Comscore Tracker

Cegah COVID-19 Varian Delta, Ini Cara Tepat Gunakan Masker 

Penggunaan masker dengan tepat bisa mencegah penularan, lho

Bandar Lampung, IDN Times - COVID-19 varian Delta kian merebak di setiap daerah di Indonesia. Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi melalui live streaming YouTube DPR RI pada awal Juli 2021 lalu menyampaikan, varian Delta sudah terdeteksi di Lampung.

Menurut dokter spesialis THT-KL, Muslim Kasim, varian Delta memang terbukti memiliki kemampuan penularan lebih cepat. Namun masyarakat diimbau tak perlu panik, melainkan harus melawannya dengan penggunaan masker yang tepat. Berikut IDN Times rangkum cara penggunaan masker melawan virus varian Delta.

1. Pentingnya menggunakan masker dengan benar

Cegah COVID-19 Varian Delta, Ini Cara Tepat Gunakan Masker ilustrasi pasang masker kepada anak (sciencenews.org)

Muslim mengatakan, penggunaan masker melawan virus COVID-19 varian Delta ini berdasarkan rekomendasi dari Centers for Disease Control (CDC) tentang cara penggunaan masker untuk perlindungan maksimal.

Menurutnya, memakai masker dengan cara yang benar akan melindungi kita dari paparan COVID-19, baik itu varian delta maupun varian lainnya. 

2. Jangan beri celah pada masker

Cegah COVID-19 Varian Delta, Ini Cara Tepat Gunakan Masker Ilustrasi Suasana Taipei, Taiwan (IDN Times/Vanny El-Rahman)

Dokter yang bertugas di Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung itu menjelaskan, penggunaan masker harus rapat dan menempel ke wajah. Sebab jika ada celah akan memungkinkan droplet bisa keluar dan masuk.

Kemudian, pilih masker dengan beberapa lapisan. Hal ini memungkinkan semakin banyak droplet yg bisa tertahan oleh masker.

"Pilih masker dengan kawat hidung, membengkokkan kawat sesuai bentuk hidung akan mencegah celah pada bagian atas masker," terangnya.

Baca Juga: Lampung Terima 150 ribu Lembar Masker Medis dari Gerakan Pentahelix

3. Ciri masker kamu sudah benar

Cegah COVID-19 Varian Delta, Ini Cara Tepat Gunakan Masker ilustrasi pakai masker sebagai salah satu protokol kesehatan COVID-19 (pexels.com/cottonbro)

Selanjutnya, gunakan penyangga atau penjepit masker. Kemudian periksa apakah masker sudah menempel dengan benar. Caranya, letakkan tangan di sekeliling tepi masker, pastikan tidak ada aliran udara yg keluar dari tepian masker.

Ia mengatakan, masker yang telah menempel dengan benar akan terlihat bergerak setiap menarik atau menghembuskan nafas. Setiap orang bisa merasakan udara hangat pada bagian depan masker

"Tambahkan lapisan masker luar (masker double) pakai masker kain berlapis di sisi luar, dan masker bedah di bagian dalam. Pastikan masker luar menekan tepian masker didalam agar menempel dengan baik ke wajah. Pastikan tetap bisa bernafas dan melihat dengan mudah," tuturnya.

4. Jangan rangkap masker medis ya

Cegah COVID-19 Varian Delta, Ini Cara Tepat Gunakan Masker pakai masker dobel kocak (instagram.com/awreceh.id)

Kemudian, ia menyarankan supaya tidak ada celah di pinggir masker dekat telinga. Perlu dibuat simpul ikatan pada bagian earloop masker medis, sehingga tepian masker menempel. Caranya, lipat dan selipkan ke bagian dalam untuk menutup celah.

Ia juga mengimbau untuk tidak merangkap masker medis atau mengombinasikan masker KN95 dengan jenis lain. Jika menggunakan KN95, cukup gunakan satu masker saja.

"Konsisten untuk memakai masker dengan benar adalah langkah penting mencegah tertular dan menyebarnya virus corona," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi: Pakai Masker! COVID-19 Masih Mengancam Kita

5. Ajak orang sekitar memakai masker dengan benar

Cegah COVID-19 Varian Delta, Ini Cara Tepat Gunakan Masker freepik.com

Langkah tersebut bisa memberi hasil yang optimal bila semua kompak mengerjakannya. Ia meminta semua pihak bersama-sama mengajak teman atau saudara agar belajar menggunakan masker dengan benar.

"Lebih dari 85 persen penularan COVID-19 terjadi di dalam ruangan. Bila harus bertemu orang lain, pilih tempat outdoor atau buka lebar-lebar pintu maupun jendela," pungkasnya.

Baca Juga: 8 Jenis Masker Wajah yang Wajib Dicoba, Semua Bikin Kulit Sehat!

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya