Comscore Tracker

Truk Minyak Sawit Mentah Terguling, Minyak Tumpah ke Jalan 

Angkut minyak sawit dari Jambi

Bandar Lampung, IDN Times - Satu unit truk Hino nomor polisi (nopol) BM 9350 FJ bermuatan minyak sawit mentah 24,5 ton terguling. Itu terjadi di Jalan Soekarno Hatta Bypass, Kecamatan Way Gubak, Kota Bandar Lampung, Senin (5/7/2021). 

Akibat peristiwa tersebut, posisi truk sempat melintang dan minyak sawit mentah di dalamnya ikut tumpah ke jalan. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tunggal tersebut.

“Mobil ini mengangkut minyak sawit dari Jambi, dengan tujuan ke Sinar Laut. Muatan sawit punya kita, tapi mobilnya bukan karena pakai jasa angkutan," ujar Adrian, perwakilan pengelola minyak sawit, saat dilokasi kejadian, Senin (5/7/2021).

1. Hanya 80 persen minyak berhasil diselamatkan

Truk Minyak Sawit Mentah Terguling, Minyak Tumpah ke Jalan Kecelakaan truk muatan minyak sawit mentah di Jalan Baypass (IDN Times/Istimewa)

Adrian menyampaikan, pihaknya belum dapat memastikan total kerugian akibat kecelakaan tunggal tersebut. Kendati demikian, minyak sawit mentah berhasil diselamatkan hanya sekitar 80 persen dari total seluruh muatan.

"80 persen minyak tadi sudah kita pindahkan ke tangki mobil lain. Kalau kerugian pasti belum tahu," ucap dia.

Baca Juga: [BREAKING] Rekor Lagi! 306 Kasus Baru COVID-19 di Lampung Hari Ini

2. Sebelum terguling sempat ditabrak kendaraan lain dari belakang

Truk Minyak Sawit Mentah Terguling, Minyak Tumpah ke Jalan Kecelakaan truk muatan minyak sawit mentah di Jalan Baypass (IDN Times/Istimewa)

Berdasarkan informasi sementara, kecelakaan tunggal dialami truk muatan minyak sawit mentah tersebut sebelumnya, sempat ditabrak dari belakang oleh kendaraan lain yaitu, mobil Hino jenis tronton muatan sagu nopol BE 8245 AB.

Akibatnya, mobil tangki minyak sawit mentah tidak bisa mengusai beban mobil dan seketika terguling di jalan. Menurut, pengakuan pengemudi truk Hino tronton, Marzuki (39), saat itu dia tengah melaju dari arah Rajabasa ke arah Panjang.

"Jadi saya dari arah Rajabasa. Sesampainya di sini (TKP), saya lihat mobil tangki sawit itu di tengah jalan dan mau putar balik,” imbuh dia.

3. Mobil minyak sawit mentah terguling saat akan putar balik

Truk Minyak Sawit Mentah Terguling, Minyak Tumpah ke Jalan Kecelakaan truk muatan minyak sawit mentah di Jalan Baypass (IDN Times/Istimewa)

Marzuki mengaku, sempat membunyikan klakson sebanyak lima kali. Namun, mobil tangki tidak memberikan respons dan tetap hendak memutar balik arah.

Dikarenakan jarak sudah cukup dekat, Marzuki pun tidak bisa mengusai laju kendaraannya meski sudah berupaya menginjak rem. "Sudah gak terelak lagi, jadi mobil saya menabrak bagian belakang mobil tangki sawit itu," ucapnya.

4. Tidak ada korban jiwa

Truk Minyak Sawit Mentah Terguling, Minyak Tumpah ke Jalan Penyandang disabilitas melakukan tes memperoleh SIM D di Satlantas Polresta Bandar Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Pjs Kasatlantas Polresta Bandar Lampung, AKP M Rohmawan membenarkan, dalam kecelakaan tersebut tidak ada korban jiwa dan pihak-pihak terkait telah diminta keterangan lebih lanjut.

"Gak ada (korban), cuma tadi memang sempat ada minyak sawit yang tumpah, tapi petugas tadi sudah langsung kita terjunkan ke TKP," tandas dia.

Baca Juga: Tiga Pelaku Penganiayaan Perawatan di Bandar Lampung Teridentifikasi

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya