Wisuda ke 18, ITERA Akhirnya Miliki Lulusan Progam Magister Pertama

Prodi magister Teknik akan dibuka di 2025

Intinya Sih...

  • ITERA meluluskan 654 wisudawan sarjana dan 6 wisudawan program magister pascasarjana Prodi Fisika
  • ITERA telah meluluskan 6.158 orang sarjana teknik dan sains sejak 2016 hingga 2024
  • Pada tahun 2025, ITERA akan membuka prodi Magister Teknik untuk menarik minat mahasiswa melanjutkan program pascasarjana di ITERA

Lampung Selatan, IDN Times - Institut Teknologi Sumatera (ITERA) akhirnya memiliki wisudawan progam magister pertamanya bertepatan di momen Sidang Terbuka Wisuda Program Sarjana ke-18, Sabtu (2/3/2024).

Dalam wisuda kali ini, 6 wisudawan program magister pascasarjana program studi (Prodi) Fisika diluluskan bersamaan 654 wisudawan sarjana dari 106 lulusan Fakultas Sains, 262 lulusan Fakultas Teknologi Infrastruktur, dan Kewilayahan, dan 286 lulusan Fakultas Teknologi Industri.

"ITERA kembali melahirkan sarjana-sarjana berkategori unggul sebanyak 654 wisudawan, khusus untuk wisuda kali ini, kami meluluskan wisudawan di tingkat magister pertama kali untuk prodi Fisika," ujar Rektor ITERA Prof I Nyoman Pugeg Aryantha saat dimintai keterangan.

Baca Juga: Cek Jalur Seleksinya! ITERA Siapkan Kuota 5.200 Mahasiswa Baru 2024

1. Bakal tingkatkan kualitas progam pascasarjana

Wisuda ke 18, ITERA Akhirnya Miliki Lulusan Progam Magister PertamaSidang Terbuka Wisuda Program Sarjana ke-18, Sabtu (2/3/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Sejak wisuda pertama pada 2016 silam sampai wisuda ke 18 di 2024 ini, ITERA telah meluluskan sebanyak 6.158 orang sarjana teknik dan sains untuk Sumatra dan Indonesia.

Diharapkan ke depannya, peningkatan kualitas prodi bukan hanya pada progam sarjana. Melainkan juga progam pascasarjana hingga bisa membentuk banyak prodi magister lainnya.

"Ini adalah sumber daya manusia yang insyaAllah sudah dipersiapkan untuk membangun masa depan Indonesia, mohon dukungan masyarakat kepada ITERA untuk penyiapan sarana dan pra sarana," ujarnya.

2. Pascasarjana prodi Teknik ITERA dibuka 2025

Wisuda ke 18, ITERA Akhirnya Miliki Lulusan Progam Magister PertamaSidang Terbuka Wisuda Program Sarjana ke-18, Sabtu (2/3/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

I Nyoman menyampaikan, ITERA telah mencanangkan prodi sarjana dinyatakan sudah mapan akan segera dilakukan pembukaan studi lanjutannya secara pascasarjana.

Guna menarik minat mahasiswa melanjutkan program pascasarjana di ITERA, pihaknya juga telah menyiapkan bantuan secara finansial melalui beasiswa.

"Untuk di 2024, belum (penambahan prodi magister di ITERA), karena masih perlu persiapan secara administrasi. InsyaAllah di 2025 kita buka prodi Magister Teknik," imbuhnya.

3. Titip pesan jaga nama baik kampus ke para wisudawan

Wisuda ke 18, ITERA Akhirnya Miliki Lulusan Progam Magister PertamaSidang Terbuka Wisuda Program Sarjana ke-18, Sabtu (2/3/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Selaku pimpinan ITERA, I Nyoman mengingatkan agar para wisudawan dapat selalu menjaga nama baik kampus di manapun nanti berada, serta berpegang teguh dengan nilai-nilai integritas hingga menjauhkan diri dari segala perbuatan tercela dan melanggar hukum.

"Berkaryalah maksimal memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan negara yang dapat mengibarkan panji kejayaan ITERA," pintanya.

Lebih dari itu, ia turut mengimbau agar wisudawan dapat bergabung dalam Ikatan Alumni ITERA sebagai wadah memelihara jalinan silaturahmi sesama alumni dan almamater kampus. "Kesuksesan saudara akan menjadikan ikatan alumni ITERA kuat, sebagai salah satu fondasi pilar kekokohan ITERA masa depan," tandas sang rektor.

Baca Juga: ITERA Raih Peringkat Ke 9 Nasional Kampus Terbaik Versi Nature Index

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya