Cegah COVID-19, Pertamina Imbau Konsumen Transaksi Nontunai Isi BBM

Aplikasi MyPertamina banyak promo menarik

Bandar Lampung, IDN Times – Transaksi nontunai salah satu upaya mencegah penularan COVID-19. Untuk itu, itu PT Pertamina (Persero) terus mendorong serta mengedukasi konsumen agar bertransaksi cashless menggunakan aplikasi MyPertamina.

Upaya sosialisasi itu bahkan mendapat dukungan dari Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi. Dukungan itu saat GM Marketing Operation Region II Sumbagsel, Asep Wicaksono Hadi bersama Sales Area Manager Retail Lampung Bengkulu, Donny Brillianto dan jajaran Sales Branch Manager Lampung menggelar silaturahmi dengan orang nomor satu di Provinsi Lampung ini.

Menurut gubernur, pihaknya akan terus mendukung sosialisasi transaksi nontunai pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM). Harapannya, masyarakat Lampung terbiasa bertransaksi nontunai.

“Karena ini salah satu upaya kita bersama untuk memutus mata rantai penularan virus dengan membiasakan masyarakat mengurangi transaksi menggunakan uang cash yang beredar dari satu tangan ke tangan lain. Peredaran uang tunai itu bebas tidaknya dari percikan droplets tidak diketahui," kata Arinal dalam pernyataan tertulis, Senin (12/10/2020).

1. Dapat poin dan ikut undian berhadiah

Cegah COVID-19, Pertamina Imbau Konsumen Transaksi Nontunai Isi BBMPromo MyPertamina. (IDN Times/Istimewa).

Aplikasi MyPertamina sebagai pembayaran elektronik atau e-payment dapat digunakan dengan mudah. Caranya, cukup melalui scan QR Code pada saat melakukan transaksi pembayaran di Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) atau merchant yang sudah bekerjasama dengan MyPertamina.

GM Marketing Operation Region II Sumbagsel, Asep Wicaksono Hadi, menjelaskan, konsumen yang bertransaksi menggunakan MyPertamina selain mendapatkan poin juga diikutsertakan mengikuti undian. Bahkan, poin yang terkumpul (poin reward) dapat ditukar dengan berbagai hadiah (poin reward).

"Selain itu, kami juga rutin mengadakan promosi setiap bulan. Bahkan mulai Senin 12 Oktober 2020 ada promo hemat 250 rupiah untuk transaksi Pertamax menggunakan aplikasi MyPertamina," jelasnya.

2. Berbagi Berkah MyPertamina ada undian berhadiah mobil Porsche Boxter

Cegah COVID-19, Pertamina Imbau Konsumen Transaksi Nontunai Isi BBMKonsumen melakukan transaksi nontunai menggunakan MyPertamina saat mengisi BBM di SPBU. (IDN Times/Istimewa).

Pertamina  menggulirkan berbagai program promo bagi konsumen yang bertransaksi menggunakan MyPertamina. Satu di antaranya, program Berbagi Berkah MyPertamina yang berlangsung hingga pertengahan November 2020.

GM Marketing Operation Region II Sumbagsel, Asep Wicaksono Hadi, mengatakan, program itu disediakan hadiah total miliaran rupiah. Di antaranya, mobil Porsche Boxter, motor BMW, sepasang paket umrah, sepasang paket wisata Eropa, dan kiloan emas batangan dapat diperoleh konsumen Pertamina hanya mengunduh aplikasi MyPertamina.

“Program Berbagi Berkah MyPertamina sebagi bentuk apresiasi kepada konsumen yang telah setia menggunakan produk subsidi maupun nonsubsidi. Program ini direspons dengan sangat baik oleh konsumen dilihat dari jumlah kupon elektronik yang sudah terkumpul hingga saat ini,” imbuhnya.

Untuk informasi program dan mekanisme lebih lanjut dapat mengakses akun media sosial instagram @mypertamina, situs mypertamina.id, aplikasi MyPertamina, dan Pertamina Call Center 135.

Baca Juga: Hore, Pertamina Beri Promo Beli Pertamax dapat Cashback 30 Persen 

3. Kini 57 SPBU di Lampung sudah terdigitalisasi

Cegah COVID-19, Pertamina Imbau Konsumen Transaksi Nontunai Isi BBMPT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) II Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) telah menuntaskan digitalisasi 225 SPBU. IDN Times/Istimewa)

Selain audiensi terkait awareness dan optimalisasi penggunaan aplikasi MyPertamina ke gubernur Lampung, jajaran manajemen Pertamina menyampaikan program kerja lainnya seperti program Pertashop dan kolaborasi dengan Desamart Pemprov, serta percepatan program digitalisasi SPBU.

PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) II Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) telah menuntaskan digitalisasi 225 SPBU dari 468 SPBU yang ditargetkan pemerintah. Dari total 225 SPBU yang digitalisasi, 57 SPBU di antaranya di Provinsi Lampung.

Region Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel, Dewi Sri Utami, menyampaikan, program digitalisasi SPBU merupakan upaya Pertamina untuk mengoptimalkan layanan kepada konsumen. Tujuannya, memantau ketersediaan, penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan transaksi di SPBU dengan data yang realtime.

Ia menjelaskan, konsep digitalisasi yang diterapkan merekam seluruh data transaksi dan stok SPBU secara akurat pada waktu yang faktual. Setiap nozzle atau selang pengisian BBM ke kendaraan konsumen dibuatkan sesuai sistem sehingga secara langsung dapat memberikan data konsumsi dan penjualan setiap SPBU.

Data tersebut nantinya dapat dipantau melalui sistem yang bisa diakses oleh pemerintah yang berkaitan dengan data dan pengawasan konsumsi BBM seperti Kementerian ESDM, Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan, dan BPH Migas. "Digitalisasi juga akan memberikan kemudahan layanan kepada konsumen, dimana dapat memantau ketersediaan atau stok BBM di suatu SPBU, mengetahui data penjualan jenis BBM dan besaran transaksinya," ujarnya, Jumat (11/9/2020).

4. Ada 11 unit Pertashop beroperasi di Lampung

Cegah COVID-19, Pertamina Imbau Konsumen Transaksi Nontunai Isi BBMPT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region II mencatat, ada 11 unit Pertashop beroperasi di Provinsi Lampung. (IDN Times/Istimewa).

PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region II mencatat, ada 11 unit Pertashop beroperasi di Provinsi Lampung. Pertashop memberikan kemudahan bagi warga pedesaan untuk menjangkau BBM yang kualitas produk dan harganya sama dengan SPBU.

Region Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel, Dewi Sri Utami, menyampaikan, konsumsi 11 Pertashop di Lampung pasca dua bulan beroperasi masing-masing outlet bisa dikisaran 500 liter per hari. Pihaknya akan terus berupaya memonitor  pengoperasian Pertashop, agar kehadirannya dirasakan bermanfaat bagi pengelola maupun masyarakat. 

"Semoga dengan terbangunnya Pertashop memberikan manfaat yang lebih kepada masyarakat pedesaan yang kesulitan menjangkau produk bahan bakar Berkualitas Pertamina," katanya, Rabu (7/10/2020).

Dewi menambahkan, Pertamina terus berinovasi memasarkan produk berkualitas dalam negeri melalui lembaga penyalur dari SPBU hingga Pertashop. Itu sebagai upaya mendorong percepatan One Village One Outlet  yakni satu desa satu outlet penyalur energi.

"Dengan terobosan ini, Pertashop dapat menghadirkan produk produk unggulan Pertamina baik BBM, LPG dan pelumas agar terus dimininati masyarakat dari perkotaan hingga pedesaan,” ujar Dewi.

5. Kejar target pembangunan tujuh titik BBM Satu Harga di Lampung

Cegah COVID-19, Pertamina Imbau Konsumen Transaksi Nontunai Isi BBMPT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region II mengejar target pembangunan 15 titik BBM Satu Harga di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) . (Istimewa/pertamina.com)

PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region II mengejar target pembangunan 15 titik BBM Satu Harga di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) sebagai mandat dari pemerintah terkait program BBM Satu Harga di tahun 2020. Dari target 83 titik BBM Satu Harga secara nasional, 15 titik berada di wilayah Sumbagsel.

Region Manager Communication Relations & CSR Sumbagsel, Dewi Sri Utami, mengatakan, ke 15 lokasi BBM Satu Harga tersebut berada di Provinsi Bengkulu sebanyak tiga titik, Sumatera Selatan sebanyak lima titik, dan di Provinsi Lampung sebanyak tujuh titik. Konsep Program BBM Satu Harga, pihaknya membangun lembaga penyalur resmi di wilayah terpencil untuk dapat menyediakan Premium dan Solar sesuai harga yang diatur oleh pemerintah atau sama dengan yang dinikmati oleh masyarakat di kota besar.

“Pertamina banyak menghadapi tantangan dan risiko, khususnya saat mendistribusikan pasokan BBM ke wilayah-wilayah yang dinilai ekstrem. Untuk mencapainya, moda tansportasi yang digunakan beragam, antara lain darat, laut, hingga udara, agar pasokan energi bisa mencapai lokasi tujuan,” paparnya.

Baca Juga: Pertamina Operasikan Tiga SPBU BBM Satu Harga di Lampung Barat

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya