Kapolri Pimpin Sertijab, Kapolda Lampung Diberi Tugas Khusus

Kapolri sampaikan beberapa pesan kepada pejabat baru

Bandar Lampung, IDN Times - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menggelar upacara serah terima jabatan (Sertijab) dan kenaikan pangkat perwira tinggi (pati) dan beberapa Kapolda. Sertijab itu satu di antaranya Kapolda Lampung sebelumnya dijabat Irjen Pol Purwadi Arianto, kini diemban Irjen Pol Hendro Sugiatno.

Upacara dilakukan di Rupatama Mabes Polri, Kamis, (4/3/2021). Sebanyak 19 pati Polri melakukan serah terima jabatan dan mendapatkan kenaikan pangkat.

Kapolri menyampaikan beberapa pesan kepada pejabat baru yang dilantik khusus kapolda. Pesan itu terkait pandemik COVID-19 yang terjadi di Indonesia.

"Pejabat baru agar melaksanakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) mikro bagi yang masuk dalam 7 Polda. Sedangkan yang lain melaksanakan kegiatan imbangan," kata Listyo.

1. Kapolri minta jajaran antisipasi varian baru COVID-19

Kapolri Pimpin Sertijab, Kapolda Lampung Diberi Tugas KhususKapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menggelar upacara serah terima jabatan (Sertijab) dan kenaikan pangkat perwira tinggi (pati) dan beberapa Kapolda, Kamis (4/3/20210. (IDN Times/Istimewa).

Kapolri menyatakan, munculnya varian COVID-19 baru yang sangat cepat penyebarannya meminta jajaran Polri untuk mengantisipasi. Jenderal bintang empat itu juga meminta jajarannya untuk cepat melakukan 3T yaitu testing, tracing dan treatment.

"Pastikan anggotanya agar melaksanakannya dengan baik. Berikan reward bagi anggota yang telah melakukan zona merah menjadi zona hijau," kata Listyo.

Mantan Kapolda Banten ini menambahkan, koordinasi penanganan COVID-19 dengan unsur forkopimda juga sangat penting dilakukan agar kasusnya dapat menurun. Ia juga meminta agar jajarannya selalu mengawal program vaksinasi nasional yang saat ini sedang berlangsung.

Baca Juga: Profil Kapolda Lampung Irjen Hendro Sugiatno, Setahun 2 Kali Naik Pangkat

2. Jajaran Polri diminta bantu pemerintah kawal PEN

Kapolri Pimpin Sertijab, Kapolda Lampung Diberi Tugas KhususInfografis Stimulus Ekonomi Indonesia selama Pandemik COVID-19 (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain program penanganan COVID-19, Kapolri memerintahkan jajarannya membantu pemerintah mengawal program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang terdampak pandemi.

"Laksanakan, pengawasan dan pendampingan program dari pemerintah seperti UMKM. Proyek padat karya oleh pemerintah pusat maupun daerah berikan pendampingan agar dikawal," kata mantan Kabareskrim ini,

Listyomenjelaskan, anggota Polri diminta mendengar keluhan masyarakat yang berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi dan memberikan solusi agar mempercepat pemulihan ekonomi nasional. "Semoga perkembangan ekonomi bisa kembali normal maka perlu pendampingan dengan baik," katanya.

3. Mafia tanah jadi atensi

Kapolri Pimpin Sertijab, Kapolda Lampung Diberi Tugas Khususharga.web.id

Kapolri juga mengingatkan jajarannya terait penanganan perkara dengan mengedepankan restorativ justice. Tujuannya, agar rasa keadilan dirasakan dan diawasi pelaksanaan agar tidak terjadi penyelewengan.

"Lalu tentang mafia tanah seperti pengembangan perkebunan dan lain-lain mohon jadi perhatian," katanya.

Baca Juga: Kapolri Pimpin Sertijab Kapolda Lampung di Mabes Polri Hari Ini

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya