Khawatir Terjebak Macet, Warga Sumatera Pilih Mudik Lebih Awal

Hindari akhir pekan dan waktu cuti bersama

Intinya Sih...

  • Pemudik asal Pulau Sumatera memilih mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas dan terjebak kemacetan saat cuti bersama.
  • Arif Purwato dan Taufik adalah contoh pemudik yang memulai perjalanan lebih awal untuk menghindari kemacetan, meskipun Arif sempat terhambat di Kota Palembang.
  • Meskipun demikian, semangat pemudik untuk merayakan Idul Fitri di kampung halaman tetap tinggi, dengan persiapan khusus pada kondisi fisik dan mobil yang dikendarainya.

Lampung Selatan, IDN Times - Sejumlah pemudik asal Pulau Sumatera menuju Pulau Jawa memilih mudik ke kampung halaman lebih awal pada H-5 Lebaran 1445 Hijriah, Jumat (5/4/2024).

Keputusan mudik lebih cepat sebelum memasuki masa cuti bersama baru akan dimulai 8 April 2024 ini, dikarenakan demi menghindari kepadatan arus lalu lintas dan terjebak kemacetan.

"Rencana mau mudik ke Tangerang, mudik sekarang karena kalau udahan mepet hari raya pasti jalanan ramai," ujar Arif Purwato, pemudik asal Provinsi Riau saat ditemui di Pelabuhan Bakauheni, Jumat (5/4/2024).

Baca Juga: Pembatasan Angkutan Barang Dimulai, Polda Lampung: Minta Kerjasamanya

1. Pemudik asal Riau sempat diadang macet di Palembang

Khawatir Terjebak Macet, Warga Sumatera Pilih Mudik Lebih AwalAktivitas Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan saat malam H-5 Lebaran 2024. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Diakui Arif, meski sudah memulai perjalanan mudik dari daerah asalnya sejak Kamis (4/4/2024) pagi kemarin, mobil dikendarainya bersama sang istri dan kedua anaknya masih sempat terhambat kemacetan saat melintas di Kota Palembang, Sumatera Selatan.

"Tadi kena macet sebelum masuk jalan lingkar Kota Palembang," ucapnya.

Meski demikian, kondisi arus lalu lintas tersebut dikatakan tak menyurutkan semangatnya untuk melanjutkan perjalanan ke kediaman mertua di Tangerang. "InsyaAllah, kalau penyeberangan sama perjalanan dari Merak lancar, dini hari nanti sampai," tambahnya.

2. Pastikan kesiapan kondisi fisik dan kendaraan

Khawatir Terjebak Macet, Warga Sumatera Pilih Mudik Lebih AwalAktivitas Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan saat malam H-5 Lebaran 2024. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Setibanya di Tangerang, Arif dan keluarga rencananya akan merayakan Idul Fitri sekaligus berlibur selama dua pekan, sebelum akhirnya nanti kembali bertolak ke Riau.

"Kalau rencana (di Tangerang) belum tahu, yang penting kita bisa berlebaran di rumah mertua, sekaligus silahturahmi sama sanak saudara dulu," ujarnya.

Ihwal persiapan khusus tatkala melakoni mudik Lebaran tahun ini, ia menyebut, berfokus pada kesiapan kondisi fisik sekaligus mobil dikendarainya bersama keluarga. "Semua sudah dicek segala macamnya, jadi untuk mobil istilahnya udah layak jalan," lanjut dia.

3. Pemudik Lubuk Linggau akui perjalanan berlangsung lancar

Khawatir Terjebak Macet, Warga Sumatera Pilih Mudik Lebih AwalTaufik, pemudik asal Lubuk Linggau saat hendak menyeberangi Pelabuhan Bakauheni, Jumat (5/4/2024(. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Penuturan serupa juga dikatakan Taufik, pemudik asal Lubuk Linggau, Sumatera Selatan ini mengaku memilih mudik lebih awal demi menghindari kemacetan dan antren naik ke kapal penyeberangan.

"Khawatir kalau baru mulai jalan besok macet kan sudah mau masuk akhir pekan sama cuti bersama," imbuhnya.

Lebih lanjut dirinya tidak menjumpai kendala selama dalam perjalanan. "Alhamdulillah lancar, gak ada macet-macetan tadi di jalan. Rencana sama keluarga ke Tegal," tandasnya.

Baca Juga: Tarif Penyeberangan Pelabuhan Bakauheni Lampung, Pemudik Wajib Tahu!

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya