[BREAKING] Resmi! Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 13 Mei 2021

Informasi hitungan hisab dikonfirmasi petugas Kemenag daerah

Pemerintah resmi menetapkan 1 Syawal 1442 Hijriah yang juga menandakan Hari Raya Idul Fitri 2021 Kamis 13 Juli 2021. Penetapan ini berdasarkan Sidang Isbat dilakukan Kementerian Agama hari ini, Selasa (11/5/2021).

"Informasi hitungan hisab dikonfirmasi petugas Kemenag di daerah, di 88 titik mulai dari Aceh hingga Papua dan dari 88 titik itu tidak ada yang melaporkan melihat hilal. Oleh karena itu berdasarkan hisab di posisi minus dan rukyat hilal tidak terlihat maka penetapan 1 Syawal diistikmalkan sesuai sidang isbat tadi," jelas Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas usai sidang Isbat disiarkan daring hari ini.

Menag mengatakan Sidang Isbat dihadiri oleh perwakilan ormas-ormas Islam dan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Keputusan pemerintah menetapkan 1 Syawal 1442 H pada Kamis, 13 Mei 2021 sama dengan yang sudah ditetapkan dua organisasi Islam besar Indonesia, Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

"Hasil sidang isbat ini mudah-mudahan dapat menjadikan perayaan Idul Fitri secara bersama-sama, menjadikan simbol kebersamaan dan mudah-mudahan menjadi wujud kebersamaan anak bangsa untuk menatap masa depan secara bersama-sama," ujar Yaqut.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya