Fakta Menarik Universitas Bandar Lampung Kamu Perlu Tahu

Kuliah terapkan metode flexy learning lho

Bandar Lampung, IDN Times - Universitas Bandar Lampung (UBL) adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbesar di Provinsi Lampung. UBL berdiri sejak 1984 di bawah naungan Yayasan Administrasi Lampung (YAL)  pada waktu itu diketuai Drs RM Barusman.

YAL adalah sebuah yayasan bergerak bidang pendidikan, yang pada tahun 1972 juga mendirikan Akademi Administrasi Niaga (AAN) Tanjungkarang. Kemudian dalam perkembangan namanya berubah menjadi Akademi Sekertariat dan Manajemen (ASM) Bandar Lampung.

Yuk kita simak sejumlah fakta menarik seputar UBL yang telah IDN Times rangkum.

1. Ragam pilihan program studi

Fakta Menarik Universitas Bandar Lampung Kamu Perlu TahuUniversitas Bandar Lampung. (IDN Times/Istimewa).

UBL memiliki fakultas Strata 1 (S-1) Fakultas Hukum; Ekonomi dan Bisnis; Ilmu Keguruan dan Pendidikan; Ilmu Sosial dan Ilmu Politik; Teknik; dan Ilmu Komputer. Pilihan program studi S-1 di kampus ini yaitu Ilmu Hukum (Akreditasi A); Manajemen (Akreditasi A); Akuntansi (Akreditasi A); Ilmu Administrasi Bisnis (Akreditasi B); Ilmu Administrasi Publik (Akreditasi A); dan Ilmu Komunikasi (Akreditasi B).

Program studi S-1 lainnya  adalah Teknik Sipil (Akreditasi A), Teknik Mesin, (Akreditasi B); Arsitektur (Akreditasi B); Sistem Informasi (Akreditasi B), Informatika (Akreditasi B); dan Pendidikan Bahasa Inggris (Akreditasi B)

Kampus berlokasi di Jalan ZA Pagar Alam, Bandar Lampung ini juga memiliki program Pasca Sarjana (S2). Rinciannya, Magister Manajemen, Magister Hukum, Magister Teknik, dan Magister Ilmu Administrasi

2. Target 10 akademisi raih gelar profesor 2021

Fakta Menarik Universitas Bandar Lampung Kamu Perlu TahuRektor UBL, Prof M Yusuf Sulfarano Barusman. (IDN Times/Istimewa).

UBL hingga saat ini memiliki tiga profesor. Terbaru adalah  Prof Iskandar Ali Alam sebagai guru besar Bidang Ilmu Managemen yang dikukuhkan Agustus 2020 lalu.

"Syukur alhamdulillah kami sudah menerima SK Kemendikbud yang memutuskan Iskandar Ali Alam dinaikkan jabatannya menjadi Profesor Kalau pak Iskandar ini menjadi Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen yang juga merupakan dekan FEB UBL,” terang Rektor UBL, Prof M Yusuf Sulfarano Barusman beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut disampaikanya, saat ini juga ada sekitar 10 orang lagi yang akan menjadi profesor. Ditargetkan 2021 mendatang bisa menjadi profesor.

3. Perkuliahan terapkan metode flexy learning

Fakta Menarik Universitas Bandar Lampung Kamu Perlu Tahupexels.com/@fotios-photos

UBL mengaktifkan perkuliahan metode Flexy Learning selama pandemik ini. Konsepnya adalah membuat keleluasaan bagi mahasiswa dengan metode pembelajaran tatap muka (offline) dalam jaringan (online) dan campuran (hybrid).

Rektor UBL, Prof M Yusuf Sulfarano Barusman, menjelaskan, di tengah wabah virus Corona yang masih melanda ini, pihaknya membuat sejumlah kebijakan agar tetap dapat menyelenggarakan kegiatan pembelajaran, penelitian dan pengabdian serta kegiatan kemahasiswaan.

“Kami juga terus mensosialisasikan cara pencegahan penyebaran dan penularan virus Covid-19 bagi warga kampus baik di lingkungan kampus maupun di rumah. Kami Mengajak semua kalangan untuk beradaptasi dengan situasi baru ini, karena kita tidak dapat menghentikan semua aktifitas kegiatan pendidikan, harus terus berjalan yang tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” ujarnya mengutip penyampaian sambutan Wisuda New Normal pada periode Ganjil tahun akademik 2020/2021 di Gedung Conventional Hall Mahligai Agung Pascasarjana UBL, Rabu (11/22/2020).

Rektor menambahkan, UBL juga memberikan bantuan penggantian pembelian kuota internet bagi mahasiswa, keringanan pembayaran SPP yang dapat dilakukan dengan sistem mengangsur, dispensasi atau penundaan dan keringanan besaran SPP. “Kami juga menyalurkan bantuan pendidikan UKT/SPP dan KIP dari pemerintah pusat serta beasiswa dan bantuan UKT/SPP dari instansi pemerintah maupun swasta,” jelas Yusuf.

4. Buka pendaftaran mahasiswa baru

Fakta Menarik Universitas Bandar Lampung Kamu Perlu TahuThe Wall Street Journal

Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) UBL Tahun 2021 Jalur Reguler Madani telah dibuka. Pendaftaran 16 November 2020-September 2021

Calon mahasiswa bisa datang langsung ke kantor marketing kampus ini sembari membawa persyaratan pendaftaran. Sedangkan mahasiswa yang berada di luar Lampung dapat mengirimkan berkas melalui alamat email pmb@ubl.ac.id

Selain jalur Madani, UBL juga membuka PMB 2021 S1 jalur khusus bertajuk Beasiswa Peduli Anak Bangsa. Itu adalah beasiswa yang diberikan sebagai solusi cerdas bagi lulusan SMA/SMK yang berprestasi bidang akademik maupun nonakademik. Pendaftaran program ini telah dibuka sampai dengan 31 Desember 2020.

5. Raih penghargaan sebagai Universitas Swasta Terbaik Peringkat I

Fakta Menarik Universitas Bandar Lampung Kamu Perlu TahuKepala LLDikti Wilayah II Prof Yuliansyah saat meyerahkan penghargaan Universitas Swasta Terbaik/Peringkat 1 kepada Rektor UBL, Prof M Yusuf S Barusman (kanan) di Novotel, Bandar Lampung (Sabtu 14/11/2020). (IDN Times/Istimewa).

UBL meraih penghargaan sebagai Universitas Swasta Terbaik Peringkat I. Penghargaan itu melalui penilaian aspek kelembagaan dan sumber daya manusia tahun 2020 kelompok universitas dan institut di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah II.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala LLDikti Wilayah II Prof Yuliansyah, kepada Rektor UBL, Prof M Yusuf S Barusman bertepatan kegiatan  Rapat Kerja Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan LLDikti Wilayah II di Hotel Novotel, Bandar Lampung, Sabtu (14/11/2020)

Rektor menjelaskan, pemeringkatan dilakukan dengan penilaian kinerja kelembagaan diantarannya nilai akreditasi institusi dan program studi yang ada. Kemudian kinerja penelitian dan publikasi, kualitas dan kualifikasi dosen, jabatan akademik dosen, kinerja kemahasiswaan dan sebagainya.

"Alhamdulillah UBL kembali dinobatkan sebagai universitas swasta terbaik peringkat 1 di lingkungan LLDikti Wilayah II yang meliputi Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu dan Bangka Belitung. Ini merupakan penghargaan untuk ke dua kalinya setelah pada tahun 2019 UBL juga mendapatkan penghargaan ini,” jelas Yusuf.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya