Comscore Tracker

Pemkot Bandar Lampung Kini Hanya Punya 100 Dosis Vaksin COVID-19

100 dosis vaksin untuk 100 peserta vaksinasi

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung menyatakan tinggal menyisakan 100 dosis vaksin COVID-19. Itu terjadi ditengah perpanjangan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Tapis Berseri.

"Stok vaksin lagi tidak ada, hanya menyisakan yang di Puskesmas. Kurang lebih sekarang tinggal sisa 100 dosis," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kota Bandar Lampung, Edwin Rusli, Rabu (28/7/2021).

1. 100 dosis merupakan sisa vaksin kiriman terakhir sebanyak 600 vial

Pemkot Bandar Lampung Kini Hanya Punya 100 Dosis Vaksin COVID-19iStockphoto

Edwin menjelaskan, 100 dosis vaksin COVID-19 tersebut merupakan sisa kiriman vaksin sebanyak 600 vial, dari pemerintah pusat melalui pemerintah daerah pada pekan ini.

"Semua vaksin yang sudah kita terima kemarin, seluruhnya sudah kita sebar ke seluruh puskesmas di Bandar Lampung," kata dia.

Menurut Edwin, Pemkot juga akan terus berupaya guna meminta ketersediaan vaksin di ibu kota provinsi. "Tidak tentu (datangnya vaksin), kadang satu minggu sekali atau satu minggu dua kali," sambungnya.

Baca Juga: Juli 2021 Lima Dokter di Lampung Gugur Terpapar COVID-19

2. Vaksin anak ditunda dan dialokasikan pada vaksin umum

Pemkot Bandar Lampung Kini Hanya Punya 100 Dosis Vaksin COVID-19John Hopkins Medicine

Akibat kekurangan stok vaksin di Kota Bandar Lampung tersebut, Edwin menyampaikan, Pemkot kembali memutuskan menunda pelaksanaan vaksinasi pada anak-anak. Pasalnya, 3.000 dosis vaksin disiapkan sebelumnya terpaksa dialihkan untuk vaksinasi umum.

Oleh karena itu, Pemkot Bandar Lampung masih harus menunggu datangnya stok vaksin bagi Kota Tapis Berseri.

"Ini sudah kita ajukan setiap saat dan sesuai dengan kebutuhan, tapi kita belum tahu waktunya (datang vaksin). Sebab, kita masih menunggu kiriman vaksin dari pusat," imbuhnya.

3. 100 dosis idealnya untuk 100 peserta vaksin

Pemkot Bandar Lampung Kini Hanya Punya 100 Dosis Vaksin COVID-19freepik.com/ @freepik

Melihat ketersediaan stok vaksin Kota Bandar Lampung menyisakan 100 dosisi, Kasi Obat Perbekalan kesehatan UPTD Instalasi Farmasi dan Kalibrasi Alat Kesehatan Dinkes Provinsi Lampung, Kurota Aini menyebut, jumlah 100 dosis vaksin tersebut idealnya bisa dialokasikan kepada 100 orang peserta vaksinasi.

Kendati demikian, hal itu kembali pada keterampilan vaksinator dalam mengambil vaksin dalam setiap vialnya. "Ada yang cuma mampu mengambil vaksin dalam vial untuk 9 atau 8 orang saja, jadi tergantung," sambung dia.

4. Kasus harian COVID-19 di Lampung, 517 kasus baru dan 43 kematian

Pemkot Bandar Lampung Kini Hanya Punya 100 Dosis Vaksin COVID-19Ilustrasi pemakaman jenazah pasien COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung, Rabu (28/7/2021) tercatat 517 temuan kasus baru. Total kumulatif positif atau konfirmasi COVID-19 di Lampung sampai hari ini sebanyak 32.833 kasus.

Dari total kumulatif kasus terkonfirmasi positif tersebut, ada sebanyak 25.182 pasien dinyatakan sembuh dan menyelesaikan masa isolasi. Di sisi lain kasus kematian di Lampung juga ikut meningkat.

Merujuk data tersebut memperlihatkan 43 kasus kematian pasien akibat positif COVID-19, yang satu hari sebelumnya ditemukan sebanyak 52 kasus. Total kumulatif kematian di wilayah setempat mencapai kini sudah mencapai 1.951 kasus.

Sementara untuk kasus postif harian COVID-19 paling tinggi datang dari Kota Bandar Lampung sebanyak 108 konfirmasi COVID-19. Itu disusul Lampung Selatan 107 kasus, dan Lampung Timur 85 kasus. Sedangkan untuk kasus kematian, tertinggi dari Lampung Timur 8 kasus dan Pesawaran 7 kasus.

Baca Juga: Kisah Dokter Lampung Konsultasi Gratis COVID-19, Video Call Pasien

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya