KPU Lampung Target Distribusi Logistik Pemilu 2024 Rampung Akhir 2023

Mitigasi wilayah terkendala secara geografis

Bandar Lampung, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung menarget pendistribusian kebutuhan logistik Pemilu 2024 di 15 kabupaten/kota dapat rampung akhir 2023.

Anggota KPU Provinsi Lampung, Antoniyus mengatakan, pendistribusian logistik tersebut telah memasuki tahap II meliputi surat suara, sampul, formulir, alat bantu tunanetra, daftar pasangan calon, dan daftar calon tetap.

"Kita targetkan dalam dua tiga minggu ini mudah-mudahan bisa selesai semuanya, tapi tentu tergantung juga dari penyedia. Inikan terkait distribusi, kalau kami siap saja," ujarnya saat dimintai keterangan, Jumat (8/12/2023).

Baca Juga: Bersiap! KPU Lampung akan Rekrut 180.775 petugas KPPS, Segini Gajinya

1. Logistik tahap dua sudah sampai di beberapa kabupaten/kota

KPU Lampung Target Distribusi Logistik Pemilu 2024 Rampung Akhir 2023Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Lampung, Antoniyus Cahyalana. (Dok. KPU Lampung).

Di Lampung, Antoniyus menjelaskan, logistik tahap dua, terutama menyangkut surat suara sudah mulai dibagikan ke 15 kabupaten/kota sejak awal pekan kemarin dan akan terus berangsur hingga terdistribusikan seluruhnya.

"Untuk logistik tahap, sekarang ini sudah sampai seperti ada di Lampung Selatan dan beberapa kabupaten lainnya juga sudah sampai," ucapnya.

Seiring dengan itu, pihaknya optimis urusan pemenuhan logistik Pemilu 2024 tersebut akan rampung sesuai batas waktu telah ditetapkan KPU RI. "Mudah-mudahan semuanya sudah sampai, saat ini masih berproses, yang jelas kalau KPU (logistik) datang kami siap," sambung dia.

2. Logistik tahap satu semuanya sudah tiba di gudang-gudang KPU

KPU Lampung Target Distribusi Logistik Pemilu 2024 Rampung Akhir 2023Penampakan gudang logistik KPU di Lampung Selatan. (Dok. KPU Lampung).

Keyakinan tersebut dikatakan sebagaimana berkaca pada pendistribusian logistik tahap satu kemarin, Antoniyus menyebut, kebutuhan Pemilu 2024 meliputi kotak suara, bilik suara, segel plastik, tinta, dan segel sudah tiba di gudang-gudang telah disediakan KPU.

"Jadi begini strateginya kalau di kami, misalkan distribusi logistik datang di awal, maka kita langsung upayakan (pengiriman) yang jauh-jauh dulu," imbuh ketua divisi sosialisasi, pendidikan pemilih, dan partisipasi masyarakat tersebut.

3. Petakan hingga mitigasi wilayah terkendala secara geografis

KPU Lampung Target Distribusi Logistik Pemilu 2024 Rampung Akhir 2023Ilustrasi logistik Pemilu. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Ihwal kendala pendistribusian, Antoniyus tak menampik beberapa wilayah secara geografis punya persoalan sarana transportasi. Kendati demikian, pihaknya mengaku telah memetakan hingga memitigasi persoalan tersebut.

Termasuk tak menutup kemungkinan distribusi logistik bakal memanfaatkan dan memaksimalkan semua saran alat transportasi di masing-masing wilayah, demi kelancaran hingga kesuksesan Pemilu 2024.

"Mitigasi tadi, misalnya jenis kendaraan atau alat transportasi apa yang cocok untuk wilayah tersebut, kalau medannya kering jelas mobil bisa masuk. Tapi kalau tidak, tahun lalu kita pakai kendaraan yang lain, bahkan ada pakai gerobak sapi," eks anggota KPU Tanggamus tersebut.

Baca Juga: Pilwakot Bandar Lampung 2024, Pemkot  Gelontor Rp80 Miliar!

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya