Viral! Nama Pantai di Google Maps Diubah jadi Pantai Pandawara Sukaraja

Kegiatan bersih pantai diikuti 3 ribu orang lebih

Bandar Lampung, IDN Times - Gerakan bersih pantai Pandawara Group di pantai pesisir Sukaraja, Kota Bandar Lampung menggegerkan masyarakat hingga pemerintah daerah maupun kota setempat, Senin (10/7/2023). Kegiatan ini diikuti sekitar 3.700 orang.

Peristiwa viral diinisiasi kelima pemuda asal Bandung, Provinsi Jawa Barat tersebut menyisakan sederet fakta menarik. Salah satunya perubahan terjadi pada nama pantai setempat di aplikasi Google Maps.

Alhasil, pantai terletak di Jalan Ikan Selar, Kelurahan Sukaraja tersebut kini beralih nama 'Pantai Pandawara Sukaraja', sebelumnya tertera pada maps Pantai Sukaraja.

Baca Juga: Bersih Pantai Sukaraja, Pandawara: Baru 30 Persen Keseluruhan Sampah

1. Titik maps koordinat pejeng foto Pandawara Group

Viral! Nama Pantai di Google Maps Diubah jadi Pantai Pandawara SukarajaPenampakan Pantai Pandawara Sukaraja di Google Maps. (Google Maps).

Berdasarkan hasil penelusuran IDN Times, titik koordinat Pantai Pandawara Sukaraja itu terletak pada https://maps.app.goo.gl/j181ms1cGgdNf397A. Lokasi itu mencantumkan keterangan 'Buka 24 Jam'.

Masih pada pengamatan titik koordinat tersebut, nampak pula unggah tiga foto kondisi Pantai Sukaraja. Salah satunya memperlihatkan tim Pandawara berdiri di atas tumpukan sampah, lengkap dengan latarbelakang perahu nelayan dan hamparan sampah.

2. Video ajakan bersih Pantai Sukaraja ditonton 30 juta lebih

Viral! Nama Pantai di Google Maps Diubah jadi Pantai Pandawara SukarajaPesisir Sukaraja Bandar Lampung yang dibersihkan oleh Pandawara dan masyarakat Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Gerakan bersih pantai di pesisir Sukaraja ini diinisasi dan diunggah Pandawara Group lewat media sosial (medsos) TikTok, Sabtu (8/7/2023). Tak tanggung-tanggung, konten itu kini sudah ditonton lebih dari 30 juta viewers.

"Warga Lampung mohon maaf. Tanpa mengurangi rasa hormat, pantai terburuk dan terkotor nomor 2 di Indonesia ada di daerah kalian," ucap Pandawara dalam video.

Dicari seribu orang Lampung, untuk membantu mengurangi sampah di daerah ini. Untuk warga Lampung Let's Join In The Party. Lokasinya ada di Jalan Ikan Selar, Kota Bandar Lampung," sambung narasi dalam konten tersebut.

3. Alasan Pandawara pilih Pantai Sukaraja

Viral! Nama Pantai di Google Maps Diubah jadi Pantai Pandawara SukarajaPandawara Group saat diwawancarai awak media di Pantai Pesisir Sukaraja, Senin (10/7/2023) sore. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Pascakegiatan bersih pantai Sukaraja, anggota Pandawara Group, Gilang mengatakan, ajakan ini murni bertujuan untuk membersihkan pantai di Lampung dari tumpukan sampah menahun. Sekaligus membangun sinergitas antara masyarakat dan pemerintah.

"Jadi kami berharap agar tidak saling menyalahkan lagi ke depannya karena sebetulnya masalah sampah itu adalah tanggung jawab semua makhluk hidup dibumi, yakni kita semua," ujarnya.

la menambahkan, sejatinya memang tidak perlu viral dulu baru masyarakat dan pemerintah mau bergerak membersihkan sampah. "Kita juga tidak pernah menyinggung pihak manapun, kita selalu ekspose ke teman-teman Indonesia dan tidak kita lebih-lebihkan atau kurangi," tandas dia.

Baca Juga: Usai Viral Pandawara, Tak Ada Kegiatan Lanjutan Bersih Pantai Sukaraja

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya