Comscore Tracker

79 Pengemudi Peserta dan Tamu Apeksi Jalani Tes Urine, Hasilnya?

Para pengemudi mendapat penyuluhan dan arahan

Bandar Lampung, IDN Times - Polda Lampung dan jajaran Polresta Bandar Lampung memberikan penyuluhan dan arahan kepada 79 pengemudi. Mereka nanti diproyeksikan mengantar para peserta dan tamu Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke-22 terdiri dari para wali kota dan menteri.

Kegiatan Apeksi tersebut rencananya akan berlangsung di Kota Bandar Lampung selama 27-29 Mei 2022.

"Melalui penyuluhan dan arahan ini, para pengemudi diharapkan dapat mengerti tentang hospitality (sikap ramah tamah) kepada para tamu dan safety driving (keselamatan berlalu lintas) selama mendampingi para tamu dalam kegiatan Apeksi," ujar Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, Kamis (26/5/2022).

Baca Juga: 775 Personel Polisi Bersiap Amankan Apeksi 2022 di Bandar Lampung

1. Para pengemudi mendapatkan penyuluhan etika berlalulintas hingga kerapian berpenampilan

79 Pengemudi Peserta dan Tamu Apeksi Jalani Tes Urine, Hasilnya?Ilustrasi mengemudi (Pexels/JESHOOTS.com)

Melalui kegiatan penyuluhan dan arahan ini juga kepolisian Polda Lampung mengharapkan, pengemudi dapat lebih teredukasi dan memahami masukan tentang tata cara menjadi pengemudi baik serta bertanggung jawab dalam giat APEKSI mendatang.

"Pengajaran ini tentang kepatuhan etika berlalulintas, siap surat kendaraan, etika sopan santun kepada peserta Apeksi, kerapian, protokol kesehatan, hingga keamanan barang-barang peserta kegiatan. Apalagi, menjadi tamu Apekso adalah wali kota seluruh Indonesia dan menteri," imbuh Pandra.

Dalam kegiatan tersebut, Pandra menambahkan, ke-79 pengemudi juga wajib melakukan cek urine dan pengecekan swab Antigen hingga tes bebas narkoba. "Kami turut mengecek identitas pengemudi berdasarkan data sesuai SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)," sambungnya.

2. Ke-79 pengemudi dinyatakan bebas narkoba dan COVID-19

79 Pengemudi Peserta dan Tamu Apeksi Jalani Tes Urine, Hasilnya?Ke-79 pengemudi peserta dan tamu Apeksi ke-22 di Kota Bandar Lampung menjalani kegiatan penyuluhan kepolisian. (IDN Times/Istimewa)

Dari hasil pengecekan urin dan swab Antigen, Pandra memastikan, para pemudik bakal mengantar tamu Apeksi ke-22 telah dinyatakan negatif mengonsumsi narkoba maupun negatif terpapar virus COVID-19.

Ia menambahkan, kepolisian daerah juga telah melakukan latihan gladi dalam formasi protokol pengawalan dari Bandara Radin Inten II, menuju akomadasi tamu menginap, maupun tempat-tempat pelaksanaan kegiatan Apekai ke-22.

"Kegiatan nanti akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut di Kota Bandar Lampung ini, kami pastikan semua kegiatan diharapkan dapat berjalan aman, lancar dan kondusif," imbuh mantan Kapolres Kepulauan Meranti tersebut.

3. Pengamanan anggota kepolisian melibatkan 775 personel

79 Pengemudi Peserta dan Tamu Apeksi Jalani Tes Urine, Hasilnya?Ke-79 pengemudi peserta dan tamu Apeksi ke-22 di Kota Bandar Lampung menjalani kegiatan penyuluhan kepolisian. (IDN Times/Istimewa)

Guna mensukseskan kegiatan, Polda Lampung bersama Polresta Bandar Lampung rencananya akan menyiapkan sebanyak 775 personel, demi memastikan pengamanan kegiatan Apeksi ke-22 di Kota Tapis Berseri berjalan lancar.

775 personel kepolisian kepolisian tersebut nantinya akan ditempatkan di setiap tempat-tempat kegiatan pelaksanaan Apeksi, umumnya tersebar di Kota Bandar Lampung.

"Kurang lebih 775 personel. Kegiatan PAM Apeksi di bawah kendali Polresta Bandar Lampung. Polda dalam hal ini sifatnya hanya penebalan personel, demi keamanan jalannya kegiatan," tandas Kabidhumas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad.

Baca Juga: Apeksi 2022 di Bandar Lampung, Tingkat Hunian Hotel Meningkat

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya