Comscore Tracker

4 Terduga Teroris Ditangkap Densus 88 di Lampung Jaringan JI?

Keempat teroris ditangkap di 3 daerah Provinsi Lampung

Bandar Lampung, IDN Times - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri menangkap empat orang terduga teroris di Provinsi Lampung. Mereka diduga terlibat dalam Jamaah Islamiyah (JI) itu ditangkap di tiga wilayah yaitu, Kota Bandar Lampung, Kabupaten Lampung Selatan, dan Kabupaten Pringsewu.

Keempat terduga teroris tersebut masing-masing inisial AS ditangkap di Kecamatan Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu; LR dan AI ditangkap Kecamatan Natar serta Jatiagung, Kabupaten Lampung Selatan; dan GN, diamankan di Kelurahan Srengsem, Kecamatan Panjang, Kota Bandar Lampung.

"Telah dilakukan penangkapan dan penggeledahan terduga teroris jaringan terorisme kelompok Jamaah Islamiah oleh Anggota Densus 88 Antiteror Satgaswil Lampung di Panjang, Bandar Lampung," ujar sumber IDN Times, Selasa (8/3/2022).

Baca Juga: Densus 88 Kembali Tangkap Terduga Teroris di Lampung, Guru Ngaji

1. Terduga teroris di Bandar Lampung ditangkap 8 personel

4 Terduga Teroris Ditangkap Densus 88 di Lampung Jaringan JI?Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri mengamankan empat orang terduga teroris di Provinsi Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Salah satu saksi penangkapan seorang terduga teroris adalah Lurah Srengsem Bandar Lampung Hendra J. Saputra. Ia membenarkan, seorang warganya berisial GN telah ditangkap. Namun dirinya belum tahu persis, siapa menangkap telah menangkap GN.

"Benar ada yang ditangkap, kemarin sempat ada ramai-ramai. Tapi gak tau kalo terkait teroris itu, sebab saya belum bisa memastikan," katanya.

Hal serupa turut disampaikan Ketua RT 022 atau lokasi kediaman GN, Jon Ferdiansyah, mengatakan jika GN dibawa oleh beberapa orang, Senin (7/3/2022) sekira pukul 15.30 WIB. "Kalau gak salah ada 8 orangan yang ke rumahnya. Ada yang menangkap, ada juga yang jaga di depan rumahnya," ucap Jon.

2. Barang bukti diamankan berupa tumpukan buku-buku

4 Terduga Teroris Ditangkap Densus 88 di Lampung Jaringan JI?Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri mengamankan empat orang terduga teroris di Provinsi Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Lebih lanjut Jon juga mengungkapan, ia turut menyaksikan langsung personel Densus 88 menggeledah rumah terduga teroris GN dan mengamankan serta membawa barang-barang dari dalam rumahnya.

"Sempat lihat satu tumpukan buku nuansa agama gitu. Gak ngerti saya juga buka apaan tapi yang jelas kalau penggeledahan di rumahnya itu benar," imbuh dia.

Menurutnya, GN di lingkungan sekitar dikenal ramah dan cukup bergaul dengan masyarakat setempat. Oleh karena itu dirinya pun tidak menyangka, salah satu tetangganya tersebut ikut terlibat jaringan terorisme.

"Dia (terduga teroris GN) sebelumnya kerja sebagai karyawan salah satu perusahaan. Namun saat ini dia lebih banyak menghabiskan waktu menjaga warung di depan rumah miliknya," lanjur Jon.

3. Polda Lampung benarkan operasi Densus di wilayah hukum setempat

4 Terduga Teroris Ditangkap Densus 88 di Lampung Jaringan JI?Ilustrasi penangkapan terduga teroris.(ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Atas penangkapan terhadap empat orang terduga teroris di wilayah hukum Polda Lampung, Kabidhumas, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad membenarkan hal itu. Meski demikian, dirinya belum dapat menjelaskan detail ihwal operasi tersebut.

"Iya benar, adanya kegiatan penangkapan. Namun terkait teknisi bagaimana dan seperti apa, itu nanti dari Mabes Polri yang akan menjelaskan," kata dia.

Menurutnya, pihak kepolisian daerah juga tengah mendalami informasi penangkapan teroris tersebut, mengingat operasi dilaksanakan Tim Densus Antiteror 88 Mabes Polri umumnya bersifat khusus dan rahasia.

"Kita harus cek dan ricek dahulu. Saya tidak bisa memberikan informasi detailnya, yang jelas kegiatan Densus ini dalam rangka upaya peyelidikan memutus mata rangkai aksi terorisme di Indonesia," tandasnya.

Baca Juga: [BREAKING] Densus 88 Antiteror Tangkap 4 Terduga Teroris di Lampung

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya