2022 PLN UID Lampung Bukukan Penjualan 5,38 TWh, Ternyata Ini Pemicunya

Buah dari transformasi khususnya bidang pelayanan pelanggan

Bandar Lampung, IDN Times - PT PLN (Persero) Unit Induk Lampung berhasil membukukan penjualan sebesar 5,38 Terrawatt hour (TWh) selama 2022. Hal ini merupakan buah dari transformasi dilakukan oleh PT PLN (Persero), khususnya di bidang pelayanan pelanggan.

Baca Juga: Kisah Pemudik Nikmati Posko Siaga PLN, Ada Isi Baterai Mobil Listrik

1. Jumlah pelanggan tambah 3,43 persen

2022 PLN UID Lampung Bukukan Penjualan 5,38 TWh, Ternyata Ini PemicunyaPT PLN (Persero) Unit Induk Lampung berhasil membukukan penjualan sebesar 5,38 Terrawatt hour (TWh) selama 2022. (Dok. PLN).

Kesuksesan penjualan selama 2022 tercermin pada peningkatan penjualan listrik sebesar 5,71 persen dari 1,74 Terrawatt hour (TWh) pada April 2022, menjadi 1,84 TWh di bulan yang sama 2023. Sehingga pendapatan penjualan tenaga listrik tumbuh sebesar 7,10 persen dari Rp1,87 triliun pada April 2002 menjadi Rp2 triliun April 2023.

Seiring dengan peningkatan penjualan tenaga listrik, peningkatan juga terjadi di sisi jumlah pelanggan, jumlah pendapatan dan jumlah VA tersambung April 2023. Hal itu dijelaskan General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Lampung, Saleh Siswanto.

Saleh mengatakan, peningkatan kinerja penjualan energi listrik ini juga diikuti dengan bertambahnya jumlah pelanggan 3,43 persen. Diikuti dengan peningkatan jumlah pendapatan sebesar 7,10 persen dan peningkatan VA tersambung sebesar 5,02 persen.

2. Tarif Rumah Tangga berkontribusi paling tinggi terhadap penjualan energi

2022 PLN UID Lampung Bukukan Penjualan 5,38 TWh, Ternyata Ini PemicunyaPT PLN (Persero) Unit Induk Lampung berhasil membukukan penjualan sebesar 5,38 Terrawatt hour (TWh) selama 2022. (Dok. PLN).

Pencapaian 2023 berdasarkan data penjualan dari Januari hingga April 2023, tarif Rumah Tangga berkontribusi paling tinggi terhadap penjualan energi. Pada April 2023, tarif Rumah Tangga berkontribusi terhadap penjualan PLN UID Lampung sebesar 59 persen atau sebesar 269,75 juta kwh.

Sedangkan Maret 2023 sebesar 54,4 persen atau sebesar 261,98 juta kwh. "Sehingga berdasarkan data tersebut kontribusi tarif Rumah Tangga terhadap penjualan PLN UID Lampung mengalami kenaikan antara bulan Maret dengan April 2023 sebesar 4,6 persen," jelas Saleh dalam keterangan resmi, Kamis (11/5/2023).

Menurut Saleh, torehan direngkuh menunjukan adanya peningkatan kinerja PLN salah satunya dalam hal penjualan energi. Hal ini merupakan buah dari tranformasi yang dilakukan PLN terutama dalam sektor pelayanan kepada masyarakat.

3. Transformasi digital diwujudkan melalui PLN Mobile

2022 PLN UID Lampung Bukukan Penjualan 5,38 TWh, Ternyata Ini PemicunyaIlustrasi PLN Mobile (dok. PLN)

Transformasi digital pada sektor pelayanan kepada masyarakat yang dimaksud oleh Saleh adalah kemudahan pelayanan dan upaya peningkatan kepuasan pelanggan melalui super-app milik PLN yakni PLN Mobile. Dimana masyarakat dapat melakukan permohonan pelayanan PLN melalui smartphone.

Ia menambahkan, transformasi digital diwujudkan PLN melalui PLN Mobile ini merupakan upaya PLN dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dengan mempermudah pelanggan dalam menikmati layanan-layanan yang disediakan oleh PLN.

"Kami harap dengan hadirnya PLN dalam smartphone anda, PLN semakin hadir dan semakin melayani pelanggan tentunya dengan kualitas yang semakin baik. Aplikasi PLN Mobile dapat anda download secara gratis melalui Google Playstore untuk pengguna Android dan Appstore bagi pengguna iOS,” kata Saleh.

Baca Juga: Kenali Modus Baru Penipuan Atasnamakan PLN, Jangan Sampai Tertipu

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya