Comscore Tracker

5 Kriteria Pekerjaan Layak Kamu Pertahankan, Prospeknya Jelas!

Pekerjaan membuatmu berkembang jadi lebih baik

Ketika bekerja di suatu perusahaan dalam waktu cukup lama biasanya terlintas pikiran untuk resign atau bahkan pindah kerja. Entah itu karena bosan, merasa kurang tantangan, atau merasa lelah dengan pekerjaan yang monoton. 

Nah, sebelum memutuskan untuk melepaskan pekerjaanmu ada baiknya untuk mencari tahu dulu apakah pekerjaanmu worth it untuk dipertahankan atau tidak. Karena kalau berhenti begitu saja kamu sendirilah yang rugi telah kehilangan pekerjaan yang bagus. Hal itu dapat diidentifikasi dengan beberapa kriteria seperti berikut ini. 

1. Ada perkembangan dirimu sejak awal bekerja sampai sekarang

5 Kriteria Pekerjaan Layak Kamu Pertahankan, Prospeknya Jelas!ilustrasi kerja (pexels.com/Edmond Dantes)

Kriteria pertama pekerjaan layak untuk kamu pertahankan dilihat dari perkembanganmu selama bekerja. Kalau kamu mengalami perkembangan dan peningkatan diri mulai dari awal bekerja sampai dengan sekarang, maka itu berarti pekerjaanmu layak untuk dipertahankan. 

Karena meskipun mungkin tak sejalan dengan passion, kamu telah menyesuaikan diri dan dapat menguasai pekerjaanmu itu. Selain itu, kamu terbilang beruntung karena telah menemukan pekerjaan yang membuatmu bertumbuh menjadi lebih baik. 

2. Banyak hal positif kamu dapatkan dalam pekerjaanmu

5 Kriteria Pekerjaan Layak Kamu Pertahankan, Prospeknya Jelas!ilustrasi bersalaman (pexels.com/Fauxels)

Kalau ada banyak hal positif kamu dapatkan dari pekerjaanmu, maka itu juga salah satu kriteria pekerjaan layak kamu pertahankan, lho. Yang mana kamu mendapatkan manfaat, baik itu tentang pembelajaran hidup atau pengalaman berharga selama bekerja. 

Menemukan pekerjaan berpengaruh baik untuk dirimu itu jodoh-jodohan, jadi jangan disia-siakan begitu saja dengan melepasnya. Belum tentu kamu bisa mendapat banyak hal positif juga kalau pindah kerja dan berhenti. 

Baca Juga: 5 Mindset Harus Kamu Terapkan Kala Menghadapi Ujian Hidup 

3. Prospek masa depanmu jelas kalau menekuninya

5 Kriteria Pekerjaan Layak Kamu Pertahankan, Prospeknya Jelas!ilustrasi rekan kerja (pexels.com/RODNAE Productions)

Kriteria lainnya dari pekerjaan yang layak untuk dipertahankan ialah jika pekerjaan tersebut memiliki prospek bagus. Dimana prospek masa depanmu bagus kalau menekuni pekerjaan itu dalam jangka panjang. 

Dan prospek kerja ini bisa dilihat dari adanya jenjang peningkatan jabatan, rotasi pegawai, dan peluang besar untukmu bisa terus berkembang dan bersaing secara suportif. Kamu bakalan rugi kalau tidak memanfaatkan pekerjaan yang punya prospek kerja yang jelas seperti itu. 

4. Kamu sudah menemukan kenyamanan dan cinta dalam mengerjakannya

5 Kriteria Pekerjaan Layak Kamu Pertahankan, Prospeknya Jelas!ilustrasi kerja (pexels.com/Jopwell)

Pekerjaan layak dipertahankan juga dilihat dari kriteria yang satu ini, yaitu jika kamu sudah menemukan kenyamanan dan cinta dalam mengerjakannya. Dengan kata lain dirimu merasa enjoy menekuni pekerjaan itu. 

Kalau pekerjaanmu memiliki kriteria ini maka tidak perlu ragu untuk mempertahankannya. Karena itu berarti jiwamu sudah menyatu dengan profesimu, dan bukan suatu hal yang mudah untuk bisa menemukan pekerjaan yang membuat kita nyaman dan mencintainya, kan. 

5. Pekerjaan tersebut memberikan banyak jaminan hidup

5 Kriteria Pekerjaan Layak Kamu Pertahankan, Prospeknya Jelas!ilustrasi kerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kriteria pekerjaan layak untuk dipertahankan ialah pekerjaan yang memberi banyak jaminan hidup. Mulai dari jaminan finansial, kesehatan, tempat tinggal seperti rumah dinas, hingga jaminan biaya melahirkan dan sekolah anak. 

Kamu terbilang beruntung mendapatkan pekerjaan memberi banyak jaminan seperti ini. Meskipun pekerjaannya mungkin berat, rasanya layak untuk diperjuangkan dengan berbagai jaminan hidup dan tunjangan yang begitu royal pada pegawai. 

Itulah tadi lima kriteria pekerjaan layak untuk dipertahankan. Intinya jangan sia-siakan pekerjaan yang menjanjikan hanya karena bosan dan ingin suasana baru dengan pindah kerja, kamu yang nanti rugi sendiri

Baca Juga: 5 Batasan Mengagumi Seseorang, Gak Boleh Sampai Berlebihan Ya!

afifah hanim Photo Community Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya