Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kamu Sulit Sekali Menamatkan Buku sedang Dibaca 

Sudah berapa banyak buku kamu baca?

Membaca buku adalah aktivitas susah-susah gampang. Pasalnya banyak orang yang kesulitan untuk bisa menamatkan buku sedang dibaca.

Awalnya buku tersebut terlihat menarik, namun lama kelamaan akan terasa membosankan. Bukan tanpa alasan, nyatanya tidak bisa membaca habis buku yang sedang dibaca memiliki banyak alasan yang logis.

Berikut merupakan lima alasan paling sesuai saat kamu kesulitan membaca habis bukumu. Yuk, cari tahu apa saja?

1. Banyak distraksi mengganggu fokus

5 Alasan Kenapa Kamu Sulit Sekali Menamatkan Buku sedang Dibaca pexels.com/Liam Anderson

Tak dapat dipungkiri, membaca itu butuh konsentrasi penuh sehingga bisa fokus terhadap apa sedang dibaca. Jika terlalu banyak distraksi di sekitarmu, maka konsentrasi pun akan sulit didapat.

Carilah tempat tenang, singkirkan dulu gadget-mu, usahakan untuk menyendiri dan sedang tak bersama orang lain. Dengan begitu kamu bisa berkonsentrasi penuh dan menikmati momen membaca dengan khidmat.

2. Memilih buku tidak sesuai minat baca

5 Alasan Kenapa Kamu Sulit Sekali Menamatkan Buku sedang Dibaca unsplash.com/ Siora Photography

Faktanya membaca buku itu butuh keseriusan dan niat yang penuh. Selain itu, tentunya kamu harus memilih buku sesuai dengan minat bacamu.

Kamu tidak bisa memaksakan untuk menyukai buku yang juga disukai oleh orang lain. Minat baca dan ketertarikan orang tentu berbeda-beda, jadi jangan menyamaratakan bahwa kamu bisa menyukai apa yang juga orang lain suka.

Baca Juga: Cara Jadi Dosen Praktisi Seperti Prilly Latuconsina, Dapat Honor, Lho!

3. Tidak menggunakan metode skimming 

5 Alasan Kenapa Kamu Sulit Sekali Menamatkan Buku sedang Dibaca pixabay.com/PourquoiPas

Salah satu alasan kamu tidak bisa selesai membaca sebuah buku adalah karena tidak menggunakan metode skimming. Metode ini adalah teknik membaca cepat untuk menemukan sebuah gagasan atau ide pokok dari sebuah bacaan.

Terkadang membaca keseluruhan kalimat bisa sangat memakan waktu dan membosankan. Oleh karena itu cobalah untuk menggunakan metode skimming agar kamu lebih cepat menyelesaikan bacaanmu.

4. Banyak melakukan perulangan membuat bosan

5 Alasan Kenapa Kamu Sulit Sekali Menamatkan Buku sedang Dibaca pixabay.com/Kaboompics

Melakukan perulangan ketika membaca adalah hal paling sering dilakukan orang ketika membaca. Pasalnya, perulangan ini kerap disebabkan karena kurangnya pemahaman pembaca dalam membaca sekilas.

Membaca berulang-ulang bisa menyebabkan kebosanan karena kegiatan membaca menjadi lebih memakan waktu. Jangankan menamatkan buku, untuk memahami isinya saja butuh waktu yang tak sedikit.

5. Membaca karena terpaksa

5 Alasan Kenapa Kamu Sulit Sekali Menamatkan Buku sedang Dibaca unsplash.com/The Creative Exchange

Alasan terakhir kamu kesulitan untuk menamatkan sebuah buku adalah karena terpaksa membaca. Kamu terpaksa membaca sebuah buku misal karena alasan menyelesaikan tugas kuliah, mencari sumber informasi lain, atau sekadar disuruh oleh orang lain.

Tentunya alasan ini akan sangat menyulitkanmu bisa selesai membaca buku tersebut. Karena sedari awal kamu membaca buka karena keinginanmu sendiri.

Lima alasan di atas bisa jadi faktor utama kamu tidak bisa menamatkan buku yang sedang kamu baca. Jadi, alasan mana paling sesuai denganmu?

Baca Juga: 5 Hal Bisa Bikin Dapurmu Lebih Estetik dan Efisien

It's Me, Sire Photo Community Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in the silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya