sekitar 250 ribu warung dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) pemasar Aice di seluruh Indonesia ikut membagikan masker medis bernama SHIELD-Aice ini. Aice Group juga membagikan 15 juta masker medis lainnya lewat ratusan ribu UMKM tersebut.

Baca Juga: Cerita Dosen Itera Bikin Masker Organik Berbahan Beras dan Daun Kelor

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya