Ini Alasan AKP Andri Gustami Bisa Dijuluki Kurir Spesial Fredy Pratama

Jaringan disebut sampai bersyukur

Bandar Lampung, IDN Times - Mantan Kasatresnarkoba Polres Lampung Selatan AKP Andri Gustami dijuluki 'kurir spesial' jaringan narkotika internasional Fredy Pratama. Itu karena, menjalankan tugas dan peran penting dalam peredaran narkotika jaringan tersebut.

Kehadiran AKP Andri Gustami masuk dalam bisnis haram tersebut, bahkan diakui sempat disyukuri oleh kelompok jaringan Fredy Pratama.

Pernyataan itu disampaikan melalui kesaksian 2 anggota Ditresnarkoba Polda Lampung, Briptu Abdurrahman dan Briptu Satria saat dihadirkan dalam persidangan pemeriksaan saksi bagi terdakwa AKP Andri Gustami di Ruang Cakra PN Tanjungkarang, Senin (13/11/2023).

Baca Juga: Upaya Banding Ditolak, AKP Andri Gustami Tetap Dipecat dari Polri!

1. Julukan kurir spesial muncul dari percakapan curhatan antara 2 operator Fredy Pratama

Ini Alasan AKP Andri Gustami Bisa Dijuluki Kurir Spesial Fredy Pratamapersidangan pemeriksaan saksi bagi terdakwa AKP Andri Gustami di Ruang Cakra PN Tanjungkarang, Senin (13/11/2023).

Dalam persidangan, fakta disebutnya AKP Andri Gustami sebagai kurir spesial dalam jaringan gembong narkotika Fredy Pratama, bermula saat Hakim Anggota PN Tanjungkarang, Raden Ayu Rizkiyati menelisik keterangan kedua saksi Abdurrahman dan Satria.

Alhasil, kedua saksi mengatakan sebutan kurir spesial itu didapat dari barang bukti elektronik dalam handphone terdakwa lainnya Muhammad Rivaldo Miliandri G Silondae alias Kif merupakan oprator wilayah Barat jaringan Fredy Pratama.

Barang bukti dimaksud merupakan percakapan antara Kif dengan Eca, selaku operator wilayah Timur jaringan Fredy Pratama kini masih berstatus sebagai buronan alias DPO.

"Kurir spesial, seperti apa percakapan itu dengan Kif," tanya Retno ke kedua saksi.

"Siap, untuk percakapan itu kami dapatkan dari Kif dengan Eca, dalam percakapan itu, saudara Kif curhat dengan saudara Eca," jawab Abdurrahman.

2. Bergabungnya AKP Andri Gustami disyukuri jaringan Fredy Pratama

Ini Alasan AKP Andri Gustami Bisa Dijuluki Kurir Spesial Fredy Pratamapersidangan pemeriksaan saksi bagi terdakwa AKP Andri Gustami di Ruang Cakra PN Tanjungkarang, Senin (13/11/2023).

Lebih lanjut saksi Abdurrahman menjelaskan, garis besar percakapan antara Kif dan Eca membahas soal bisnis barang haram milik Fredy Pratama. Salah satunya persoalan gagalnya pengiriman narkotika hingga tertangkapnya beberapa kurir di Lampung Selatan.

"Mereka membahas orang-orang ditangkap di Lampung Selatan," ucap saksi Abdurrahman.

"Jadi mereka (jaringan Fredy Pratama) bersyukur pak Andri masuk ke dalam jaringan mereka," terang saksi kepada majelis.

Pasalnya, sebelum terdakwa AKP Andri Gustami masuk dalam jaringan, narkotika khususnya jenis sabu milik Fredy Pratama dan para kurirnya diakui banyak tertangkap di Kabupaten Lampung Selatan.

"Oh, jadi mereka (jaringan Fredy Pratama) bersyukur ya," respons hakim usai mendengar kesaksian tersebut.

3. Hakim sebut AKP Andri Gustami telah mengkufuri nikmat Allah

Ini Alasan AKP Andri Gustami Bisa Dijuluki Kurir Spesial Fredy Pratamapersidangan pemeriksaan saksi bagi terdakwa AKP Andri Gustami di Ruang Cakra PN Tanjungkarang, Senin (13/11/2023).

Pascamendengar kesaksian soal kurir spesial ini, Hakim Anggota lainnya, Samsumar Hidayat mempertanyakan, rasa syukur dipersoalkan AKP Andri Gustami tak kunjung mendapatkan apresiasi usai mengungkap sederet kasus, hingga akhirnya memutuskan bergabung bersama jaringan Fredy Pratama.

"Terus jabatan kasat itu apresiasi bukan menurut saudara?," tanya hakim Hidayat kepada kedua saksi.

"Apresiasi," timpal keduanya kompak.

"Ya, ini semua berawal dari rasa tidak bersyukur, hingga mengkufi nikmat Allah," tandas hakim.

Baca Juga: Sidang Putusan Sela AKP Andri Gustami, Hakim Tolak Eksepsi Terdakwa

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya