Operasi Pasar Murah Minyak Goreng di Pasar Kangkung Sempat Picu Kerumuman

Panitia sediakan 5.000 liter minyak goreng

Bandar Lampung, IDN Times - Ratusan warga mengeruduk Operasi Pasar Bahan Pokok akan dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Kegiatan itu dilaksanakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung Pasar Kangkung, Kecamatan Telukbetung Selatan, Kota Bandar Lampung, Sabtu (12/2/2022).

Berdasarkan pantauan IDN Times di lokasi pelaksanaan Operasi Pasar Bahan Pokok tersebut, terlihat ratusan warga rela mengantre secara berdesak-desakan tanpa mengindahkan protokol kesehatan (proses) COVID-19.

Mereka umumnya datang untuk mendapatkan bahan sembako dengan harga miring, termasuk minyak goreng yang kini terbilang langka dan dipatok harga Rp14 ribu per liter. Selain itu, petugas keamanan mayoritas terdiri dari personel Polri, Satpol PP, dan Tim Satgas Penanganan COVID juga nampak kewalahan mengatasi kerumunan warga.

“Kalau bapak-bapak dan ibu-ibu tertib. Insaallah semuanya bisa kebagian sembako termasuk minyak. Tolong antrean yang benar jangan desak-desakan, jaga jarak,” seru salah satu panitia pelaksana melalui alat pengeras suara.

Baca Juga: Minyak Goreng Curah di Bandar Lampung Masih Tinggi Rp20 Ribu per Liter

1. Warga rela mengantre berdesak-desakan demi dapat minyak goreng dan sembako harga miring

Operasi Pasar Murah Minyak Goreng di Pasar Kangkung Sempat Picu KerumumanRatusan warga mengeruduk Operasi Pasar Bahan Pokok akan dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Ika, salah satu warga tinggal di sekitar pasar mengaku rela mengantre sejak pukul 10.00 WIB. Menurutnya, momentum ini teramat sangat dinantikan untuk mendapat bahan pokok. Khususnya minyak goreng yang saat ini terbilang langka dan harga relatif mahal di pasaran.

“Tadi saya sempat beli beras sama minyak goreng kemasan, per liternya tadi beli 14 ribu. Satu orang dijatah 2 liter,” imbuh dia.

Selain itu, ia tak menampik harga minyak goreng kemasan ataupun curah di pasaran saat ini masih sangat tinggi. Itu berada di kisaran harga Rp14-20 ribu. “Kalau kata saya minyak ini yang penting, stok di rumah juga lagi gak ada di mana-mana juga masih susah,” sambung Ika.

2. Pasar murah sediakan 5.000 liter

Operasi Pasar Murah Minyak Goreng di Pasar Kangkung Sempat Picu KerumumanRatusan warga mengeruduk Operasi Pasar Bahan Pokok akan dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Proses pelaksanaan kegiatan Operasi Pasar kali ini, diketahui Pemprov Lampung melalui Disperindag Provinsi Lampung menggandeng PT Tunas Baru Lampung Tbk, salah satu perusahaan milik Sungai Budi Grup.

Salah satu panitia pelaksana merupakan karyawan PT Tunas Baru Lampung, Jauhari menyebut, pihaknya menyediakan berbagai bahan pokok mulai dari minyak goreng kemasan, tepung, gula kemasan, sagu tapioka, tepung beras, tepung ketan, dan lain-lain.

“Khusus untuk minyak goreng kami kurang lebih akan menyalurkan 5.000 liter. Satu orang diperuntukan mendapat 2 liter dengan harga 14 ribu per liternya,” kata dia.

3. Tiap pembeli hanya boleh membeli sembako satu kali

Operasi Pasar Murah Minyak Goreng di Pasar Kangkung Sempat Picu KerumumanHarga minyak goreng di Pasar Slipi Rp22.000/liter. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Jauhari menambahkan, setiap individu warga hendak membeli bahan sembako tidak dimintai syarat khusus apapun seperti halnya fotocopy KTP atau kartu tanda pengenal lainnya. Meski demikian, panitia akan memberikan tanda khusus ditangan tiap pembeli yang sudah melakukan transaksi.

“Kalau diminta KTP atau lain-lainnya itu tidak takut malah lama, antrean jadi panjang. Jadi kami coret saja tangan tiap pembeli dengan spidol permanen. Khusus minyak goreng, satu orang 2 liter atau 1 kemasan,” tandas dia.

Baca Juga: Catat Ya! Penimbun Minyak Goreng Bandar Lampung Bakal Kena Sanksi Tegas

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya